Print this page
Kamis, 21 Mei 2020 07:57

Pendaftaran KKN Tematik Tahap II

PENGUMUMAN PENDAFTARAN KKN TEMATIK TAHAP II

Fakultas FMIPA Universitas Andalas Tahun 2020

 

Berdasarkan rapat bidang akademik dengan UPT KKN tanggal 19 Mei 2020, akan dilaksanakan KKN Tematik Tahap II bagi mahasiswa yang belum mengikuti KKN Tematik Tanggap Darurat Pencegahan COVID-19. Kegiatan KKN Tematik Tahap II pelaksanaannya mengikuti petunjuk teknis KKN Tematik Tanggap Darurat Pencegahan COVID-19 (terlampir) dan pelaksanaannya dikoordinir oleh Fakultas. Berikut adalah ketentuan pelakasanaan KKN Tematik Tahap II:

 

  1. KKN Tematik Tahap II dinamai KKN Tematik Bakti Nagari atau KKN Tematik Membangun Nagari.
  2. Program kerja (proker) yang dilaksanakan umum, tidak fokus pada COVID-19, disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan masing-masing desa dan kondisi mahasiswa pelaksana.
  3. Diantara kegiatan yang dapat dilaksanakan sebagai produk karya pengabdian KKN adalah sistem administrasi desa berbasis digital, teknologi tepat guna, pembangkit energi tenaga surya atau mikrohidro, panduan pembuatan kerajinan desa, buku-buku pembelajaran bagi masyarakat, video profil dan potensi desa, dan kegiatan lainnya disesuaikan dengan potensi desa.
  4. Kegiatan KKN tematik diikuti oleh 15-20 orang untuk setiap 1 (satu) orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
  5. Pembekalan dan komunikasi antara mahasiswa dan DPL selama Kegiatan KKN Tematik dilakukan melalui pembelajaran daring/online jika kasus COVID- 19 masih ada.
  6. KKN Tematik dilaksanakan di tempat mahasiswa berdomisili dengan tetap memperhatikan standar keselamatan terhadap pencegahan penularan COVID-19.
  7. Persyaratan bagi mahasiswa adalah:
  1. Mahasiwa Fakultas MIPA, baik dari satu jurusan atau gabungan dari beberapa jurusan.
  2. Bersedia ikut KKN tematik yang dibuktikan dengan surat pernyataan (formulir terlampir)
  3. Mendapatkan izin dari orang tua/wali (formulir terlampir)
  4.  Sudah mendaftar KKN tahun 2020 dan telah melengkapi berkas-berkas pendaftaran ke UPT KKN.

 

      8. Persyaratan bagi DPL adalah:

  1. Diutamakan dosen FMIPA yang telah mendaftar sebagai DPL KKN tahun 2020 dan tidak sedang menjadi DPL KKN Tematik Tanggap Darurat Pencegahan COVID-19.
  2. Dosen selain poin (a) masih memungkinkan untuk jadi DPL jika kebutuhan DPL masih belum terpenuhi, dan bersedia mengikuti TOT yang dilaksanakan oleh UPT KKN/Fakultas.
  3. Bersedia menjadi DPL KKN yang dibuktikan dengan surat pernyataan (formulir terlampir)

 

      9. Tahapan pendaftaran dan tanggal penting:

  1. Mahasiswa melakukan penjajakan dan mendiskusikan proker yang mungkin dilakukan dengan pihak Desa/Nagari di tempat tinggal masing-masing.
  2. Mahasiswa melakukan pendaftaran KKN pada link berikut: https://bit.ly/KKNFMIPA2 paling lambat 03 Juni 2020 pukul 16.00 WIB. Selain proker (maks 200 kata dalam format *.doc), mahasiswa juga mengunggah surat pernyataan, izin orang tua dan KTP (dalam format pdf).
  3. Setelah semua mahasiswa mendaftar, Fakultas akan membagi kelompok KKN dan menetapkan DPL setiap kelompok.
  4. DPL dan mahasiswa secara bersama-sama menyusun TOR Rencana Kegiatan KKN Tematik dan diunggah pada link berikut: https://bit.ly/TORKKNFMIPA2 paling lambat 10 Juni 2020 pukul 16.00 WIB.
  5. Fakultas mendaftarkan TOR Rencana Kegiatan KKN Tematik setiap kelompok ke UPT KKN melalui WR 1 (12 Juni 2020).
  6. Fakultas dan UPT KKN melakukan TOT bagi DPL dan DPL melakukan pembekalan kepada mahasiswa bimbingan masing-masing (16-17 Juni 2020).
  7. Pelaksanaan KKN (1 Juli s/d 8 Agustus 2020).

  

Demikian hal ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih

 

Dekan,

 

dto

 

Prof. Dr. Safni, M.Eng

NIP.196705121990032013

 

Read 911 times