Print this page
Selasa, 15 Juni 2021 17:34

Pembukaan MIPAnet School 2001 di FMIPA Unand Berlangsung Meriah

Rate this item
(0 votes)

(Padang-FMIPA UNAND) Fakultas MIPA Universitas Andalas menjadi penyelenggara kegiatan MIPAnet School yang berlangsung pada tanggal 14 – 16 Juni 2021.  Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekjend MIPAnet Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si  ini bertemakan “ Biodiversitas dan Konservasi Satwa Pulau Sumatera”.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini yaitu Dr. Wilson Novarino (Universitas Andalas), Dr. Rizaldi (Universitas Andalas), Dr. Sri Suci Utami (Universitas Nasional), Dr. Sunarto (Universitas Indonesia), Prof. Dr. Ani Mardiastuti (IPB), serta Dr. Andie Ang (Research Scientist with Mandai Nature Singapore). Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta dari 24 perguruan tinggi di Indonesia.

Acara pembukaan MIPAnet School dilaksanakan tepat jam 08.30 WIB pada hari Senin 14 Juni 2021 yang berlangsung secara hybrid offline di Plaza FMIPA Universitas Andalas dan online melalui media platform Zoom meeting. Turut memberi sambutan dalam acara pembukaan yaitu Prof. Dr. Syukri Arief selaku Dekan Fakultas MIPA Universitas Andalas. Beliau menyampaikan bahwa topik MIPAnet School sekarang yang mengambil tema Konservasi Satwa Liar Sumatera sangat sejalan dengan visi Fakultas MIPA Universitas Andalas, yakni mewujudkan Fakultas MIPA yang unggul dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu dasar dan sumber daya alam serta menghasilkan lulusan yang berdaya saing pada tingkat Internasional di tahun 2028 nanti.

Prof. Syukri menambahkan bahwa networking bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan diri, akses sumber referensi, serta dukungan dari high profile individual. “Networking menjadi suatu yang krusial pada dekade belakangan ini, apalagi dengan kebijakan MBKM sekarang ini, karena itu MIPAnet perlu dikembangkan sampai tingkat kerjasama yang lebih kuat ke depannya”, jelas beliau.

Sementara itu, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si selaku Sekjend MIPAnet dalam sambutannya melalui media Zoom menyampaikan bahwa MIPAnet berkomitmen dalam mendukung konservasi dan biodiversitas di negara kita, salah satunya  melalui program MIPAnet School ini. “MIPAnet School ini merupakan salah satu program unggulan MIPAnet untuk memfasilitasi transfer of knowledge, transfer of experience, transfer of culture, antar mahasiswa maupun antar dosen. Dengan semangat MBKM, kita manfaatkan MIPAnet School ini sebagai salah satu kegiatan Merdeka Belajar, sehingga kegiatan ini dapat diekivalensi sebagai mata kuliah” demikian ditambahkan Sekjend MIPAnet tersebut.

Setelah dibuka secara resmi oleh Sekjend MIPAnet, prosesi pembukaan selanjutnya dilakukan secara simbolis dengan pemukulan tabuh oleh Dekan FMIPA Unand dan Dr. Rizaldi selaku Ketua Panitia, diiringi oleh para wakil dekan dan ketua jurusan se-lingkungan FMIPA Unand. Para peserta kemudian disuguhi penampilan menarik dari Tim Puisi FMIPA Unand yang membawakan musikalisasi puisi Tarjo Menjelma Air yang memberikan pesan dan refleksi tentang alam dan manusia. Acara pembukaan MIPAnet School 2021 ini bisa disaksikan kembali melalui kanal youtube FMIPA Unand berikut ini. [Alid]

 

Read 314 times Last modified on Minggu, 20 Juni 2021 20:59