10 Juli 2017

Related imageFAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ANDALAS 

         Tanggal : 25 - 26 Agustus 2017

 

No.  Uraian
1.

Bukti pembayaran biaya wisuda III tahun 2017 (2 lembar : asli + fotocopy) sebesar Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) yang disetorkan ke Rekening Rektor :

  • S1 : melalui Bank Nagari - Nomor Rekening 2102.0105.00055-7 (termasuk mahasiswa Bidik Misi dan UKT)
  • S2 dan S3 : melalui Bank Syariah Mandiri (BSM).
2.

Fotokopi bukti pembayaran SPP atau Surat Keterangan Bebas SPP dari Keuangan Rektorat Unand.

  • S1 : 2 semester terakhir
  • S2 dan S3 : dari semester awal – akhir
3.

Menyerahkan fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir (1 lembar):

  • S1 : Ijazah SLTA
  • S2 : Ijazah S1
  • S3 : Ijazah S2
4.

Menyerahkan Formulir Data Alumni yang telah diisi (3 lembar) - download disini

5.

Menyerahkan Formulir Pernyataan Data Ijazah dengan Materai 6.000 (Asli dan fotokopi) - download disini

6. Menyerahkan Formulir Isian Data Untuk Transkrip Wisudawan - download disini
7.

Menyerahkan Pas photo hitam putih** (ditulis nama dan NIM pada belakang foto) :

  1. 3 x 4 cm (2 lembar)
  2. 4 x 6 cm (4 lembar)
  3. Bagi lulusan terbaik menyerahkan tambahan pas photo ukuran 4x6 cm (2 lembar)
  4. Membawa CD/Flashdisk(S1) Photo (warna)

** Laki-laki memakai jas dan dasi, perempuan memakai kebaya, tidak berkacamata.

8.

Menyerahkan Transkrip Nilai Sementara (1 lembar).

9.

Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat TOEFL dari UPT Bahasa Unand, UNP, ITI, atau lembaga lainnya yang diakui, yang sudah di legalisir, dengan skor minimal : 400 (untuk S1), 430 (untuk S2), dan 450 (untuk S3).

10.

Surat Keterangan dari jurusan telah menyerahkan Skripsi/Tesis/Disertasi dan Artikel Ilmiah.

11.

Bagi wisudawan S1 menyerahkan bukti SAPS dengan angka kredit minimal 50.

12. Mengunggah skripsi/tesis/disertasi secara online paling lambat tanggal 28 Juli 2017 pada laman http://scholar.unand.ac.id Bagi yang tidak meng-upload tesis/disertasi sampai tanggal yang ditetapkan, maka ijazah mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat diserahkan. 
13. Mengisi data secara online : www.wisuda.unand.ac.id (buka di Google Chrome) dan membawa formulir cetak isian data calon wisudawan/wati & format ijazah (3 rangkap) setelah mendapatkan password dari akademik. Jadwal registrasi online dan verifikasi format ijazah tanggal 3 s/d. 27 Juli 2017.
14. Penulisan nama, tempat dan tanggal lahir untuk isian data calon wisudawan mengacu pada fotokopi ijazah terakhir calon wisudawan.
15. Untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan ijazah, maka ijazah akan dicetak dalam bentuk kertas HVS, harus diperiksa oleh calon penerima Ijazah dan dibetulkan serta ditandatangani untuk pencetakan Ijazah asli. Apabila terdapat kesalahan dalam isian data untuk pembuatan Ijazah oleh wisudawan, maka Ijazah tidak dapat diperbaiki hanya diberikan surat keterangan pembetulan.
16.

Persyaratan tersebut diserahkan dalam map yang diberi Nama dan NIM, dengan warna :

  1. Jurusan Biologi         : map warna Kuning
  2. Jurusan Kimia          : map warna Merah
  3. Jurusan Matematika : map warna Hijau
  4. Jurusan Fisika         : map warna Biru
   

Berkas wisuda kami terima paling lambat di bagian Akademik FMIPA Universitas Andalas, pada hari Kamis Tanggal 27 Juli 2017, Jam 15.00 Wib.

Bagi Mahasiswa yang lulus ujian komprehensip/Tesis/Disertasi Tertutup setelah tanggal 21 Juli 2017 diwajibkan terdaftar dan membayar biaya pendidikan semester Ganjil TA 2017/2018 (berdasarkan surat rektor)  

 

Padang, 10 Juli  2017

dto

 Wakil Dekan I

 

31 Mei 2017

Related image                                              SEMESTER PENDEK TAHUN 2017

JADWAL

No.

Kegiatan

Tanggal

1

Pendaftaran dan pembayaran Semester Pendek secara online

31 Mei – 2 Juni 2017

 

a. Pendaftaran ke Jurusan

30 Mei – 1 Juni 2017

 

b. Dosen mengisi kesediaan

30 Mei 2017 (15.00 WIB)

 

c. Pengumuman MK SP

31 Mei 2017 (12.00 WIB)

2

Pengisian KRS secara online

7 – 9 Juni 2017

3

Perkuliahan, UTS, UAS Semester Pendek 2016

5 Juni – 4 Agustus 2017

4

Pemasukan nilai ujian oleh dosen secara online

5 – 6 Agustus 2017

 

KETENTUAN PELAKSANAAN SEMESTER PENDEK

TAHUN 2017

FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ANDALAS

 

UNTUK MAHASISWA

1. Persyaratan

  1. Mata kuliah yang diambil pada semester pendek hanya diperbolehkan bagi mahasiswa “yang telah” mengambil kuliah sebelumnya, kecuali bagi mahasiswa yang  memiliki  nilai IPK  >  00 diperbolehkan mengambil mata kuliah yang baru
  2. Jumlah SKS yang diambil oleh mahasiswa maksimal 8 SKS
  3. Mata kuliah dapat terlaksana jika jumlah mahasiswa yang mengambil 1 (satu) Mata Kuliah minimal 15 orang.
  4. Mahasiswa yang sedang KKN dan PKL tidak diperkenankan mengikuti semester pendek.
  5. Mahasiswa tidak dapat mengundurkan diri setelah mata kuliah jalan, dan uang yang telah disetorkan tidak dapat dikembalikan.
  6. Bagi mahasiswa yang telah terdaftar tetapi mata kuliah yang diambil batal karena tidak memenuhi persyaratan jumlah minimal, maka uang yang telah disetorkan akan dikembalikan sepenuhnya.

 2. Pendaftaran

  1. Pembayaran dilakukan melalui Bank Nagari Ke Rekening Rektor dengan No. Rekening 2102.0105.00055. Penampung SP. Fakultas MIPA
  2. Pembayaran untuk Mata Kuliah semester pendek adalah Rp. 100.000,- / SKS,
  3. Blanko KRS SP diambil dibagian Akademik FMIPA Unand dan harus ditanda tangani oleh PA dan jika PA berhalangan dapat digantikan oleh Ketua Jurusan / Sekretaris Jurusan / Koordik.
  4. KRS semester pendek, bukti setoran pembayaran dan fotocopy KHS yang terkait dengan mata kuliah yang diulang diserahkan kebagian Akademik pada waktu pendaftaran. Khusus bagi yang mengambil mata kuliah baru harus dilengkapi dengan fotocopy KHS semester terakhir.
  5. Setelah Perkuliahan Semester Pendek berjalan, mahasiswa tidak di perkenankan lagi melakukan pembatalan dan perubahan mata kuliah

 

3. Pelaksanaan Perkuliahan

  1. a). Pendaftaran Mahasiswa secara online 31 Mei s/d 2 Juni 2017  b).Perlaksanaan Perkuliahan, UTS, UAS  Semester Pendek 5 Juni s/d 4 Agustus 2017. Jadwal kuliah semester pendek dapat dilihat di Dekanat dan Jurusan masing-masing.
  2. Nilai Ujian Semester Pendek diserahkan oleh dosen yang bersangkutan paling lambat 1 (satu) minggu setelah dilaksanakan Ujian Akhir Semester Pendek.
  3. Sistem pemberian nilai mengacu kepada Peraturan Akademik Universitas Andalas 03 Tahun 2016.

UNTUK DOSEN

A. Persyaratan

  1. Mata kuliah yang diambil pada semester pendek hanya diperbolehkan bagi mahasiswa yang mengulang/ memperbaiki nilai, kecuali bagi mahasiswa yang   memiliki  nilai  IPK ≥ 3.00 diperbolehkan mengambil mata kuliah yang baru.
  2. Jumlah beban tugas dosen mengajar maksimal 6 SKS.
  3. Dosen mengisi blanko kesediaan mengajar mata kuliah yang diasuh untuk dilaksanakan pada semester pendek di Jurusan masing-masing.
  4. Perkuliahan mengikuti jadwal yang telah di tetapkan oleh Fakultas.
  5. Jika mahasiswa dalam satu mata kuliah lebih dari 40 orang, maka kelas perkuliahan dapat dibagi atas 2 kelas.
  6. Kelas yang telah ditetapkan oleh Fakultas tidak boleh digabung.

B. Pelaksanaan Perkuliahan

  1. Pendaftaran Mahasiswa secara online 31 Mei s/d 2 Juni 2017.
  2. Pelaksanaan Perkuliahan, UTS, UAS Semester Pendek 5 Juni s/d 4 Agustus 2017
  3. Pemasukan Nilai secara online 5 s/d 6 Agustus 2017
  4. Daftar hadir dikeluarkan oleh Fakultas
  5. Ketentuan tentang kehadiran mahasiswa berlaku sesuai dengan Peraturan Akademik Universitas Andalas No. 03 Tahun 2016.

Padang, 30 Mei 2017

ttd

Wakil Dekan I

 

23 Mei 2017

Penerimaan Mahasiswa Program Magister  dan Program Doktor Gelombang II Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam