""
Jumat, 23 Februari 2024 15:44

ASIIN Acreditation Visit

                                                                                                                               

Universitas Andalas menerima kunjungan dari Tim ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik)  yang merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi. Kunjungan akreditasi internasional ASIIN berlangsung selama dua hari, 22-23 Februari 2024.

Kunjungan bertujuan untuk melakukan akreditasi terhadap Program Studi S1 dan S2 Matematika dan Sains Data, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas.

Tim Expert Panels ASIIN terdiri dari Prof. Dr. Marin Buhmann, Prof. Dr. Thomas Gotz, Betty Handayani, Fichie Mayandel Valerio. Lalu, Prof. Dr. Yati Afiyanti, Prof. Dr. Vasiliki Kolovou, Maulida Nurliza, dan Kusnul Chotimah.

Dalam agenda ini, tim Expert Panels ASIIN melakukan tanya jawab terkait pengembangan lebih lanjut dari universitas, posisi program dalam konteksnya dari universitas, profil dari program, serta aspek lain di tingkat universitas. Hadir pula Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE. MPPM, Akt, CA, CRGP memberikan beberapa penjelasan kepada tim asesor terkait hal-hal di tingkat universitas.

Pada sesi tanya jawab ini, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Arrival Rince Putri, M.T, M.Si, serta Ketua Prodi Matematika dan Sains data S1 Dr. Noverina Alfiany, S.Si, M.Si, Ph.D dan S2 Dr. Ferra Yanuar memberikan penjelasan mengenai program yang ada di Departemen Matematika dan Sains Data.

Rangkaian acara ditutup dengan pengarahan dari Dekan FMIPA Unand Dr. Mahdhivan Syafwan dan pertukaran cenderamata antara kedua instansi serta sesi foto bersama.

Kunjungan ASIIN ini diharapkan membantu Universitas Andalas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta memperkuat posisinya sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia yang memiliki dampak global signifikan.

Padang, 20 September 2023 - Fakultas MIPA (FMIPA) Universitas Andalas (Unand) menggelar perayaan Dies Natalis ke-68 pada hari Selasa, 19 September 2023, di Gedung Convention Hall Unand. Perayaan ini mengusung tema "Potensi Artificial Intelligence dan Internalisasi Core Value untuk Keunggulan MIPA".

Perayaan Dies Natalis FMIPA Unand ke-68 ini dihadiri oleh Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H., beserta jajarannya, Dekan FMIPA, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng., beserta jajarannya, para dosen, mahasiswa, dan alumni FMIPA Unand.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng., menyampaikan bahwa FMIPA Unand telah menorehkan berbagai prestasi selama 68 tahun berdiri. Prestasi tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi dari seluruh civitas akademika FMIPA Unand.

"FMIPA Unand telah menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Oleh karena itu, saya berharap FMIPA Unand dapat terus mempertahankan dan meningkatkan prestasinya di masa mendatang," ujar Prof. Syukri.

Prof. Syukri juga menekankan pentingnya potensi AI dan internalisasi core value untuk keunggulan MIPA. Menurutnya, AI memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas di berbagai bidang, termasuk bidang MIPA.

Selain itu, Prof. Syukri juga menekankan pentingnya internalisasi core value untuk keunggulan MIPA. Menurutnya, core value merupakan nilai-nilai dasar yang harus dipegang teguh oleh seluruh civitas akademika FMIPA Unand untuk mencapai keunggulan.

"FMIPA Unand harus menjadi fakultas yang unggul dalam bidang akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta tidak hanya itu, peningkatan kualitas pelayanan kita sebagai ASN terhadap mahasiswa di kampus dan masyarakat secara umum harus terus kita tingkatkan, hal ini dapat diwujudkan melalui internalisasi core value yang kuat," ujar Prof. Syukri.

Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang telah diraih oleh FMIPA Unand. Ia juga berpesan agar FMIPA Unand dapat terus berkontribusi bagi kemajuan Universitas Andalas dan bangsa Indonesia.

"Saya berharap FMIPA Unand dapat terus menjadi fakultas yang unggul dan berkontribusi bagi kemajuan Universitas Andalas dan bangsa Indonesia," ujar Prof. Yuliandri.

Pada kesempatan ini, Rektor Unand juga melaunching Prospectus FMIPA 2023 dan Grand Design Kemahasiswaan FMIPA. Peluncuran Prospectus FMIPA 2023 dan grand design kemahasiswaan FMIPA ini merupakan wujud komitmen FMIPA Unand untuk terus meningkatkan kualitas dan daya saing dimasa yang akan datang. [SD]

Foto-Foto :