""
Items filtered by date: September 2022
29 September 2022 In Penelitian

PETA JALAN PENELITIAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS ANDALAS 2021-2024

DOWNLOAD SK ROADMAP PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT : KLIK DI SINI

 

29 September 2022 In Ketentuan

(Padang - Unand) Departemen Kimia Fakultas MIPA Universitas Andalas dikunjungi oleh Tim Assesor dari Lembaga Akreditasi Internasional, The Royal Society of Chemistry (RSC) pada Selasa (27/9/2022). Tim Asesor yang terdiri dari Prof. Katherine Holt dan Prof. Zanariah Abdullah, dan didampingi seorang RSC Spesialis Dr. Alice Baker, melakukan visitasi dalam rangka proses akreditasi Internasional Program Studi Sarjana Kimia Fakultas MIPA Unand. Kedatangan Tim akreditasi RSC ini disambut oleh Wakil Rektor I  Unand Prof. Mansyurdin serta Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng di Gedung Convention Hall Unand. Turut juga hadir Wakil Rektor II, III, IV, tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Wakil Dekan I dan II FMIPA, Koordinator dan Subkoordinator FMIPA, seluruh pimpinan Departemen Kimia, tim Task Force, serta para dosen dan mahasiswa Departemen Kimia.

Prof. Syukri Arief mengatakan Program Studi Sarjana Kimia FMIPA Universitas Andalas telah melaksanakan proses pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan baik sehingga saat ini telah memperoleh perpanjangan Akreditasi A sampai tahun 2026 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Unsur-unsur pimpinan dan civitas akademika Departemen Kimia dengan didukung penuh oleh pimpinan Fakultas MIPA memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih peringkat akreditasi yang lebih tinggi dalam bentuk Akreditasi RSC yang berkualifikasi dunia yang bertujuan lebih meningkatkan standar mutu pendidikan yang muaranya adalah lulusan yang berstandar internasional dan memiliki daya kompetitif yang tinggi.

“Akreditasi ini tentunya akan mendongkrak reputasi Fakultas MIPA di skala internasional  serta dampak yang positif untuk Unand tentunya,” ujar Prof. Syukri.

Keinginan Departemen Kimia Fakultas MIPA untuk memperoleh Akreditasi RSC juga disambut baik dan didukung sepenuhnya oleh Rektor Universitas Andalas melalui LPM dengan memberikan dukungan moril, materil dan finansial sejak awal dimulainya proses penyusunan Borang Akreditasi RSC (Accreditation Form) sampai pada seluruh proses kunjungan atau visitasi Asesor RSC.

Wakil Rektor I Unand Prof. Mansyurdin berharap agar Program Studi Sarjana Kimia ini bisa mendapatkan Akreditasi Internasional RSC. Tercatat sejumlah Program Studi di Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga sudah mendapatkan pengakuan internasional dari Lembaga Akreditasi Internasional.

Acara visitasi yang dimoderatori oleh Wakil Rektor IV Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc ini dimulai dengan pengenalan Universitas Andalas, Fakultas MIPA dan Departemen Kimia. Setelah pengenalan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara Tim Asesor RSC dengan pihak terkait yaitu Departemen Kimia, mulai dari Tim Task Force, Dosen dan Mahasiswa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tour ke ruang kuliah dan laboratorium. Seluruh rangkaian acara ini kemudian diakhiri dengan seminar dengan menghadirkan kedua asesor RSC sebagai Keynote Speaker.

RSC adalah lembaga yang berkedudukan di Britania Raya yang bertujuan untuk memajukan Ilmu Kimia. Lembaga ini dibentuk tahun 1980 dan saat ini telah memiliki sekitar 54 ribu anggota di seluruh dunia. RSC menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah seperti penelitian, publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, penerbitan buku, pengumpulan database, menyelenggarakan konferensi, seminar dan lokakarya. Disamping itu, RSC juga melaksanakan penyamaan standar mutu pendidikan dan penelitian bidang Ilmu Kimia di seluruh dunia dalam bentuk Akreditasi Internasional untuk Program Studi Sarjana dan Magister. Beberapa kampus besar di Indonesia sudah memperoleh sertifikat akreditasi internasional dari RSC tersebut, seperti ITB dan UGM. [Alid]

Foto-Foto :

 

 

26 September 2022 In Ketentuan

(Padang-Unand) Fakultas MIPA Unand kembali raih prestasi membanggakan di tingkat Nasional setelah salah seorang mahasiswanya berhasil meraih medali pada perhelatan final ONMIPA-PT Tahun 2022. Zahara Zettira, mahasiswi Departemen Fisika, berhasil menggondol medali Perunggu Bidang Fisika pada Kompetisi yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya pada 20 – 24 September 2022 lalu. Zahara Zettira berhasil mengulangi prestasinya di tahun 2021 yang juga sukses meraih medali Perunggu pada kompetisi ini.

Atas capaian ini Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief menyampaikan rasa syukur dan bangganya kepada mahasiswa yang telah berjuang mengharumkan nama FMIPA Unand di kancah Nasional. “ Kita bersyukur perjuangan dalam beberapa bulan terakhir terbayarkan dengan raihan prestasi ini, semoga prestasi ini bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi pada kompetisi mendatang “.

Tidak lupa Prof. Syukri menyampaikan rasa apresiasi dan terimakasihnya kepada seluruh pihak terkait yang telah berjuang selama beberapa bulan terakhir dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk berkompetisi pada ONMIPA PT Tahun 2022 ini. “Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa, dosen pembina beserta tendik yang terlibat dalam kompetisi ini, serta atas dukungan dari Direktorat Kemahasiswaan Unand, dan semua pihak terkait yang tidak bisa kami ucapkan satu persatu”.

Dengan raihan satu medali Perunggu ini, Universitas Andalas menempati peringkat 15 secara nasional pada Kompetisi ini. Juara Umum diraih oleh Institut Teknologi Bandung dengan raihan 4 medali Emas, 7 medali Perak, 2 medali Perunggu, dan 1 Honorable Mention.  Tempat ke 2 diduduki oleh Universitas Indonesia dengan 4 medali Emas, 3 medali Perak dan 6 medali Perunggu. Sementara Universitas Gadjah Mada menempati peringkat ke 3 dengan 2 medali Emas, 3 medali Perak, 5 medali Perunggu, serta 3 Honorable Mention. [Alid]

17 September 2022 In Ketentuan

(Padang-Unand) Prof. Syukri Arief-Dekan FMIPA Unand-melepas keberangkatan 9 mahasiswa FMIPA pada Jumat (16/9/2022) untuk berkompetisi pada ajang ONMIPA tingkat Nasional di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kesembilan orang mahasiswa tersebut akan bersaing pada Bidang Matematika (3 orang), Bidang Fisika (3 orang), Bidang Kimia (1 orang), serta Bidang Biologi (2 orang).

“Kami ucapkan selamat berjuang kepada ananda semua, semoga ananda bisa mengharumkan nama Unand serta FMIPA khususnya di tingkat Nasional. Tentunya kami berharap masing-masing ananda berhasil membawa pulang medali nantinya,” ujar beliau.

“Yang terpenting kita jangan kalah mental dalam kompetisi ini, dengan mental yang kuat tentunya kepercayaan diri akan meningkat dan kita bisa bersaing dengan lebih baik di kompetisi ini,” tambah beliau.

Perjuangan mahasiswa FMIPA ini juga mendapat dukungan dari Rektor Unand Prof. Yuliandri, melalui Direktur Kemahasiswaan Unand–Khandra Fahmy, Ph.D. Beliau menyampaikan dukungannya agar para mahasiswa yang berkompetisi pada ONMIPA tahun 2022 ini bisa menjaga nama baik Unand serta menjadi pendongkrak IKU Unand nantinya dengan berhasil membawa medali dari kompetisi ini.

“Karena keberhasilan mahasiswa meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional akan menjadi salah satu indikator penunjang IKU Unand” jelas Khandra Fahmy.

Untuk persiapan ONMIPA tingkat Nasional yang akan berlangsung pada tanggal 20 – 24 September 2022 ini, FMIPA dengan didukung oleh Direktorat Kemahasiswaan Unand telah mengadakan Training Camp ke-3 pada tanggal 29 Agustus 2022 s.d 16 September 2022. Atas terlaksananya TC 3 ini Wakil Dekan I FMIPA Unand Dr. Mahdhivan Syafwan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak terkait.

Dalam acara pelepasan ini turut hadir Wakil Dekan I FMIPA Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan II Prof. Dr. Syamsuardi, Direktur Kemahasiswaan Unand Khandra Fahmy, Ph.D, Ketua Departemen Matematika dan Sains Data Dr. Yanita, Koordinator Bidang pada Training Camp, yakni Trengginas Eka Putra Sutantyo, M.Si (Fisika), Dr. Diana Vanda Wellia (Kimia), dan Dr. Noverina Alfiani (Matematika), serta staf Kemahasiswaan FMIPA Tri Handayani S.Si. Acara pelepasan dilakukan secara santai di Gazeebo FMIPA dan dilanjutkan kemudian dengan pembahasan teknis keberangkatan dan persiapan lomba bersama Bapak Asrif Yanto-Staf Direktorat Kemahasiswaan Unand.

Sebelumnya pada hari Rabu (14/9/2022) kesembilan orang mahasiswa FMIPA ini juga dilepas oleh Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri di Ruang Rektor, yang dihadiri juga oleh Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Mansyurdin dan Direktur Kemahasiswaan Unand Khandra Fahmy, Ph.D. [Alid]

 

 

Foto-Foto: