""
Items filtered by date: Desember 2022
27 Desember 2022 In Pengumuman

 

Sehubungan dengan pelaksanaan wisuda VI Tahun 2023 Universitas Andalas pada tanggal 14 Januari 2023, maka Fakultas MIPA Unand menyampaikan rincian perlengkapan wisuda sebagai berikut:

 

No.

                                                      Rincian                                            

Jumlah

1.

Pembelian Toga Baru untuk Wisudawan/ti

 100.000,-

2.

Peminjaman Jubah Wisuda + perawatan dan Loundri  oleh Fakultas

     20.000,-

3.

Foto wisuda sebanyak 3 lembar uk. 10 R+ dan softfile

     90.000,-

 

Total

   210.000,-

 

Pembayaran Perlengkapan wisuda sebesar Rp. 210.000,- (dua ratus sepuluh ribu rupiah) dibayarkan/disetor ke rekening Bank Nagari No.Rekening: 2102.0210.44342-2 an. Amelisa (Bendahara/BPP FMIPA) setelah ditransfer bukti/slip pembayaran diprint/dicetak dan diserahkan langsung ke Dekanat bagian Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA pada waktu pengambilan toga dan jubah.

Jubah wisuda hanya dipinjamkan kepada calon wisudawan/ti dan harus dikembalikan lagi ke Sub. Bagian Akademik & Kemahasiswaan FMIPA, dalam keadaan bersih, rapi dan tidak cacat sewaktu pengembaliannya. Jubah dikembalikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah pelaksanaan Wisuda, jika jubah tidak dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan, maka dikenakan denda keterlambatan sebesar 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) / hari. Blanko Form peminjaman jubah dapat di unduh disini.

Demikianlah diberitahukan untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan, terima kasih.

 

Catatan:

  • Demi keseragaman dan kesamaan desain Toga, maka toga disediakan dan dibeli di Fakultas
  • Pengambilan Jubah dan Toga dimulai tanggal 2 Januari 2023 di hari dan jam  kerja

.

 

 

                                                                                                          Padang,    Desember 2022

                                                                                                          An. Dekan

                                                               

                                                                                                        Manajer Pendidikan, Kemahasiswaan, Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

                                                               

19 Desember 2022 In Ketentuan

 

(Padang - FMIPA Unand) Fakultas MIPA Unand kembali berhasil menorehkan prestasi membanggakan di penghujung tahun 2022 ini. Kali ini lewat Program Studi Sarjana (S1) Biologi yang berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA), berdasarkan SK Nomor: 024/SK/LAMSAMA/Akred/S/XII/2022 tertanggal 13 Desember 2022.

Dengan kriteria penilaian LAMSAMA yang telah berstandar internasional, Prodi S1 Biologi telah mampu menunjukkan kapasitasnya melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan Rencana Strategis dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS).

Dekan Fakultas MIPA Prof. Syukri Arief mengucapkan selamat dan terimakasih atas kerja keras dan kerja cerdas dari Tim Akreditasi Prodi S1 Biologi yang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan tak kenal lelah dan penuh keikhlasan.  

“Dengan capaian ini -Akreditasi Unggul- kita telah berkontribusi untuk membantu Unand menjadi World Class University (WCU). Semoga Prodi lainnya di Fakultas MIPA bisa segera memperoleh akreditasi UNGGUL dari LAMSAMA yang telah mengadopsi standar internasional,” ungkap beliau.

Dengan momentum akreditasi Program Studi yang UNGGUL ini dan semangat UNAND menuju WCU, perlu diisi dengan beragam program dan aktifitas yang berkualitas serta berkesinambungan dengan visi, tata kelola, sumberdaya manusia, mahasiswa, penelitian, pengabdian serta luaran yang bereputasi internasional.

Fakultas MIPA sendiri telah memiliki beberapa Prodi yang telah tersertifikasi internasional yakni Prodi S1 Biologi dan Prodi S1 Fisika yang telah tersertifikasi AUN-QA. Sementara Prodi S1 Kimia juga telah melaksanakan Asessmen Lapangan dari The Royal Society of Chemistry (RSC) beberapa waktu yang lalu. [Alid]

 

06 Desember 2022 In Ketentuan

 

(Padang - FMIPA Unand) Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) kunjungi Fakultas MIPA Unand pada Senin, 28/11/2022. Kunjungan ini dalam rangka memperkuat kerjasama bidang penelitian antara BRIN dengan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, dalam hal ini Fakultas MIPA Unand. Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Dr. Albertus Sulaiman dari Organisasi Riset Kebumian dan Maritim BRIN ini terdiri dari beberapa orang peneliti diantaranya adalah Alfan Sukmana Praja, M.Si, Dr. Trismidianto, M.Si  dan Vira Salvina., M.Si.

Wakil Dekan II FMIPA Prof Syamsuardi menyambut baik kerjasama yang terjalin antara kedua instansi ini, “Kerjasama dengan BRIN ini sangat penting dan strategis bagi kedua belah pihak, kita bisa saling sharing pengetahuan dan pengalaman yang tentunya akan memberi manfaat dan meningkatkan kualitas kedua institusi “ .

“Alhamdulillah, ini merupakan kesempatan yang bagus bagi kami, karena sebagai akademisi kami sangat butuh  kerjasama penelitian seperti ini, dan merupakan hal yang harus kita kembangkan dan kuatkan, sehingga kita bisa maju bersama-sama,” demikian Wakil Dekan I FMIPA Dr. Mahdhivan Syafwan menambahkan.

Dr. Albertus Sualaiman menyampaikan, di bawah kepemimpinan Laksana Tri Handoko, BRIN harus berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi (PT) dalam melakukan penelitian, semua fasilitas yang menunjang untuk penelitian seperti labor bisa dipakai seluruh pihak dari berbagai instansi. Ada 2 skema kerjasama yang ditawarkan BRIN ke PT yakni 1. Riset Asisten, mahasiswa S1 atau S2 di satu PT bisa menjadi asisten bagi Peneliti-peneliti di BRIN, 2. Degree by Riset (DbR), skema ini di tawarkan khusus kepada mahasiswa Program Doktor di satu PT dengan beasiswa dari BRIN.

Dalam kunjungan ini, pihak BRIN juga memberikan kuliah umum tentang hasil riset mereka di daerah Sumatera Barat dengan judul “Prediksi curah hujan ekstrim menggunakan metode regresi logistic berbasis index global dan lokal menggunakan data satelit, insitu dan model atmosfer untuk mendukung pengembangan DSS SADEWA”. Riset ini adalah kolaborasi BRIN bersama dosen Fisika dan Matematika FMIPA Unand, yang dikoordinir oleh Mutya Vonnisa, M.Sc, dan telah berjalan selama  dua  tahun terakhir. Riset kolaborasi ini kemudian menjadi pembuka jalan lahirnya kerjasama BRIN dengan Fakultas MIPA Unand.

BRIN didirikan oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2019 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional. Berdasarkan Perpres Nomor 74 Tahun 2019, tugas BRIN adalah menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi. BRIN awalnya menjadi satu kesatuan dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), Namun dalam perjalanannya, pada 5 Mei 2021, Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021, yang secara efektif menetapkan BRIN sebagai satu-satunya badan penelitian nasional. Peraturan tersebut memutuskan bahwa semua badan penelitian nasional Indonesia seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bergabung menjadi BRIN. [Alid]

 

 

02 Desember 2022 In Ketentuan

Jum’at, 25 November 2022 mahasiswa peserta mata kuliah Pengantar Matematika Keuangan Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA Universitas Andalas semester ganjil 2022/2023 menyelenggarakan webinar praktisi mengajar dengan tema “Exploring Islamic Finance”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini merupakan bentuk project mata kuliah pengantar matematika keuangan yang bertujuan untuk menulusuri seluk beluk keuangan syariah, dampak, dan tantangan bagi kaum millenial. Webinar ini diikuti lebih dari 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari dalam maupun luar Departemen Matematika dan Sains Data Universitas Andalas, serta praktisi.

Praktisi mengajar sendiri merupakan sebuah program yang mendorong kolaborasi aktif praktisi dengan dosen agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring. Kegiatan praktisi mengajar pada matakuliah Pengantar Matematika Keuangan ini difasilitasi dan didanai oleh Universitas Andalas, dan oleh dosen pengampu dijadikan dalam bentuk webinar umum sehingga publik juga yang mendapatkan pencerahan dan wawasan terkait topik yang diangkat.

lebih lengkap baca disini