""
Selasa, 19 Januari 2021 08:30

Prosedur Pendaftaran Wisuda Tingkat FMIPA

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap proses pendaftaran wisuda secara online selama tahun 2020 dan mengacu pada Peraturan Rektor Unand No. 28 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, maka dilakukan beberapa perubahan ketentuan terhadap data dan dokumen yang wajib dilengkapi dalam proses pendaftaran wisuda di tingkat fakultas. Prosedur pendaftaran wisuda tetap dilakukan secara online melalui aplikasi myFMIPA (https://fmipa.unand.ac.id/myfmipa/) dengan berpedoman pada SOP No.1.1.1.030. Berikut langkah-langkah dan penjelasan proses pendaftaran wisuda secara online melalui aplikasi myFMIPA:

 

  1. Mahasiswa meminta user dan password myFMIPA ke admin SIA masing-masing jurusan.
  2. Setelah login, mahasiswa wajib mengisi/melengkapi formulir biodata.
  3. Fileyang diunduh maksimal 500 kb dengan format pdf.
  4. Dokumen/formulir yang diisi/diunduh
  • Blanko Alumni diisi secara onlinedan diverifikasi oleh Ketua Jurusan atau pimpinan lain yang ditunjuk.
  • Unduh Ijazah terakhir (SMA/S1/S2).
  • Unduh Surat Keterangan Bebas UKT dari Bagian Keuangan Rektorat (dapat dilewatkan dan proses kliring akan dilakukan oleh admin fakultas jika semua syarat lengkap).
  • Unduh Bukti Pemeriksaan Turnitin dari Tugas Akhir.
  • Unduh KK/KTP/AKTE. Gabung ketiga dokumen jadi satu file pdf.
  • Unduh Surat Keterangan Bebas Pustaka UNAND (dapat dilewatkan dan menjadi syarat pengambilan ijazah).
  • Unduh dokumen SAPS yang sudah diverifikasi oleh pimpinan jurusan (khusus bagi S1)
  • Unduh Sertifikat TOEFL (dapat dilewatkan dan menjadi syarat pengambilan ijazah).
  • Unduh Surat Pernyataan Isian Data Ijazah Wisudawan. Dokumen ini cukup ditandatangani oleh mahasiswa (bermaterai) dan tanda tangan ketua jurusan dibiarkan saja kosong.
  • Unduh Publikasi (khusus bagi S2/S3). Isi dan lengkapi detail publikasi melaluilink form Google yang tertera di sana, kemudian klik kotak di samping tulisan “Saya Telah Mengisi Detail Publikasi pada Link Form Google”. Selanjutnya unduh halaman pertama publikasi dimana terdapat susunan tim penulis dan abstrak. Jika belum terbit maka unduh bukti accepted.
  • Unduh Surat Keterangan Bebas Jurusan
  • Unduh Transkrip Akademik. Transkrip akademik dapat diminta ke Admin SIA masing-masing jurusan (bukan yang dari portal akademik) dan telah diperiksa oleh Ketua Jurusan/Kaprodi.
  1. Proses verifikasi akan dilakukan dua tahap, yaitu Ketua Jurusan atau pimpinan lain yang ditunjuk, dan oleh Admin Fakultas.
  2. Setelah disetujui oleh Admin Fakultas mahasiswa dapat membayar biaya pendaftaran wisuda dan mendaftar wisuda ke sistem/aplikasi wisuda universitas (http://wisuda.unand.ac.id/).
  3. Setelah mendaftar di universitas, mahasiswa mengunduh dua dokumen ke myFMIPA yaitu:
  • Unduh Draf Ijazah (dari sitem wisuda universitas)
  • Unduh Surat Pernyataan (dari sistem wisuda universitas)
  1. Setelah dokumen pada poin 7 (tujuh) diverifikasi admin fakultas, proses selesai dan mahasiswa telah terdaftar sebagai peserta wisuda Fakultas MIPA.
  2. Video panduan pendaftaran wisuda secara online dapat dilihat di youtube pada tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=Rl_T5a70V1g&t=5s dengan memperhatikan ketentuan terbaru yang dijelaskan pada poin 4 (empat).

 

Persyaratan, ketentuan, kuota dan jadwal pendaftaran wisuda di tingkat universitas dapat dilihat di http://wisuda.unand.ac.id/.

 

Demikianlah disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

 

 

Padang, 18 Januari 2021

 

Dekan,

 

 

 

 

 

Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng

NIP. 196609181991031005

Read 1539 times