""
Items filtered by date: November 2021
16 November 2021 In Ketentuan

(Padang - FMIPA Unand) Pada hari Jumat (12/11/2021) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas menerima kunjungan 16 orang pimpinan dan staf dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Padangsidimpuan. Kunjungan tersebut sekaligus digelar dalam acara “Pengenalan Fakultas dan Penandatanganan MoA”.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 Wib tersebut dimulai dengan sambutan dari Dekan FMIPA Universitas Andalas, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng. Dalam sambutannya Prof. Syukri menyambut hangat kedatangan tim FTIK IAIN Padangsidimpuan, beliau juga memperkenalkan FMIPA Unand sekaligus menyampaikan berbagai bentuk kerjasama yang dapat dirintis dan direalisasikan oleh kedua belah pihak. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FTIK IAIN Padangsidimpuan, Dr. Lelya Hilda, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Lelya menyampaikan terima kasih kepada FMIPA Unand yang telah bersedia menerima kunjungan mereka. Dr. Lelya menyampaikan bahwa prodi-prodi mipa di FTIK relatif baru berdiri, sehingga perlu banyak belajar dan menjalin kerjasama dengan fakultas lain termasuk FMIPA Unand.

Setelah pemberian kata sambutan, acara berikutnya adalah penandatanganan MoA antara Fakultas MIPA UNAND dengan FTIK IAIN Padangsidimpuan oleh masing-masing dekan. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Padangsidimpuan
Setelah acara ditutup yang disusul dengan foto bersama, rombongan dari FTIK IAIN Padangsidimpuan melakukan kunjungan ke labor-labor yang ada di FMIPA Unand. Kunjungan labor dipandu oleh pimpinan masing-masing jurusan bersama para kepala labor. [LAN]

Berita tentang kegiatan ini juga dapat dibaca di link berikut INI.

15 November 2021 In Pengumuman

Sehubungan dengan pelaksanaan wisuda V Tahun 2021 Universitas Andalas pada tanggal 4 Desember 2021, maka FMIPA Unand menyampaikan rincian biaya kelengkapan wisuda tersebut sebagai berikut:

 

No. Kegiatan Jasa Ket.
1. Pembelian Toga Baru Rp.   100.000,- Toga untuk wisudawan/i
2. Pencucian (Dry Clean) Jubah Wisuda*) Rp.              -- Diserahkan ke wisudawan/i
3. Jaminan Jubah Wisuda
(Uang dikembalikan kepada wisudawan bila jubah dikembalikan seperti kondisi diterima)
Rp.   150.000,- Jubah hanya dipinjamkan
  T o t a l Rp.   250.000,-  

 

Pembayaran kelengkapan wisuda sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dibayarkan/disetor ke rekening Bank Nagari dengan No. Rek. 2102.0210.36741-3 atas nama Riki Basra. (Bendahara/BPP FMIPA), setelah ditransfer bukti berupa slip/kwitansi asli dari bank di kirim ke HP/WA Bpk. Riki Basra No. 082170411638.


Jubah wisuda merupakan aset Fakultas MIPA. Jubah tersebut hanya dipinjamkan kepada calon wisudawan/i dan harus dikembalikan kepada ke Sub. Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas MIPA Unand paling lambat 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan Wisuda yaitu pada tanggal 14 Desember 2021 pada hari dan jam kerja. Bagi calon wisudawan/i yang tidak mengembalikan jubah dalam rentang waktu tersebut di atas, dikenakan denda sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah)/hari. Uang tersebut dimanfaatkan untuk biaya pemeliharaan atau tambahan jubah baru.
Demikianlah diberitahukan untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan, terima kasih.


Perhatian:

  • Pengambilan Jubah dan Toga paling lambat 2 hari sebelum pelaksanaan wisuda
  • Jubah harus dicuci menggunakan Dry Clean ditempat loundry dengan menyerahkan kwitansi asli sewaktu pengembalian jubah.


                                                                                                                                                                    Padang, Nopember 2021
                                                                                                                                                                    Sub.Koordinator Bidang
                                                                                                                                                                    Akademik & Kemahasiswaan,
                                 

                                                                                                                                                                                   Ttd
                                                                                                                                                                          Sosmiadi, M.Kom


Link formulir peminjaman jubah wisuda download disini

09 November 2021 In Ketentuan

(Padang - FMIPA Unand) Pada hari Jumat dan Sabtu (5-6/11/2021) di Hotel Santika Bukittinggi telah dilaksanakan Rapat Kerja (Raker) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Tahun 2021. Kegiatan Raker dimulai pada pukul 14.30 WIB dan dibuka oleh Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng.

Tidak seperti biasanya, Raker kali ini diawali dengan penyampaian materi oleh Dr. Gunardi, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia FMIPA UGM tentang “Strategi Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahun (RKAT) untuk Optimalisasi Pencapaian Kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi di Unit dengan PTNBH” yang disampaikan secara online. Paparan materi yang dimoderatori oleh Wakil Dekan 2, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc, ini dinilai penting karena Unand secara umum dan FMIPA secara khusus akan efektif melaksanakan PTNBH di tahun 2022 mendatang, sehingga perlu berkaca dari best practice yang dijalankan oleh Fakultas MIPA dari perguruan tinggi lain, dalam hal ini FMIPA UGM.

Setelah narasumber selesai menyampaikan materi dan sesi diskusi, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Pemaparan Kinerja Tahun 2021 dan Rencana Kegiatan Tahun 2022 yang disampaikan setiap Jurusan, BAPEM dan Bidang-Bidang Fakultas. 

Presentasi pertama disampaikan oleh Dr. Wilson Novarino selaku Ketua Jurusan Biologi dan dimoderatori oleh Dr. Nofrita selaku Sekretaris Jurusan Biologi. Setelahnya dilanjutkan oleh Dr. Yulia Eka Putri selaku Sekretaris Jurusan Kimia dan dimoderatori oleh Dr. Syukri selaku Kaprodi S1 Kimia. Kemudian presentasi dari Jurusan Matematika disampaikan oleh Ketua Jurusan Matematika, Dr. Yanita, yang dimoderatori oleh Monika Rianti Helmi, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Matematika. Terakhir untuk pemaparan jurusan disampaikan oleh Ketua Jurusan Fisika, Dr. Afdhal Muttaqin, dan dimoderatori oleh Trengginas Eka Putra Sutanyo, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Fisika.

Setelah pemaparan dari jurusan, kegiatan Raker dilanjutkan dengan pemaparan dari Ketua BAPEM, Dr. Admi Nazra yang dimoderatori oleh Dr. Imam Taufiq selaku Kaprodi S2 Fisika. Berikutnya dilanjutkan dengan presentasi dari setiap Bidang Fakultas. Pemaparan dari Bidang I disampaikan oleh Wakil Dekan I, Dr. Mahdhivan Syafwan, dan sebagai moderator Dr. Yanita. Lalu Bidang II dipresentasikan oleh Wakil Dekan II, Prof. Dr. Syamsuardi, M.,Sc yang dimoderatori oleh Dr. Wilson Novarino. Selanjutnya ditutup oleh presentasi dari Bidang III oleh Wakil Dekan III, Dr. Jenizon, M.,Si, dan sebagai moderator Dr Zulhadjri selaku Kaprodi S2 Kimia. Keseluruhan rangkaian kegiatan Raker di hari pertama selesai pada pukul 23.00 WIB.

Pada hari kedua, Sabtu (06/11/2021), agenda kegiatan dilanjutkan pada pukul 08.00 WIB dengan Penyampaian Hasil Perumusan Rencana Pogram Kegiatan FMIPA dan Jurusan Tahun 2022 yang diawali dengan pemaparan dari Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, dan didampingi oleh seluruh Wakil Dekan. Prof. Syukri menekankan program-program internasionalisasi yang perlu dirancang oleh seluruh pimpinan fakultas dan jurusan, karena tahun 2022 ditargetkan sebagai tahun pencapaian akreditasi internasional bagi seluruh Prodi S1 FMIPA. Selain itu beliau juga menyampaikan agar program-program kerja memperhatikan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan Kementrian.

Kegiatan Raker FMIPA Unand selama dua hari di Bukittinggi berlangsung dengan penuh keakraban. Banyak saran masukan inovatif dan konstruktif yang disampaikan oleh para peserta, termasuk dari tenaga kependidikan. Kegiatan Raker kemudian ditutup pada pukul 11.00 WIB dengan do’a dan foto bersama. [LAN]