Upacara Penyerahan Ijazah Sarjana, Magister dan Doktor, Wisuda IV Tahun 2015

29 Oktober 2015

Fakultas MIPA Universitas Andalas melaksanakan Wisuda IV pada hari Sabtu 28 November 2015 di Gedung Plaza FMIPA Unand Limau Manis Padang. Sebelumnya Pelaksanaan Wisuda IV Tingkat Unand dilakukan pada pukul 09.00 Wib di Auditorium Unand yang dipimpin oleh Rektor Prof. Tafdil Husni, SE, MBA, Ph.D  untuk pemindahan jambul secara simbolis serta pembacaan lulusan terbaik dan nama-nama lulusan pasacasarjana ditingkat Universitas Andalas.

Pada Wisuda IV tahun 2015 ini Fakultas MIPA mewisuda sebanyak  77 orang yang terdiri dari 66 orang program sarjana, 9 orang program magister dan 2 orang program doktor.  Program Doktor terdiri dari Doktor Ilmu Biologi yang merupakan Doktor pertama lulusan Program S3  Biologi yaitu Dr. Rafdinal, M.Si, IPK 3,96, Predikat lulus Dengan Pujian, Sedangkan Doktor dari Ilmu Kimia adalah Dr. Nazris Nazaruddin, M.Si adalah Doktor yang ke 28 dari Jurusan Kimia. Untuk lulusan terbaik Program Sarjana diraih oleh Edwina Khairat, S.Si dengan IPK 3,57 predikat lulus Sangat Memuaskan lama studi 4 tahun 2 bulan dari Jurusan Biologi dan untuk lulusan terbaik Program Magister dari Jurusan Biologi diraih oleh Yera Putri Rahayu, M.Si dengan IPK 3,74 predikat lulus Sangat Memuaskan lama studi 1 tahun 11 bulan. Pada tahun 2015 Fakultas MIPA telah meluluskan sebanyak 360 sarjana dan pascasarjana semenjak dikelola oleh Fakultas MIPA tahun 2013 telah meluluskan 169 orang program magister dan 29 orang program doktor, jadi total jumlah lulusan seluruhnya adalah 7.752 orang.

Upacara Penyerahan Ijazah Sarjana, Magister dan Doktor, Wisuda IV Tahun 2015 ini dilaksanakan di Plaza FMIPA Unand. Acara dimulai pukul 11.15 Wib, dipimpin oleh Dekan Prof.Dr. Syafrizal Sy, yang diwakili oleh Wakil Dekan I Dr. Harmadi, didampingi oleh  Ketua Senat Prof.Dr. Emriadi, Wakil Dekan II Dr. Suryati, Wakil Dekan III Prof. Dr Syamsuardi serta Ketua dan sekretaris Jurusan termasuk Koordinator dan Sekretaris Pascasarjana FMIPA Unand dan diikuti oleh Pengurus Ikatan Alumni FMIPA Unand serta orang tua wisudawan.

Dalam sambutannya, dekan memberikan ucapkan selamat dan terima kasih kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Fakultas MIPA Unand, kepada orang tua/wali dan keluarga serta pemberi beasiswa, dan tak kalah pentingnya ucapan terima kasih kepada staf pengajar beserta staf non akademik Fakultas MIPA atas kerja keras dan kerjasamanya.

Selain itu dalam sambutannya Dekan FMIPA Unand juga  menyampaikan pandangan tentang tanggung jawab sosial bagi seorang sarjana, magister dan doktor ; bahwa secara umum lulusan adalah investasi masa depan bangsa. Dimanapun dimuka bumi ini, nasib negara dan bangsa dimasa depan sangat tergantung pada mahasiswa dididik saat ini. Keberadaan lulusan sarjana bukan semata-mata karena kepiawaian dan kecerdasan otak semata, namun harus dilihat pula karena ada grand design ; ada suatu noble cuase yang harus diketahui, dipikul dan kemudian diwujudkan dalam bentuk kebajikan-kebajikan tanpa henti setelah  lulus dan mengabdikan ilmu dan keterampilannya dimasyarakat.

Beliau juga menegaskan bahwa kesarjanaan, apakah S1 atau S2 bahkan S3 menandai perubahan status dan tanggung jawab; sebagai tanggung jawab sosial seorang intelektual untuk menyusun argument, menyajikan serta melakukan sesuatu  secara ilmiah artinya berpijak pada asas kebenaran, atau bertujuan mendekati dan menyikapi kebenaran.

Diakhir pidatonya Dekan FMIPA Unand mengingatkan para lulusan bahwa bangsa Indonesia menunggu karya-karya inovatif yang mengedapankan karakter yang berkemampuan dan kebiasaan memberikan yang terbaik (giving the best) yang dijiwai oleh akhlak dan budi pekerti yang mulia. Implementasi selalu prinsip kerja 5As (Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Mawas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas) dalam peribadi, serta lingkungan aktivitas dan pekerjaan.

Selamat dan sukses bagi para Wisudawan, selamat mengabdikan ilmu dan keterampilan dimasyarakat semoga menjadi orang yang dapat mengukir sejarah seperti para tokoh-tokoh yang pernah menjadi ikon dalam penulisan karya ilmiah."

Read 151 times