""

(Padang - FMIPA Unand) Fakultas MIPA Unand jalin kerjasama kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (FST UINIB). Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dilaksanakan pada hari Senin (20/06/2022), bertempat di ruang sidang lantai 2 Dekanat FMIPA Unand. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sumber daya kedua belah pihak, serta berkolaborasi dalam kegiatan pendidikan, penelitian, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, berharap dengan kerjasama ini FMIPA Unand dapat membantu pengembangan FST UIN Imam Bonjol kedepannya, mengingat FST UIN Imam Bonjol merupakan Fakultas yang berumur relatif muda. “FST tentunya dapat menggunakan pakar-pakar yang kita punya untuk membantu pengembangan FST di masa datang” demikian beliau menambahkan.

Selanjutnya Dekan FST UIN Imam Bonjol, Nurus Shalihin, M.Si, Ph.D,  menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya atas terjalinnya kerjasama ini. “Kami tentunya akan sangat terbantu dengan kesepakatan ini, tentunya dengan transfer ilmu dan pengalaman yang akan kami peroleh akan sangat membantu pengembangan dan penguatan fakultas kami nantinya” ujar beliau.

Untuk diketahui FST UIN Imam Bonjol ini sendiri baru terbentuk lebih kurang 3 tahun belakang, menyusul perubahan status IAIN Imam Bonjol menjadi UIN Imam Bonjol pada tahun 2017. [Alid]    

(Padang-FMIPA UNAND) Pada hari Sabtu 4 Juni 2022 telah dilaksanakan Sosialisasi dan Pembekalan KKN FMIPA UNAND secara online melalui zoom meeting mulai pukul 13.25 hingga 15.55 WIB. Sosialisasi dan Pembekalan KKN ini disampaikan langsung oleh Kepala UPT KKN UNAND saat ini, Dr. Ir. Ujang Khairul, MP, dan Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II FMIPA UNAND. Acara ini dimoderatori oleh Ridho Saputra, Pengurus BEM KM FMIPA UNAND, dan diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan II FMIPA UNAND, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc.

Acara yang dihadiri oleh ± 300 partisipan ini merupakan salah satu rangkaian kuliah pembekalan bagi mahasiswa peserta KKN tahun 2022 yang difasilitasi oleh UPT KKN UNAND. Banyak hal yang dijelaskan dalam acara ini, seperti jurus jitu sukses KKN, filosofi dan teknis pelaksanaan KKN reguler.

KKN yang merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat. KKN tercantum dalam Peraturan Rektor No.14 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Program Sarjana Universitas Andalas Pasal 33 sebagai salah satu mata kuliah wajib insitusional dengan bobot 4 sks. Untuk tahun ini waktu pelaksanaan KKN adalah selama 40 hari penuh dari tanggal 12 Juli sampai 20 Agustus 2022.

Dalam pelaksanaan KKN ini mahasiswa akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang jumlahnya 25 orang/lokasi yang berasal dari fakultas yang berbeda dan dibimbing oleh satu orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Penugasan/penunjukan DPL dilakukan oleh universitas melalui UPT KKN. Pembekalan umum untuk mahasiswa terkait dengan program kerja yang dilakukan selama KKN disampaikan oleh narasumber dari fakultas secara daring. Selain itu ada juga pembekalan tambahan untuk beberapa lokasi yang memiliki kerjasama, seperti BKKBN Perwakilan Sumbar yang fokus pada masalah stunting, pusat-pusat studi di lingkungan UNAND (Nagari Tageh) yang memiliki proker yang lebih terarah, Kampung Tematik di 11 Kelurahan di Kota Padang, dan Bina Lingkungan Kampus (Batu Busuk/Sungkai).

Setelah kelompok KKN diumumkan, mahasiswa dan DPL aktif saling berkomunikasi dengan pihak Nagari/Desa/Kelurahan/Camat untuk bersama sama menetapkan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan KKN. Pembimbingan, monitoring dan evaluasi dilakukan oleh DPL secara offline dan online.

Saat ini telah terdata sebanyak 345 orang mahasiswa FMIPA UNAND yang akan melaksanakan KKN di tahun 2022. Terdapat 200 nagari dari 65 daerah yang akan menjadi lokasi tujuan KKN. Perihal pembagian kelompok, daftar nama kelompok dan lokasi KKN akan segera diinfokan oleh pihak UPT KKN UNAND.

Dalam acara ini juga dijelaskan bahwa ada kombinasi lokasi KKN untuk tahun 2022. Mahasiswa yang berdomisili di daerah Sumbar akan tetap ber-KKN di daerah domisilinya, sedangkan mahasiswa yang berdomisili di luar Sumbar akan ditarik ke Sumbar. UPT KKN juga menegaskan bahwa pelaksanaan KKN tidak ada di luar Sumbar, kecuali KKN tematik di Kabupaten Kerinci. Pihak UPT KKN nantinya juga akan memfasilitasi KKN gelombang kedua.

Setelah sosialisasi KKN berakhir, acara dilanjutkan dengan penjelasan ruang lingkup dan implementasi Program MBKM proyek kemanusiaan dan membangun desa yang disampaikan oleh Prof. Ir Abdul Hakam, M.T., Ph.D.  

Penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan KKN ini tidak terlepas dari peran aktif BEM FMIPA UNAND, mulai dari promosi kegiatan, pengisi acara, hingga liputan berita. Secara umum, acara berjalan dengan lancar dan interaktif. Acara ini bisa disimak kembali melalui kanal youtube FMIPA UNAND disini . [BEM]

(Padang-Unand) Mahasiswa  Jurusan Biologi kembali  terpilih sebagai pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Fakultas MIPA pada tahun 2022 ini. Elni Fatimah berhasil menyisihkan rekan-rekannya dari jurusan lain yakni Zahara Zettira (Fisika), Buty Kurnia Hamzani (Kimia), serta Salsabila Aurelia (Matematika).

Pada proses seleksi Pilmapres yang diadakan pada hari kamis (9/6/2022) ini, setiap peserta seleksi Pilmapres ini menyajikan karya tulis ilmiah mereka kepada Tim Juri yang terdiri dari Dr. Putra Santoso (Biologi), Dr. Yulia Eka Putri (Kimia), Dr. Ferra Yanuar (Matematika), dan Dr. Dian Fitriyani (Fisika). Elni Fatimah mempresentasikan karya tulis ilmiahnya yang berjudul “Pengembangan Sereal Berbasis Aneka Buah dan Sayur Harga Ekonomis Sebagai Usaha Untuk Mengatasi Stunting Pada Anak-Anak”. Hasil penelitian ini diharapkan adanya inovasi produk bergizi tinggi yang lebih terjangkau bagi keluarga dengan perekonomian menengah kebawah. Dari Proses seleksi ini Tim Juri menetapkan Elni Fatimah sebagai peringkat pertama dalam Pilmapres Fakultas MIPA tahun 2022 ini.

Atas capaiannya ini, Elni Fatimah akan mewakili Fakultas MIPA pada ajang Pilmapres tingkat Unand yang akan diadakan dari tanggal 13 Juni s/d 14 Juni 2022. “ Tentunya kita harapkan mahasiswa MIPA bisa meraih prestasi terbaik dalam ajang Pilmapres kali ini” demikian Dr. Jenizon -Wakil Dekan III FMIPA- menyampaikan harapannya.

Pemenang Pilmapres di tingkat Unand nantinya akan dikirim untuk bersaing di tingkat Nasional nantinya. Sebagai informasi, pada tahun 2021 kemaren perwakilan Unand di tingkat Nasional yakni Refa Rahmadiansyah (Fakultas Kedoteran) berhasil menggondol peringkat Pertama dalam ajang tersebut.

 Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Untuk pesertanya sendiri diikuti oleh mahasiswa program sarjana atau program diploma. [Alid]

 

 

(Padang - FMIPA UNAND) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas (FMIPA Unand) mewisuda sebanyak 78 orang wisudawan pada hari Sabtu (28/5/2022) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas. Pada wisuda kali ini terdapat 19 wisudawan yang lulus dengan predikat Cumlaude.

Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng mengucapkan selamat atas raihan para wisudawan tersebut. Beliau berharap semua wisudawan akan dapat berkontribusi dengan baik di dunia kerja nantinya, serta berperan serta dalam meningkatkan nama baik FMIPA Unand tentunya.

“ Semoga para wisudawan semuanya bisa berbaur dengan lingkungan masyarakat nantinya di manapun mereka akan bergabung nantinya, baik dunia kerja maupun bagi yang melanjutkan pendidikannya. Kami berharap semua prestasi yang di raih dan pengalaman yang diperoleh selama berkuliah di FMIPA Unand akan menjadi manfaat bagi wisudawan dan lingkungan mereka dimasa yang akan datang” ujar beliau.

Dari 19 wisudawan yang lulus dengan predikat Cumlaude tersebut, 12 orang merupakan wisudawan jenjang pendidikan sarjana. Tujuh wisudawan  dari Jurusan Kimia yakni M. Rafli Habibillah, Mutia Rahmi, Gebby Fabrilia Irwanda, Rino Gusfri Ramadhan, M. Fadli, Farid Al Huzaini dan Resin Putra Teja Kusuma. Dua wisudawan dari Jurusan Fisika yakni Aviva Fajriati dan Nurul Khaira Sabila. Dua wisudawan dari Jurusan Matematika yakni Awanda Jasela dan Bima Saputera. Serta satu wisudawan Jurusan Biologi yakni Poggi Rahman.

Untuk jenjang Pendidikan Pasca Sarjana terdapat 7 orang wisudawan dengan predikat Cumlaude, 3 dari Jurusan Kimia yakni Ramanisa Muliani Talib, S.Si, Eva Musifa, S.Pd, Mutira Suciandika, S.Si, 3 dari Jurusan Biologi yakni Ashrifurrahman, S.Si, Monica Mulnia Hanif, S.Si, dan Gresia Puteri, S.Si, serta 1 wisudawan dari Jurusan Fisika.

Sementara itu untuk wisudawan Lulusan Terbaik pada wisuda kali ini adalah Rifno Gusfri Ramadhan (Kimia), Nurul Khaira Sabila (Fisika), Nurma Yati (Matematika), Poggi Rahman (Biologi) serta Gresia Puteri S.Si (S2 Biologi).

Sebagai informasi, Prosesi wisuda kali ini adalah yang pertama yang diselenggarakan secara offline bagi FMIPA setelah wabah Covid 19 merebak lebih kurang 2 tahun yang lalu.[alid]

(Padang - FMIPA UNAND) Pada hari Sabtu 21 Mei 2022 telah dilaksanakan Sosialisasi SKPI, SAPS dan Fast-Track S1-S2 FMIPA Unand yang berlangsung secara online melalui aplikasi Zoom mulai pukul 13.30 hingga 15.45 WIB. Sosialisasi SKPI, SAPS dan Fast-Track S1-S2 disampaikan langsung oleh Dr. Mahdhivan Syafwan yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan I FMIPA Unand dan Dr. Jenizon, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan III FMIPA Unand. Acara ini dimoderatori oleh Ridho Saputra, Pengurus BEM KM FMIPA Unand, dan diawali dengan sambutan pengantar dari Dekan FMIPA UNAND, Prof. Dr. Syukri Arief, M. Eng.

Sosialiasi ini dihadiri oleh lebih 100 partisipan mahasiswa. Pada sesi pertama, Dr. Mahdhivan menjelaskan tentang SKPI, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan SAPS oleh Dr. Jenizon, M. Si. Dalam paparannya, Dr. Mahdhivan menjelaskan bahwa SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) merupakan dokumen yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan bergelar (dalam hal ini program sarjana). Beliau menambahkan bahwa SKPI ini sangat bermanfaat bagi lulusan karena berisi data kemampuan kerja lulusan yang dinyatakan dalam capaian pembelajaran lulusan, prestasi dan pengalaman pembelajaran lulusan yang mudah dimengerti oleh pihak pengguna di dalam maupun luar negeri, sehingga meningkatkan kepercayaan pihak pengguna terhadap kelayakan kerja (employability) lulusan Program S1.

Selanjutnya Dr. Jenizon menjelaskan bahwa SAPS (Student Activities Performance System) adalah penilaian aktivitas mahasiswa dalam kegiatan ekstra kurikuler selama menjalani studi di Universitas Andalas. SAPS dimaksudkan untuk mendorong mahasiswa untuk lebih aktif pada kegiatan ekstra kurikuler dan menumbuhkembangkan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik untuk sekaligus aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler. Beliau menambahkan bahwa ruang lingkup SAPS ini meliputi ketentuan - ketentuan yang menyangkut bentuk kegiatan mahasiswa, penetapan penilaian, tim penilai, kewajiban, dan penghargaan.

Dalam acara sosialisasi ini juga dijelaskan panduan pengisian SKPI dan SAPS melalui aplikasi online. Setelah sesi diskusi sekitar 10 menit, materi sosialisasi dilanjutkan dengan penjelasan Program Fast-Track FMIPA Unand yang kembali disampaikan oleh Dr. Mahdhivan. Beliau menjelaskan bahwa program fast-track merupakan sebuah program berkesinambungan sarjana dan magister yang linier bagi mahasiswa yang berkemampuan tinggi mengembangkan dirinya secara optimal dalam waktu yang relatif singkat (5 tahun). “Bagi mahasiswa, program fast-track dapat menghemat waktu dan sekaligus menghemat biaya pendidikan, sedangkan bagi institusi, program fast-track dapat meningkatkan mutu prodi magister karena input mahasiswa yang berkualitas”, tambah beliau.

Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing bersama Gresia Puteri yang merupakan wisudawati S1 terbaik Universitas Andalas dari Jurusan Biologi yang mengikuti program fast-track. "Kalau diminta 1 kalimat untuk menggambarkan program fast track, maka saya akan memakai kalimat ini: fast track adalah perolehan maksimum dengan waktu minimum", ucap Gresia Puteri. Senada dengan yang dijelaskan oleh WD I, Gresia kembali menegaskan bahwa fast-track memiliki dua manfaat terbesar, yaitu hemat uang dan waktu, tapi kita tetap mendapatkan kualitas yang sama.

Penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi SKPI, SAPS dan Fast-Track S1-S2 ini tidak terlepas dari peran aktif BEM FMIPA Unand, mulai dari promosi kegiatan, pengisi acara, hingga liputan berita. Secara umum acara sosialisasi berjalan dengan lancar dan interaktif. Acara ini bisa disimak kembali melalui kanal youtube FMIPA Unand berikut ini [BEM]

(Padang - FMIPA Unand) Dosen Fakultas MIPA meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Kimia usai sidang promosi terbuka di Ruang Sidang Lantai 2 Dekanat FMIPA Unand pada Kamis 19 Mei 2022. Promovenda Sri Handani, M.Si, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng selaku promotor, dan Prof. Dr. Dahyunir Dahlan dan Prof. Emriadi selaku co-promotor, berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Sintesis dan Kajian Sifat Fisis Lapisan Tipis Seng Oksida (ZnO) dengan Ekstrak Daun Gambir (Uncaria Gambir Roxb.) sebagai Capping Agent”. 

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitiannya, Sri Handani yang merupakan dosen Jurusan Fisika FMIPA Unand ini menyampaikan bahwa energi gap nanopartikel ZnO dengan ekstrak daun gambir (3.42 eV) lebih besar dibandingkan tanpa ekstrak daun gambir (3,09 eV).

Prof. Syukri Arief selaku promotor yang juga merupakan Dekan FMIPA Unand menyampaikan bahwasanya penelitian dengan ekstrak gambir ini menghasilkan dampak yang signifikan terhadap kualitas nanopartikel maupun lapisan tipis ZnO.

Hadir sebagai penguji dari luar pada sidang promosi terbuka ini yakni Prof. Dr. Rahadian Zainul dari Universitas Negeri Padang. Sementara penguji dari dalam yakni Prof. Dr. Rahmayeni, M.Si, Dr. Upita Septiani, dan Dr. Syukri dari Jurusan Kimia FMIPA Unand. Sidang terbuka S3 ini dibuka oleh Dr. Jenizon - Wakil Dekan III FMIPA Unand sebagai pimpinan fakultas dan dipimpin oleh Dr. Mai Efdi- Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unand sebagai ketua sidang.

Setelah penetapan kelulusannya pada sidang promosi doktor terbuka ini yang disampaikan oleh ketua sidang, istri dari Muhammad Ihsan ini tampak berlinangan air mata menyambut kelulusannya tersebut. “Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Promotor saya, kepada Tim Penguji serta kepada semua pihak yang terlibat dalam selesainya penelitian ini. Terutama kepada suami saya Muhammad Ihsan yang dengan sabar selalu mendampingi saya selama proses penelitian ini”, demikian beliau sampaikan. Tidak lupa Sri Handani menyampaikan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT atas telah selesainya studi S3-nya tersebut. [Alid]

Padang - FMIPA Unand. Sebanyak 34 orang dosen Fakultas MIPA Universitas Andalas dinyatakan lulus Seleksi Pendanaan Penelitian oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dari 34 orang dosen tersebut 25 orang dosen berhasil lolos sebagai  penerima Pendanaan Penelitian Program Kompetitif  Nasional dan Penugasan di Perguruan Tinggi Tahap I dengan total judul yang didanai sebanyak 43 judul,  dan 9 orang dosen lolos Pendanaan Program Penelitian Lanjutan dengan 10 total judul.

Di tingkat Unand, tercatat 97 judul penelitian yang didanai pada Program Kompetitif Nasional dan Penugasan di Perguruan Tinggi Tahap I dan 36 judul penelitian yang didanai pada Program Penelitian Lanjutan. Dengan demikian dari total judul penelitian dosen Unand yang didanai oleh DRTPM Dikti, 40% nya adalah dosen FMIPA. Lebih lanjut, dari 43 judul penelitian dosen FMIPA yang didanai pada Program Kompetitif Nasional dan Penugasan di Perguruan Tinggi Tahap I, 24 judul diraih oleh dosen-dosen Biologi (lihat beritanya di sini). 

Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng mengapresiasi capaian yang diraih oleh dosen FMIPA pada kompetisi hibah penelitian tingkat nasional tahun ini. Beliau berharap dari hibah yang diperoleh dapat membuahkan output dalam bentuk publikasi dan HKI, apalagi dengan banyaknya skema yang melibatkan mahasiswa tentunya dapat meningkatkan mutu penelitian mahasiswa pasca FMIPA Unand. [Alid]

 

DOSEN FMIPA UNAND PENERIMA PENDANAAN PENELITIAN PROGRAM KOMPETITIF NASIONAL DAN PENUGASAN DI PERGURUAN TINGGI TAHUN ANGGARAN 2022 TAHAP PERTAMA

 

NO

NAMA

SKEMA

JURUSAN

1

ANTHONI AGUSTIEN

PPS-PDD

BIOLOGI

2

DAHELMI

PPS-PTM

BIOLOGI

3

DEWI IMELDA ROESMA

PPS-PDD

BIOLOGI

4

DEWI IMELDA ROESMA

PPS-PDD

BIOLOGI

5

DEWI IMELDA ROESMA

PPS-PDD

BIOLOGI

6

DEWI IMELDA ROESMA

PPS-PTM

BIOLOGI

7

DEWI IMELDA ROESMA

PPS-PTM

BIOLOGI

8

EFRIZAL

PPS-PDD

BIOLOGI

9

ERIZAL MUKHTAR

PPS-PDD

BIOLOGI

10

ERIZAL MUKHTAR

PDKN

BIOLOGI

11

FUJI ASTUTI FEBRIA

PPS-PTM

BIOLOGI

12

INDRA JUNAIDI ZAKARIA

PDKN

BIOLOGI

13

INDRA JUNAIDI ZAKARIA

PPS-PDD

BIOLOGI

14

INDRA JUNAIDI ZAKARIA

PPS-PTM

BIOLOGI

15

INDRA JUNAIDI ZAKARIA

PTKN

BIOLOGI

16

MANSYURDIN

PPS-PTM

BIOLOGI

17

MANSYURDIN

PPS-PTM

BIOLOGI

18

NURAINAS

PPS-PTM

BIOLOGI

19

PUTRA SANTOSO

PPS-PTM

BIOLOGI

20

PUTRA SANTOSO

PPS-PTM

BIOLOGI

21

RESTI RAHAYU

PPS-PTM

BIOLOGI

22

SYAMSUARDI

PPS-PDD

BIOLOGI

23

SYAMSUARDI

PDKN

BIOLOGI

24

ZOZY ANELOI NOLI

PPS-PTM

BIOLOGI

25

MARZUKI

PPS-PTM

FISIKA

26

MARZUKI

PPS-PTM

FISIKA

27

MULDARISNUR

PPS-PTM

FISIKA

28

ADLIS SANTONI

PPS-PTM

KIMIA

29

ADLIS SANTONI

PPS-PTM

KIMIA

30

DESWATI

PPS-PTM

KIMIA

31

DESWATI

PPS-PTM

KIMIA

32

NOVESAR JAMARUN

PPS-PTM

KIMIA

33

NOVESAR JAMARUN

PDKN

KIMIA

34

RAHMIANA ZEIN

PPS-PTM

KIMIA

35

RAHMIANA ZEIN

PPS-PTM

KIMIA

36

SUMARYATI SYUKUR

PPS-PDD

KIMIA

37

SUMARYATI SYUKUR

PPS-PTM

KIMIA

38

SYUKRI

PPS-PTM

KIMIA

39

SYUKRI ARIEF

PDKN

KIMIA

40

YETRIA RILDA

PPS-PTM

KIMIA

41

YULIA EKA PUTRI

PPS-PTM

KIMIA

42

YULIA EKA PUTRI

PPS-PTM

KIMIA

43

FERRA YANUAR

PDKN

MATEMATIKA

 

 

DOSEN FMIPA UNAND PENERIMA PENDANAAN PROGRAM PENELITIAN LANJUTAN YANG DIDANAI TAHUN ANGGARAN 2022

 

NO

NAMA

SKEMA

JURUSAN

1

DJONG HON TJONG

PPS-PMDSU

BIOLOGI

2

PUTRA SANTOSO

WCR

BIOLOGI

3

MARZUKI

WCR

FISIKA

4

NOVESAR JAMARUN

PPS-PDD

KIMIA

5

NOVESAR JAMARUN

PPS-PMDSU

KIMIA

6

RAHMIANA ZEIN

PPS-PDD

KIMIA

7

SUMARYATI SYUKUR

PPS-PDD

KIMIA

8

SYUKRI ARIEF

PPS-PDD

KIMIA

9

YETRIA RILDA

PD

KIMIA

10

DODI DEVIANTO

PDUPT

MATEMATIKA

Padang-FMIPA Unand - Fakultas MIPA Unand menyerahkan SK CPNS kepada Sembilan orang peserta seleksi penerimaan CPNS Kemdikbudristek - Universitas Andalas tahun 2021 yang telah dinyatakan lulus hingga tes tahap akhir. Acara ini diadakan pada Senin tanggal 25 April 2022 di ruang sidang Dekanat FMIPA Lantai 2. Penyerahan SK CPNS ini dilakukan secara simbolis oleh Dekan FMIPA Unand kepada dua orang CPNS yakni Mawanda Almuhayar, M.Sc, dan Resliany Natalia Oseva, A.Md oleh Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng

 

“Kepada CPNS semua kami ucapkan selamat bergabung di Fakultas MIPA Unand, kita sangat berharap koordinasi, konsolidasi dan kontribusinya dalam memajukan FMIPA dan Unand,“ demikian Prof. Syukri menyampaikan dalam sambutannya.

 Prof. Syukri juga menyampaikan bahwasannya penerimaan CPNS ini adalah kesempatan terakhir bagi Unand melakukan perekrutan pegawai melalui jalur PNS. Hal ini terkait dengan status Unand yang telah berubah menjadi PTNBH terhitung akhir tahun 2021 kemaren, sehingga kedepannya perekrutan pegawai yang dilakukan Unand adalah jalur Non PNS.

 Kesembilan CPNS FMIPA Unand terdiri dari tiga orang tenaga kependidikan dan enam orang tenaga dosen. Tiga orang tenaga kependidikan tersebut adalah Amelisa, A.Md, Resi Yunita,  A.Md, dan  Resliany Natalia Oseva, A.Md. Selanjutnya dari enam orang tenaga dosen, dua orang merupakan dosen Jurusan Matematika yakni Mawanda Almuhayar, M.Sc, dan Ikhlas Pratama Sandy M.Si, dua orang dosen Jurusan Fisika yakni Dr. Dedi Mardiansyah dan Dr. Ramacos Fardela, serta masing-masing satu orang  dosen Jurusan Kimia dan Biologi yakni Dr. Tio Putra Wendari dan Dr. Rita Maliza.

 Disamping penyerahan SK CPNS secara simbolis, dalam acara ini juga diadakan penandatanganan Pakta Integritas (Kontak Kinerja) antara Dekan dengan kesembilan orang lulusan CPNS tersebut.

 Hadir dalam acara ini Wakil Dekan 1 Dr.  Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan 2 Prof. Syamsuardi, Wakil Dekan 3 Dr. Jenizon, Ketua Jurusan Biologi Dr. Wilson Novarino, Ketua Jurusan Kimia Dr. Mai Efdi, dan Ketua Jurusan Fisika Dr. Afdhal Muttaqin.  Turut Hadir juga Koordinator Tata Usaha Yurizal, M.Sc, Sub Koordinator Umum dan Keuangan Eka Arianti, S.Kom, dan Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan Sosmiadi, M.Kom, serta beberapa  orang dari unsur tendik FMIPA Unand. [Alid]

 

Baitul Ilmi - FMIPA Unand, Keluarga besar Fakultas MIPA Unand mengadakan Kajian penutup bulan Ramadhan pada hari Kamis tanggal 28 April 2022 di Masjid Baitul Ilmi FMIPA Unand. Tausiah dalam kajian ini disampaikan langsung oleh Dekan FMIPA Prof. Syukri Arief. Dalam Tausiahnya, beliau menyampaikan agar kita tetap konsisten dalam beribadah di bulan ramadhan dari awal hingga akhir.

“ Layaknya lomba lari maraton, begitu juga bulan Ramadhan ini, banyak peserta yang ikut serta di awal lomba, namun tidak semua peserta bisa finis hingga akhir tujuan” demikian beliau sampaikan.

Beliau juga menyampaikan jangan sampai amal ibadah yang kita lakukan dibulan Ramadhan “dicuri” oleh hal-hal sepele yang kita lakukan sendiri, sehingga amal ibadah yang kita lakukan tersebut menjadi sia-sia dan tidak ada nilainya di sisi Allah SWT.

“ Diantara hal sia-sia tersebut adalah ketika kita melaksanakan Sholat, namun tidak sempurna gerakan rukuk dan sujudnya, tidak ada tuma’ninah diantara gerakan sholat kita tersebut, sehingga Allah SWT tidak menilai ibadah sholat yg kita lakukan tersebut dan menjadi sis-sialah apa yang telah kita kerjakan” lanjut Prof. Syukri Arief.

Dalam penutupan tausiahnya Prof. Syukri Arief menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh Keluarga Besar FMIPA Unand dan semoga kita semua bisa kembali berjumpa setelah selesai liburan nantinya dalam keadaan sehat dan tidak kurang satu apapun.

Turut hadir di acara yang di moderatori oleh Wakil Dekan 2 Prof. Syamsuardi ini Wakil Dekan 1 Dr.  Mahdhivan Syafwan,  Wakil Dekan 3 Dr. Jenizon, Koordinator Tata Usaha Yurizal, Msc, Sub.Koordinator Umum dan Keuangan Eka Arianti S.Kom, dan Sub. Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan Sosmiadi M.Kom, serta beberapa  orang dari unsur Tendik FMIPA Unand.

 Di akhir acara seluruh Keluarga Besar FMIPA yang hadir saling bersalaman untuk saling bermaaf-maafan.

Padang — Kampus Unand melalui Fakultas MIPA melakukan pembahasan mengenai pengangkatan Bukit Nobita sebagai sarana sains yang akan menjadi destinasi wisata sekaligus pusat pembelajaran sains untuk pengunjung. Selain itu juga sebagai pusat ekonomi kreatif di lingkungan Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg).

Kegiatan pembahasan yang dilakukan di Kantor Camat Lubeg pada tanggal 31 Maret 2022 tersebut tidak hanya diikuti oleh pihak kampus Unand tetapi juga OPD terkait, seperti Dinas Pariwisata, PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup. Juga turut hadir pemuka masyarakat dan niniak mamak.

Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas mengatakan, program ini merupakan program terpadu bersama Unand dan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang, dimana 11 Kecamatan yang ada di Kota Padang akan dibantu pengembangannya. Falkultas MIPA menjadikan Bukit Nobita sebagai tempat yang akan dikembangkan tersebut.

Informasi lebih lanjut silakan baca.