""
Items filtered by date: Agustus 2022
31 Agustus 2022 In Pengumuman

 

Sehubungan dengan pelaksanaan wisuda IV Tahun 2022 Universitas Andalas pada tanggal 10 September 2022, maka FMIPA Unand menyampaikan rincian biaya perlengkapan wisuda sebagai berikut:

 

No.

Kegiatan

Jasa

1.

Pembelian Toga Baru

Rp.   100.000,-

2.

Loundry dan Perawatan Jubah Wisuda oleh Fakultas

Rp.     20.000,-      

3.

Jaminan Jubah Wisuda*)

Rp.   100.000,-

4.

Foto wisudawan (3 lembar uk. 10 R Plus)

Rp.     90.000,-

 

T o t a l

Rp.   310.000,-

 

Pembayaran Perlengkapan wisuda sebesar Rp. 310.000,- (tiga ratus sepuluh ribu rupiah) dibayarkan/disetor ke rekening Bank Nagari Nomor Rek. 2102.0210.36741-3 atas nama Riki Basra. (Bendahara/BPP FMIPA), setelah ditransfer  bukti slip pembayaran asli  dari bank di kirim ke WA Bpk. Riki Basra No. 082170411638.

Jubah wisuda merupakan aset Fakultas MIPA. Jubah tersebut hanya dipinjamkan kepada calon wisudawan/ti dan harus dikembalikan lagi ke Sub. Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas MIPA Unand, dalam keadaan bersih, rapi dan tidak cacat, dikembalikan paling lambat 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan Wisuda, jika jubah tidak dikembalikan maka dikenakan denda keterlambatan sebesar 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) / hari dan Ijazah tidak bisa diserahkan (syarat dalam pengambilan Ijazah) dengan memperlihatkan form/blanko peminjaman. Form peminjaman jubah dapat di unduh disini.

Demikianlah diberitahukan untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan, terima kasih.

 

Catatan:

Pengambilan Jubah dan Toga  dimulai tanggal 1 September 2022 di hari dan jam  kerja

.

 

 

                                                                                                            Padang, 15 Agustus  2022

                                                                                                            an. Dekan

                                                         

 

                                                                                                            Sub Koordinator Akademik

                                                                                                            dan Kemahasiswaan

31 Agustus 2022 In Ketentuan

 

Padang, FMIPA Unand - Fakultas MIPA Unand menyambut kunjungan dari Universitasn Bengkulu pada Selasa, 30 Agustus 2022 di ruang sidang Dekanat lantai 2. Dalam kunjungan ini Unib diwakili oleh beberapa orang Dosen diantaranya Dr. Mulia Astuti, Wiwit Alwi, dan Dr, Supriyadi dari Fakultas MIPA Unib. Kunjungan dari Unib disambut langsung oleh Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan 2 Prof. Syamsuardi, serta beberapa dosen perwakilan Departemen.

 Prof. Syukri Arief menyambut kunjungan Unib ini dengan senang hati dan penuh antusias, beliau berharap kunjungan ini menjadi awal kedua Perguruan Tinggi untuk melakukan kolaborasi kedepannya. “Dengan kunjungan ini tentunya kita bisa saling sharing tentang berbagai hal, dan semoga ini bisa menjadi pembuka jalan untuk kita bisa berkolaborasi dalam berbagai bidang nantinya” ujar beliau.

 Selanjutnya dalam sesi diskusi kedua belah pihak membahas berbagai macam hal diantaranya tentang program Pengabdian dan Penelitian, Kolaborasi Riset, serta tentang MBKM. Khusus tentang MBKM di Fakultas MIPA, Dr. Mahdhivan Syafwan menjelaskan secara langsung teknis serta pedoman pelaksanaannya kepada Tim dosen dari Unib.

Setelah diskusi singkat yang berlangsung hangat, perwakilan Unib melanjutkan kunjungan ke tiap Departemen di Fakultas MIPA, terutama kunjungan ke Laboratorium pendidikan dan penelitian yang ada di masing-masing departemen. Sharing tentang Pelaksaan Praktikum dan Penelitian yang benar dan aman di Laboratorium tentunya menjadi pokok diskusi utama disini.

 Kunjungan yang dilakukan Unib ini adalah dalam rangka lecturer mobility untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Unib serta IKU Unand tentunya. IKU merupakan indikator kinerja suatu instansi, utamanya dalam mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Setiap lembaga atau instansi pemerintah wajib merumuskan indikator kinerja utama, dan menjadikan hal itu sebagai prioritas utama. Untuk mendapatkan ukuran sejauh mana keberhasilan dan pencapaian yang telah diraih organisasi tersebut selama beberapa waktu terakhir. Ukuran tersebut nantinya akan dijadikan patokan untuk meningkatkan kualitas kinerja instansi tersebut.

           

26 Agustus 2022 In Ketentuan

(Padang, FMIPA Unand) – Fakultas MIPA Universitas Andalas menyambut 464 mahasiswa baru program sarjana tahun ajaran 2022-2023 dengan acara BAKTI (Bimbingan Aktifitas Kampus dalam Tradisi Ilmiah) yang berlangsung selama 3 hari, Kamis hingga Sabtu (18-20 Agustus 2022). Acara BAKTI di FMIPA ini merupakan kelanjutan dari acara BAKTI di tingkat Unand yang diadakan pada 16 Agustus 2022. Acara ini tentunya ditujukan untuk pengenalan kehidupan kampus secara umum dan pengenalan perkuliahan di Fakultas MIPA khususnya.

Pembukaan acara BAKTI dilakukan di Gazebo Fakultas MIPA dan dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng. “Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi bagian keluarga besar Fakultas MIPA Universitas Andalas,” sambut beliau.

Kegiatan BAKTI kemudian diisi dengan pemaparan materi Profil Fakultas MIPA Unand, pengenalan akademik dan kemahasiswaan, serta pengenalan fasilitas dan layanan umum di Fakultas MIPA. Materi tersebut langsung disampaikan masing-masing oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan, dan Wakil Dekan II Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc.

Dekan berharap lahir mahasiswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.
Beliau berpesan bahwa mahasiswa FMIPA adalah agen perubahan dan pembangunan yang harus menebar informasi secara baik dan berkelanjutan tentang FMIPA dan Unand yang diperlukan oleh masyarakat.

Kegiatan BAKTI FMIPA Universitas Andalas tahun 2022 ini telah dipersiapkan jauh hari oleh kepanitiaan mahasiswa yang dikoordinir oleh Rijallul Fikri Rahmadani. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Being Young Scientist with Integrity, Faithful, and Innovative” dengan maskot Burung Hantu bernama “Jeluka”.

Selain pemaparan dari pimpinan fakultas, kegiatan BAKTI juga diisi dengan berbagi pembekalan dan pengalaman bersama mahasiswa tingkat atas dan alumni, seperti panggung MIPA berprestasi, pengenalan lembaga-lembaga kemahasiswaan di FMIPA, talkshow inspiratif, dan pembuatan CV. Di samping itu juga dilakukan pengenalan terhadap civitas akademika dan penjelasan kurikulum di departemen masing-masing.

Dalam acara BAKTI tersebut juga diadakan Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana pada Jumat 19 Agustus 2022, dan pertemuan antara orang tua/wali mahasiswa baru dengan pimpinan Fakultas MIPA pada Sabtu 20 Agustus 2022. Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana dilakukan untuk memberikan pengenalan fakultas dan prodi-prodi pasca, aturan dan ketentuan akademik, serta hal-hal lain yang terkait penelitian dan kegiatan-kegiatan ilmiah yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa pasca.

Adapun pertemuan orangtua/wali bertujuan untuk menyamakan pandangan antara pihak fakultas dengan orang tua/wali. Dalam paparannya, Wakil Dekan I menyampaikan bahwa keberhasilan perkuliahan seorang mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh baiknya proses belajar mengajar di kampus, namun juga ditentukan oleh dukungan, motivasi dan pemantauan dari pihak keluarga, orang tua/wali khususnya.

“Kami berharap dengan adanya pertemuan ini, orang tua/wali mahasiswa akan lebih paham tentang dinamika perkuliahan di Fakultas MIPA ke depannya, dan tentunya dengan pemahaman tersebut kita semua berharap akan lebih meminimalisir jumlah kasus mahasiswa yang gagal menyelesaikan perkuliahan nantinya,” demikian Mahdhivan menambahkan. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang punya prestasi baik secara akademik dan non akademik mempunyai peluang besar dalam pengembangan dirinya lebih lanjut, seperti dukungan penuh dalam berbagai kompetisi nasional dan internasional, program student mobility dan credit earning ke luar negeri yang rutin dilakukan, baik didanai dari Kementrian, Unand, fakultas maupun departemen.  

Pelaksanaan acara BAKTI tahun 2022 ini dilaksanakan untuk pertamakalinya secara full luring setelah pandemi. Acara BAKTI ditutup menjelang dzuhur pada hari Sabtu 20 Agustus 2022 di Gazebo Fakultas MIPA oleh Wakil Dekan I. Beliau mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih setingginya kepada seluruh panitia dan pihak yang terlibat atas kelancaran dan kesuksesan kegiatan BAKTI di FMIPA Unand tahun 2022 ini. [Alid]

 

 

25 Agustus 2022 In Pengumuman

Yth. Bapak/Ibu Dosen

di lingkungan Fakultas MIPA

Universitas Andalas

Padang

 

Berdasarkan ini kami kirimkan daftar nama peneliti dan pengabdian yang dinyatakan di danai pada tahun 2022 (terlampir). Penandatanganan surat kontrak penelitian dan pengabdian kepada masyarakat akan diinformasikan lebih lanjut. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

 

Padang, 25 Agustus 2022

Dekan,

 

 

Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng

NIP. 196609181991031005