""
Items filtered by date: Februari 2022
14 Februari 2022 In Ketentuan

Padang Pariaman - MAN Insan Cendikia. Fakultas MIPA Universitas Andalas kembali mengadakan roadshow ke sekolah-sekolah unggul di Sumatera Barat. Kali ini FMIPA Unand berkunjung ke MAN Insan Cendikia Padang Pariaman pada hari Kamis tanggal 10 Februari 2022. Sambutan hangat diberikan oleh pihak sekolah dan siswa-siswi MAN Insan Cendikia atas kunjungan FMIPA Unand ini.

“Kami merasa terhormat dan bangga atas kunjungan dari Fakultas MIPA Unand ke sekolah kami, biasanya kami yang pergi ke universitas untuk mengenalkan lingkungan kampus ke siswa-siswi,” ucap Hendrisakti Hoktovianus, M.Pd, Kepala MAN Insan Cendikia dalam sambutannya.

Dengan kunjungan ini, siswa dan siswi sekolah menjadi lebih terbuka wawasannya tentang persiapan ke perguruan tinggi secara umum dan wawasan tentang Fakultas MIPA Unand secara khusus. Informasi yang lebih detail mengenai Jurusan serta Prodi di Fakultas MIPA Unand juga menjadi lebih diketahui oleh siswa dan siswi MAN Insan Cendikia.

Selain pengenalan perkuliahan secara umum yang disampaikan Wakil Dekan I Dr. Mahdhivan Syafwan, dan pemaparan dari masing-masing jurusan di Fakultas MIPA oleh Dr. Ferra Yanuar (matematika), Dr. Tio Putra Wendari (kimia) dan Dr. Afdhal Muttaqin (Fisika), dalam kunjungan ini juga diberikan berbagai bingkisan menarik kepada para siswa. Acara berlangsung semarak dan mengundang antusias dari para siswa, terlihat dari banyaknya siswa yang merespon dan bertanya.  

Dipilihnya MAN Insan Cendikia dalam kunjungan FMIPA Unand tidak terlepas dari prestasi sekolah ini meraih peringkat 3 di Sumatera Barat dan peringkat 70 tingkat nasional dalam nilai UTBK tahun 2021. Sekolah ini mengalami kenaikan 86 tingkat dari tahun 2020, sebuah capaian kenaikan paling tinggi dibandingkan dengan sekolah-sekolah unggul lainnya di Sumatera Barat.

Di akhir acara FMIPA Unand menyerahkan suvenir kepada pihak sekolah MAN Insan Cendikia yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dr. Darwin S.Pd, MA. [Alid]

 

Foto - Foto

08 Februari 2022 In Ketentuan

Padang - SMAN 1. Unsur pimpinan fakultas MIPA Universitas Andalas bersama-sama unsur pimpinan jurusan melaksanakan roadshow ke beberapa SMA di Sumatera Barat, salah satunya ke SMA Negeri 1 Padang. Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa, 2 Februari 2022 dan bertempat di Mesjid SMA Negeri 1 Padang.

Hadir langsung dalam roadshow ini Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, Wakil Dekan I Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan II Prof. Dr. Syamsuardi, Wakil Dekan III Dr. Jenizon, serta perwakilan dari tiap - tiap Jurusan. Dari pihak sekolah hadir Kepala SMAN 1 Padang Drs. Nukman, M.Si, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan beberapa staf guru.

Tujuan diadakannya roadshow ini adalah untuk memberikan informasi dan sosialisasi tentang pemilihan jurusan di perguruan tinggi secara umum dan pengenalan Fakultas MIPA Unand secara khusus. Siswa-siswa diberikan penjelasan tentang sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru, program studi yang tersedia di FMIPA beserta, sistem perkuliahan, keunggulan dan prestasi, beasiswa, serta prospek karir di masa depan bagi lulusan FMIPA Universitas Andalas.

Setelah sambutan dari Kepala Sekolah dan Dekan FMIPA, acara roadshow diawali dengan pemaparan dari Wakil Dekan I tentang perkuliahan secara umum, strategi memilih jurusan, dan pengenalan fakultas. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dari tiap Jurusan di Fakultas MIPA. Di sela-sela pemaparan, para siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan diskusi. Tim roadshow FMIPA Unand juga membagikan berbagai bingkisan menarik kepada siswa-siswa yang aktif. [Alid]

Foto - Foto

03 Februari 2022 In Ketentuan

Padang - FMIPA Unand. Badan Penjaminan Mutu (BAPEM) dan Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas MIPA Universitas Andalas menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penjaminan Mutu pada hari Senin tanggal 31 Januari 2022. FGD yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting ini dipimpin oleh Ketua BAPEM FMIPA yakni Dr. Admi Nazra.

Pada FGD ini dibahas temuan dan evaluasi pada Audit Internal Mutu (AMI) fakultas dan prodi yang baru saja dilaksanakan akhir tahun 2021 yang lalu. Di samping itu FGD ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi, berbagi pengalaman best practice GKM, serta menampung usulan-usulan program kegiatan penjaminan mutu FMIPA Tahun 2022.

FGD ini dibuka oleh Wakil Dekan I FMIPA Unand Dr. Mahdhivan Syafwan dan kemudian dilanjutkan dengan pembahasan temuan pada AMI 2021 dari BAPEM dan GKM setiap prodi di fakultas MIPA. Beberapa catatan temuan dari FGD tersebut menjadi perhatian dan akan ditindaklanjuti segera oleh pimpinan fakultas, jurusan dan prodi.  

Koordinasi antara BAPEM dan GKM ini akan terus dilanjutkan secara berkala ke depannya, sehingga proses penjaminan mutu di FMIPA Unand semakin baik dari waktu ke waktu. [Alid]

Foto: