Potensi Flora Nusantara merupakan tema yang diusung dalam sebuah Seminar Nasional Biodiversitas Indonesia yang telah diselenggarakan oleh Jurusan Biologi FMIPA UNAND pada Sabtu 19 Juni 2021. Dimulai dengan pembukaan secara hybrid offline di Plaza FMIPA Unand dan online melalui platform Zoom conference. Acara ini dibuka oleh Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief M.Eng. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap keaktifan Jurusan Biologi FMIPA Unand dalam menyelenggarakan kegiatan webinar dengan mengundang para pakar dari seluruh penjuru nusantara. Beliau juga berharap agar kegiatan serupa juga dapat diangkatkan oleh jurusan lain di lingkungan FMIPA Unand. Disamping itu, acara ini juga dihadiri oleh Ketua IKABIO Hery Yusamandra, S.Si yang juga sangat menyambut baik upaya Jurusan Biologi dalam menggagas kegiatan seminar ini dengan telah mengundang 9 orang pemateri yang mana seluruhnya merupakan para alumni jurusan Biologi FMIPA Unand, yaitu Dra. Rosye H.R Tanjung, M.Sc., Ph.D (Universitas Cenderawasih), Prof. Dr. Ramadanil M.Si (Universitas Tadulako), Dr. Andam Surianty Ardan, S.Si, M.Si (Universitas Nusa Cendana), Dr. Medi Hendra, S.Si.,M.Si. (Universitas Mulawarman), Dr. Rafdinal, M.Si. (Universitas Tanjungpura), Destri, M.Si (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Prof. Dr. Syamsuardi MS. MSc (Universitas Andalas), Prof. Dr. Fitmawati, S.Si, M.Si (Universitas Riau), dan Dr. Nursahara Pasaribu, M.Sc (Universitas Sumatera Utara). Beliau juga menambahkan agar setiap kegiatan di Jurusan Biologi FMIPA Unand dapat selalu disinergikan dengan para alumni guna mengembangkan dan memajukan almamater tercinta. Ketua Panitia, Dr. Nurainas dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk berbagi ilmu, menginformasikan dan mendiskusikan temuan ilmiah pada beberapa kawasan di Indonesia.

 

Klik di sini untuk membaca berita lebih lanjut.

(Padang-FMIPA UNAND) Pada hari Sabtu 12 Juni 2021 telah dilaksanakan Sosialisasi KKN dan Program Fast-Track FMIPA Unand yang berlangsung secara online melalui aplikasi Zoom mulai pukul 13.30 hingga 15.45 WIB. Sosialisasi KKN disampaikan langsung oleh Kepala UPT KKN Unand saat ini, Dr. Ir. Ujang Khairul, M.P dan  Kepala UPT KKN Unand periode sebelumnya, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II FMIPA Unand. Acara ini dimoderatori oleh Oesamah, Pengurus BEM KM FMIPA Unand, dan diawali dengan sambutan pengantar dari Wakil Dekan I FMIPA UNAND, Dr. Mahdhivan Syafwan.

Acara ini dihadiri oleh ± 400 partisipan yang terdiri dari mahasiswa FMIPA angkatan 2018 dan angkatan 2019. Sosialisasi KKN sendiri merupakan salah satu rangkaian kuliah pembekalan bagi mahasiswa peserta KKN tahun 2021 yang difasilitasi oleh UPT KKN Unand. Pada sosialisasi kali ini banyak hal yang dibahas, seperti jenis pelaksanaan KKN tahun ini, tujuan serta mekanisme pelaksanaan KKN. “Dalam pelaksanaan KKN tahun ini, Unand bekerja sama dengan BPJS yang memberikan perlindungan asuransi terhadap risiko kecelakaan selama pelaksanaan KKN. Namun bagi mahasiswa yang telah terdaftar pada asuransi BPJS ataupun asuransi lainnya, diperbolehkan untuk tidak mendaftar lagi”, demikian penjelasan dari Dr. Ujang.

Kepala UPT KKN Unand ini kemudian menambahkan bahwa pelaksanaan KKN tahun ini dibagi atas tiga periode. Periode 2 direncanakan akan dimulai atau dilepas secara resmi oleh Rektor pada awal bulan Juli dengan masa KKN ± 40 hari. Untuk pembagian daerah sudah diberitahukan pada sosialisasi sebelumnya, sedangkan untuk pembagian kelompok per daerah akan diumumkan secepatnya oleh UPT KKN.

Sebelumnya Prof. Syamsuardi menjelaskan bahwa program KKN pada pelaksanaannya bersifat fleksibel sesuai dengan koordinasi mahasiswa KKN dengan aparat pemerintah di wilayah atau nagari lokasi KKN. Terdapat dua jenis program kerja yang harus dilakukan oleh mahasiswa, yaitu program kerja utama dan program kerja tambahan. Program kerja utama ini merupakan program kerja yang sesuai dengan bidang keilmuan jurusan masing-masing, sedangkan untuk program kerja tambahan diberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk merancangnya sesuai inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam menjawab permasalahan/kebutuhan masyarakat di lokasi KKN. “Jika semakin banyak program kerja tambahan yang dilakukan, maka akan semakin baik pula nilainya”, tambah Prof. Syamsuardi.

Pelaksanaan KKN periode 2 ini juga bertepatan dengan pelaksanaan penelitian bagi mahasiswa yang lolos didanai proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Terkait hal ini, Dr. Ujang menjelaskan solusi alternatifnya dengan memindahkan mahasiswa yang lulus PKM tersebut ke pelaksanaan KKN periode 3. Untuk periode 3 sendiri akan diinformasikan nantinya melalui website KKN Unand https://kkn.unand.ac.id/

Setelah sosialisasi KKN berakhir sekitar pukul 15.00 WIB, acara dilanjutkan dengan sosialisasi Program Fast-Track FMIPA Unand yang disampaikan oleh Dr. Mahdhivan Syafwan. Wakil Dekan I FMIPA Unand ini menjelaskan bahwa program fast-track merupakan sebuah pelaksanaan berkesinambungan program sarjana dan magister yang linier bagi mahasiswa yang berkemampuan tinggi mengembangkan dirinya secara optimal dalam waktu yang relatif singkat (5 tahun). Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa program fast-track ini sangat banyak manfaatnya, baik bagi mahasiswa yang mengikuti maupun bagi institusi. “Bagi mahasiswa, program fast-track dapat menghemat waktu dan sekaligus menghemat biaya pendidikan, sedangkan bagi institusi, program fast-track dapat meningkatkan mutu prodi magister karena input mahasiswa yang berkualitas”, jelas Dr. Mahdhivan.

            Penyelenggaraan kegiatan sosialisasi KKN dan program fast-track ini tidak terlepas dari peran aktif BEM FMIPA Unand, mulai dari promosi kegiatan, pengisi acara, hingga liputan berita. Secara umum, acara sosialisasi berjalan dengan lancar dan interaktif. Acara ini bisa disimak kembali melalui kanal youtube FMIPA Unand berikut ini. [BEM]

 

 

 

(Padang-FMIPA UNAND) Biodiversitas dan Konservasi Satwa Sumatera adalah tema yang diangkat pada acara MIPAnet School 2021 yang sukses digelar pada tanggal 14-16 Juni 2021 secara hybrid offline dan online oleh FMIPA Universitas Andalas (Unand). Program MIPAnet School 2021 merupakan kegiatan perkuliahan yang ditargetkan pada mahasiswa semester IV serta memiliki interest bidang konservasi satwa. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang langsung dibuka secara online oleh SekJend MIPAnet Prof. Dr. Hadi Suwono. Pada kesempatan ini, Dekan FMIPA Unand juga memberikan kata sambutan dengan menyampaikan bahwa Universitas Andalas memiliki para ahli konservasi yang concern baik di bidang flora maupun fauna.

Diikuti oleh 150 mahasiswa yang tersebar di 25 Universitas di Indonesia, kegiatan MIPAnet School hari pertama diisi dengan kuliah interaktif oleh ahli konservasi burung dan tapir Dr. Wilson Novarino dari Universitas Andalas. Dr. Wilson berbicara mengenai perspektif biodiversitas dan konservasi satwa liar yang diselingi diskusi hangat dengan para peserta. Selanjutnya, Prof. Dr. Ani Mardiastuti dari IPB University memberikan kuliah mengenai ekologi dan konservasi burung. Pada kesempatan kali ini, Prof. Ani juga memberikan beberapa case study dan diskusi menarik bersama para peserta tentang burung-burung di Indonesia.

 

Pada hari kedua, MIPAnet School dilanjutkan dengan beberapa materi menarik mengenai hewan kelompok primata oleh Dr. Andi Ang, Dr. Rizaldi dan Dr. Sri Suci Utami Atmoko. Membahas mengenai Diversity and Conservation of Colobine Monkey in Sumatera, Dr Andi Ang dari Mandai Institute of Singapore mengajak peserta berfikir kritis dan logis tentang konservasi monyet pemakan daun yang ada di Sumatera. Selanjutnya, kuliah diberikan oleh Dr. Rizaldi dari Universitas Andalas yang membahas tentang diversitas tingkah laku primata serta Dr. Sri Suci Utami Atmoko dari Universitas Nasional mengenai konservasi orang utan Sumatera. Pada sesi kali ini, peserta juga diberikan beberapa tugas kelompok untuk mendiskusikan isu-isu konservasi primata.

Hari terakhir, kegiatan MIPAnet school dilanjutkan dengan materi konservasi gajah dan harimau Sumatera oleh Dr. Sunarto dari Research Associate Universitas Indonesia. Kali ini, peserta diajak untuk berfikir kritis mengenai beberapa hal-hal yang mengacam keberadaan gajah dan harimau Sumatera. Di sesi akhir, para peserta diberikan case study dalam penyelesaiaan masalah terkait konflik antara manusia dan juga satwa liar yang dipandang dari segi konservasi dan juga kepentingan masyarakat.

 

Kegiatan MIPAnet diakhiri dengan sesi penutupan yang ditutup langsung secara offline dan online oleh WD 1 FMIPA Univeristas Andalas Dr. Mahdhivan Syafwan. Kali ini, Dr. Mahdhivan juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada para panita dan narasumber, yang diikuti dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber secara simbolik melewati media Zoom. Selain itu, pada sesi penutupan ini, Dr. Rizaldi selaku ketua panitia  menyampaikan evaluasi kegiatan MIPAnet School yang diikuti dengan pengumuman tiga peserta terbaik dalam acara ini. Peserta terbaik dipilih berdasarkan komponen penilaian partisipasi kelas, tugas mandiri, post test dan kehadiran peserta. Berdasarkan komponen ini, peserta terbaik tersebut adalah Dewi Permata Sari dari Universitas Sriwijaya, Dela Lidia dari Universitas Andalas, dan Angelin Rahma Safitri dari Universitas Islam Malang. Suksesnya acara MIPAnet school 2021 tentunya diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang komprehensif kepada peserta. Selain itu, para peserta diharapkan mampu berfikir dan bertindak sesuai dengan kaidah-kaidah konservasi. Keseluruhan rangkaian acara MIPAnet School 2021 dari awal sampai akhir, termasuk sesi-sesi perkuliahan, dapat disaksikan kembali melalui kanal youtube FMIPA Unand berikut. [SYR]

 

 

(Padang-FMIPA UNAND) Fakultas MIPA Universitas Andalas menjadi penyelenggara kegiatan MIPAnet School yang berlangsung pada tanggal 14 – 16 Juni 2021.  Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekjend MIPAnet Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si  ini bertemakan “ Biodiversitas dan Konservasi Satwa Pulau Sumatera”.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini yaitu Dr. Wilson Novarino (Universitas Andalas), Dr. Rizaldi (Universitas Andalas), Dr. Sri Suci Utami (Universitas Nasional), Dr. Sunarto (Universitas Indonesia), Prof. Dr. Ani Mardiastuti (IPB), serta Dr. Andie Ang (Research Scientist with Mandai Nature Singapore). Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta dari 24 perguruan tinggi di Indonesia.

Acara pembukaan MIPAnet School dilaksanakan tepat jam 08.30 WIB pada hari Senin 14 Juni 2021 yang berlangsung secara hybrid offline di Plaza FMIPA Universitas Andalas dan online melalui media platform Zoom meeting. Turut memberi sambutan dalam acara pembukaan yaitu Prof. Dr. Syukri Arief selaku Dekan Fakultas MIPA Universitas Andalas. Beliau menyampaikan bahwa topik MIPAnet School sekarang yang mengambil tema Konservasi Satwa Liar Sumatera sangat sejalan dengan visi Fakultas MIPA Universitas Andalas, yakni mewujudkan Fakultas MIPA yang unggul dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu dasar dan sumber daya alam serta menghasilkan lulusan yang berdaya saing pada tingkat Internasional di tahun 2028 nanti.

Prof. Syukri menambahkan bahwa networking bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan diri, akses sumber referensi, serta dukungan dari high profile individual. “Networking menjadi suatu yang krusial pada dekade belakangan ini, apalagi dengan kebijakan MBKM sekarang ini, karena itu MIPAnet perlu dikembangkan sampai tingkat kerjasama yang lebih kuat ke depannya”, jelas beliau.

Sementara itu, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si selaku Sekjend MIPAnet dalam sambutannya melalui media Zoom menyampaikan bahwa MIPAnet berkomitmen dalam mendukung konservasi dan biodiversitas di negara kita, salah satunya  melalui program MIPAnet School ini. “MIPAnet School ini merupakan salah satu program unggulan MIPAnet untuk memfasilitasi transfer of knowledge, transfer of experience, transfer of culture, antar mahasiswa maupun antar dosen. Dengan semangat MBKM, kita manfaatkan MIPAnet School ini sebagai salah satu kegiatan Merdeka Belajar, sehingga kegiatan ini dapat diekivalensi sebagai mata kuliah” demikian ditambahkan Sekjend MIPAnet tersebut.

Setelah dibuka secara resmi oleh Sekjend MIPAnet, prosesi pembukaan selanjutnya dilakukan secara simbolis dengan pemukulan tabuh oleh Dekan FMIPA Unand dan Dr. Rizaldi selaku Ketua Panitia, diiringi oleh para wakil dekan dan ketua jurusan se-lingkungan FMIPA Unand. Para peserta kemudian disuguhi penampilan menarik dari Tim Puisi FMIPA Unand yang membawakan musikalisasi puisi Tarjo Menjelma Air yang memberikan pesan dan refleksi tentang alam dan manusia. Acara pembukaan MIPAnet School 2021 ini bisa disaksikan kembali melalui kanal youtube FMIPA Unand berikut ini. [Alid]

 

(Padang-FMIPA UNAND) Fakultas MIPA Universitas Andalas kali ini mendapat kunjungan dari rombongan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional II Sumatera Barat pada hari Jumat, 28 Mei 2021. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) terkait Kesepakatan Kerjasama tentang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta bidang pengembangan sumber daya manusia pada kedua pihak.

Penandatanganan MoA ini berlangsung di ruang sidang lantai 2 Dekanat Fakultas MIPA Universitas Andalas. Dalam penandatanganan MoA kali ini , hadir langsung serta memberi sambutan, Prof. Dr. Syukri Arief selaku Dekan Fakultas MIPA Unand.

Prof. Syukri menyampaikan bahwa melalui pertemuan ini, serta penandatanganan MoA diharapkan menjadi langkah awal kerjasama yang baik antara kedua institusi. “ Dengan kerjasama ini akan membuka peluang bagi mahasiswa kita untuk belajar di PT KAI, dan dari sisi penelitian kita bisa timbal balik, mungkin saja permasalahan yang ada pada PT KAI bisa kita bantu menyelesaikannya, “ jelas Dekan Fakultas MIPA Unand tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa dengan kerjasama ini akan lebih mendekatkan pihak Kampus dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Pernyataan ini diamini oleh Bapak Miming Kuncoro, Kepala PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat. “Kami mewakili DUDI percaya bahwa keberadaan kami sekarang dan sampai seterusnya adalah karena dukungan dari lembaga pendidikan dan penelitian, selain tentunya dukungan dari produsen dalam negri,” tambah beliau.

Dalam penandatanganan MoA ini, dari Fakultas MIPA Unand ditandatangani oleh Prof. Dr. Syukri Arief, sedangkan dari pihak PT KAI ditandatangani oleh Bapak Miming Kuncoro. Hadir juga dalam acara ini Wakil Dekan I - Dr. Mahdhivan Syafwan dan Wakil Dekan II - Prof. Dr. Syamsuardi, pimpinan Jurusan se-lingkungan Fakultas MIPA, beberapa staf tendik Fakultas MIPA, dan rombongan dari pihak PT KAI.

Setelah penandatanganan MoA, acara dilanjutkan dengan sharing session yang membahas peluang-peluang kolaborasi yang dapat ditindaklanjuti antara Fakultas MIPA Unand dengan PT KAI secara umum dan Divisi Regional II Sumatera Barat secara khusus, termasuk memfasilitasi program-program MBKM. Sebelumnya, tim riset dari Jurusan Kimia FMIPA Unand telah memulai kolaborasi penelitian dengan PT KAI tentang penyebab coating pada gerbong kereta api, yang kemudian menginisiasi lahirnya MoA ini sehingga terbuka kesempatan kerjasama oleh seluruh jurusan di Fakultas MIPA Unand. [Alid]

(Padang-FMIPA UNAND) Keluarga besar FMIPA Unand menggelar kegiatan Halal bi Halal Idul Fitri 1442 H pada hari Jumat 21 Mei 2021. Acara ini diadakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan dihadiri oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa FMIPA Unand.

Bertindak sebagai pembawa acara adalah Gustri Eva Riza S. Kom, salah seorang tenaga kependidikan FMIPA Unand. Acara  dibuka  dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Abrar Abit Mahendra, salah seorang mahasiswa FMIPA Unand. Selanjutnya penyampaian kata sambutan oleh Dekan, Prof. Dr. Syukri Arief. “Bulan Ramadhan ini seperti suatu pelatihan bagi kita kaum muslimin, yang tiap tahun rutin kita ikuti, tentunya kita berharap dengan pelatihan ini dapat meningkatkan prilaku dan amalan kita ke arah yang lebih baik,” ujar beliau saat membuka acara Halal bi Halal.

Halal bi Halal dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah yang bertema “Bagaimana kita setelah Ramadhan” oleh Ust. Zulfi Akmal, Lc, MA. Beliau menyampaikan bahwa Allah swt telah menjanjikan keridhoan-Nya serta akan memasukkan ke dalam surga buat hamba-hamba-Nya yang istiqomah menjalankan ibadah. Dengan keistiqomahan dalam beribadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan, diharapkan kita akan mencapai derajat taqwa, yakni taat menjalankan perintah Allah swt sesuai kemampuan dan menghentikan segala hal yang dilarang.

Ust. Zulfi mengingatkan agar kita tetap melaksanakan segala amal ibadah yang kita kerjakan pada bulan Ramadhan kemaren pada bulan-bulan di luar bulan Ramadhan. “Jadilah kalian sebagai hamba-hamba Tuhan, bukan hamba bulan Ramadhan, yang taat dan tunduknya hanya pada bulan Ramdhan saja. Bagi hamba yang imannya betul-betul kokoh kepada Allah swt, dia taat pada bulan Ramadhan dan juga taat di luar bulan Ramadhan,” demikian penjelasan dari Ust. Zulfi.

Ust. Zulfi juga menyampaikan cara agar ketaqwaan dan keistiqomahan kita tetap terjaga. Pertama, selalu memelihara niat kita bahwa segala yang kita kerjakan semata-mata hanya karena Allah swt. Kedua, selalu menjauhkan diri dari makanan yang haram. Hal ini juga termasuk menjaga profesi pekerjaan kita dari hal-hal yang haram tanpa kita sadari, spt tidak disiplin, bermain-main di waktu kerja, tidak profesional dalam mengajar, dan lain-lain. Ketiga, selalu manjauhi perbuatan maksiat sejauh-jauhnya, baik maksiat secara indrawi maupun maksiat yang ada di dalam hati. Dengan menjaga ketiga hal tersebut di atas diharapkan kita akan tetap bisa melaksanakan ibadah secara istiqomah, sehingga kita akan tetap dapat melaksanakan ibadah-ibadah yang biasa kita lakukan di bulan Ramadhan pada bulan-bulan di luar bulan Ramadhan, meskipun jumlahnya tak sebanyak pada bulan Ramadhan.

Di bagian akhir tausiyahnya, Ust. Zulfi juga mengingatkan agar kita peduli dengan kondisi umat Islam di dunia, terutama saudara-saudara kita di Palestina yang masih terjajah dan hidup dalam kesengsaraan. Acara halal bi halal kemudian ditutup dengan doa yang langsung dipimpin oleh Ust. Zulfi. Rekaman acara halal bi halal dan tausiyah dari Ust. Zulfi Akmal, Lc MA dapat disimak kembali melalui link berikut ini. [Alid]

(Padang-FMIPA Unand) Pada hari Minggu 25 April 2021, FMIPA Universitas Andalas (Unand) menggelar webinar "MIPAshare Spesial Ramadhan" untuk seri Kimia. Acara dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng.  Webinar MIPAshare perdana ini dimulai pukul 09.10 dan dihadiri lebih dari 100 peserta.

Setelah pemutaran video profil FMIPA Unand, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi “Proses elektrokimia untuk teknologi hijau” oleh Prof. Dr. Emriadi, salah seorang Guru Besar Kimia FMIPA Unand Bidang Kimia Fisika. Selanjutnya Dr. Zulhadjri selaku Ketua Prodi S2 Kimia FMIPA Unand memperkenalkan  Prodi S2 Kimia dan penampilan video profil Jurusan Kimia.

Acara webinar kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi “Medicinal Chemistry and Marine Biotechnology” oleh Dr. Masteria Yunovilsa Putra, alumni Kimia FMIPA Universitas Andalas yang sekarang bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonsesia (LIPI). Terakhir, sepenggal cerita perjalanan alumni S2 Kimia FMIPA Unand yang baru saja lulus S3 di Osaka University-Jepang, Rycce Silviana Pratikha, Ph.D, melengkapi seluruh rangkaian acara MIPAshare perdana tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Dekan I FMIPA Unand, Dr. Mahdhivan Syafwan, menjelaskan bahwa MIPAshare ini diangkat oleh perwakilan mahasiswa S2 FMIPA Unand dan bertujuan untuk berbagi informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang peran sains dalam kehidupan, sekaligus sebagai ajang sosialisasi dalam memperkenalkan FMIPA Unand. “Di bulan suci Ramadhan ini, MIPAshare akan diadakan empat kali masing-masing untuk Kimia, Matematika, Biologi dan Fisika, dan akan dilanjutkan rutin setelahnya”, demikian tambah beliau.

Meskipun koneksi telkom dan telkomsel tiba-tiba hilang di akhir sesi, namun kegiatan tetap berjalan hingga penutupan. Kegiatan diikuti dengan antusias oleh peserta, bahkan tercatat ada peserta dari Riau dan Maluku yang bertanya dalam sesi diskusi. Kepada peserta yang aktif berpartisipasi selama acara diberikan doorprize oleh panitia. Bagi yang ingin menyimak rekaman video acara MIPAshare kimia ini  dapat melihatnya disini [Nia]

(Padang-FMIPA Unand) Fakultas MIPA Universitas Andalas mengadakan Penandatanganan Kontrak Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tahun 2021 yang berlangsung secara hibrid, online via platform Zoom Meeting dan offline di Ruang Sidang Dekanat Fakultas MIPA Universitas Andalas, pada hari Jumat (30/4).

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian laporan oleh Dr. Mahdhivan Syafwan selaku Wakil Dekan I Fakultas MIPA. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan permintaan maaf atas penundaan acara penandatanganan kontrak yang pada awalnya direncanakan pada Rabu, (21/4), berhubung banyak teknis administrasi yang harus dipersiapkan. Beliau juga menyampaikan, berdasarkan seleksi administrasi dan penilaian dari reviewer bersertifikat yang ditugaskan oleh LPPM Unand, maka dari 50 buah proposal yang masuk ditetapkan sebanyak 38 buah proposal yang lolos didanai, yang terdiri dari 25 proposal penelitian dan 13 proposal pengabdian.

Hibah Penelitian yang didanai dari PNBP FMIPA Unand ini terdiri dari 3 skim, yakni Dosen Pemula, Riset Dasar, dan Riset Kerjasama (Penugasan). Total dana hibah penelitian pada tahun 2021 ini sebesar 901,66 juta rupiah. Sementara itu total dana hibah pengabdian masyarakat adalah sebesar 65 juta rupiah. Secara umum, total dana penelitian dan pengabdian yang dialokasikan di tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Pada kegiatan ini Dekan Fakultas MIPA, Prof. Dr. Syukri Arif, menyampaikan ucapan selamat kepada para dosen FMIPA yang telah berhasil memperoleh hibah penelitian dan pengabdian ini. “Kita sengaja gelar acara penandatanganan kontrak ini untuk menunjukkan keseriusan kita semua dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian, sehingga hasilnya betul-betul akan mengangkat kinerja Jurusan dan Fakultas serta kinerja bapak/ibu dosen peneliti dan pengabdi”, jelas Dekan FMIPA. Selanjutnya beliau juga berharap dengan penelitian dan pengabdian ini nantinya akan meningkatkan Indikator Kerja Utama (IKU) Universitas Andalas dengan meningkatnya jumlah luaran publikasi dari para dosen.

Kegiatan ini selanjutnya ditutup dengan penandatangan kontrak oleh ketua tim peneliti dan pengabdi. [Alid]

 

 

 

(Padang-FMIPA UNAND) Aqil Fadhlullah, Mahasiswa Biologi FMIPA Unand berhasil meraih juara satu lomba fotografi tingkat Nasional EXOSS (Explore Society With Soft Skill) yang diadakan oleh BEM Unisba pada tanggal 7 Maret – 10 April 2021 untuk kategori Pelestarian Budaya. 

Aqil Fadhlullah terpilih menjadi juara dengan hasil fotonya pada saat event Pacu Jawi di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Foto ini adalah hasil jepretannya dalam event Pacu Jawi beberapa tahun yang lalu yang masih disimpannya bersama koleksi fotonya yang lain.

“ Dalam lomba EXOSS (Explore Society With Soft Skill) itu saya mengajukan foto salah satu penunggang Jawi yang sedang berlomba di acara Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar” pungkasnya.

Prestasi ini merupakan kemenangannya yang ke 3 bagi aqil di tahun 2021 ini. Sebelumnya Aqil juga berhasil meraih Juara I dalam lomba fotografi AMIK FEST 2021, dan Juara II lomba Fotografi kategori Keanekaragaman Hayati pada acara KOMPAS UBB COMPETITION.

Berhasil menjadi juara dalam kompetisi ini,  Aqil Fadhlullah menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mendukungnya mulai dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan. Dia berharap capaian prestasi yang diraih dapat memotivasi mahasiswa Unand lainnya untuk lebih berprestasi.[Alid]

Kamis, 22 April 2021 13:55

FMIPA UNAND Memperingati Hari Bumi

(Padang-FMIPA UNAND). Hari Bumi secara umum setiap tanggal 22 April diperingati sebagai hari aksi untuk mengubah perilaku manusia dan menciptakan perubahan kebijakan global, nasional, dan lokal. Hari bumi memberikan dampak perubahan terhadap kelestarian lingkungan. Sebetulnya masalah menjaga bumi sudah tegas dinyatakan dalam beberapa surat dalam Alquran, sebagai contoh Surat Ar-Rum (30): 41-42 yang artinya: “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (QS. Ar Rum 41-42).

Ayat tersebut dengan jelas menyatakan bahwa segala kerusakan di muka bumi ini adalah akibat ulah manusia yang akibatnya akan kembali kepada manusia itu sendiri. Berkait dengan hal tersebut, FMIPA UNAND bekerjasama dengan KCA Rafflesia melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan dan menjaga bumi melalui acara menanam pohon langka & identitas Sumatra Barat, yaitu pohon andalas (Morus macroura var. macroura) yang juga nama institusi Universitas Andalas. acara dibuka oleh Dekan (Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng) yang dihadiri oleh peneliti pohon andalas yakni Prof. Dr. Syamsuardi, M.ScProf. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MSDr. Tesri Maideliza, M.Si, M.Sc, dan Pengurus KCA Rafflesia dan UKMF di Fakultas MIPA. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan jiwa/spirit mencintai bumi semakin meningkat. Dengan menanam pohon tersebut sekaligus mengingatkan kita tentang untuk melestarikan biodiverstas khas,  pohon andalas yang  menjadi rekognisi Nama Universitas Andalas [Anes Piliang].

 

 

Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar