(Padang-FMIPA UNAND)Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona, pemeriksaan suhu tubuh menjadi suatu keharusan dalam masa “New Normal” ini. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh berupa Thermo Gun. Thermo gun pada dasarnya adalah termometer infrared yang mengukur temperatur atau suhu tanpa bersentuhan dengan obyek yang akan diukur suhunya.

(Padang-FMIPA UNAND) Dua hari jelang Idul Fitri, kelompok mahasiswa FMIPA Unand yang tengah KKN Tematik Cegah Covid-19 mengadakan sebuah Webinar, pertemuan online lewat media Zoom.

(Padang-FMIPA UNAND) Beragam upaya terus dilakukan berbagai kalangan dalam rangka menekan penyebaran pandemi COVID-19. Sebuah ide kreatif  dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik Fakultas MIPA Universitas Andalas (UNAND). Mahasiswa yang dibimbing oleh Dr. Susila Bahri  menciptakan inovasi dengan meramu beberapa minuman herbal yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

(Padang-FMIPA UNAND) Untuk membantu pananggulangan Covid-19, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (Unand), melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik sejak 30 April.

(Padang-FMIPA UNAND) Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat 20-an orang mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unand memberikan kontribusi kepada masyarakat.

(Padang-FMIPA UNAND) Aktivitas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (UNAND) tahun ini berbeda dari tahun-tahun biasanya. COVID-19 yang telah menjadi pandemi membuat kegiatan KKN diganti dengan KKN Tematik Pencegahan COVID1-9 di daerah mahasiswa masing-masing.

(Padang-FMIPA UNAND). Terhitung sejak sejak 30/04/2020, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tematik pencegahan COVID-19. Kegiatan KKN Tematik FMIPA UNAND merupakan wujud dukungan kampus yang berada di Limau Manis ini terhadap program penanggulangan dan pencegahan COVID-19.  Program KKN ini menyasar  lingkungan tempat tinggal mahasiswa sendiri dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

(Padang-FMIPA UNAND)-Sebagian masyarakat di Sumatera Barat, tetap melaksanakan Shalat Idul Fitri di luar rumah, Minggu (24/5/2020). Kendati demikian, aparat, takmir masjid, dan perangkat nagari atau desa tetap melakukan berbagai upaya agar pelaksanaan shalat tetap berpegang pada protokol kesehatan berkaitan dengan pencegahan COVID-19.

(Padang-Matematika Unand) Pandemi Covid-19 telah berdampak secara sistemik dan multidimensional pada hampir semua aspek kehidupan masyarakat, tak terkecuali masyarakat di lingkungan kampus Unand Limau Manis Padang. Menyikapi hal tersebut, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (Unand) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu upaya dalam memberdayakan ekonomi masyarakat yang terkena dampak.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada hari Rabu (13/5) dalam bentuk pembagian paket sembako kepada masyarakat di lingkungan kampus FMIPA Unand yang paling berdampak, yaitu para petugas kebersihan dan penjaga keamanan. Ketika diwawancara di lokasi kegiatan, Dr. Admi Nazra selaku ketua pelaksana kegiatan pengabdian ini menjelaskan, “Masyarakat yang kita bidik adalah mereka yang paling dekat dengan kita, yang ada di depan mata kita, dan yang selama ini bergaul bersama kita. Mereka adalah para petugas kebersihan dan penjaga keamanaan di lingkungan FMIPA Unand yang selama ini bekerja demi kenyamanan dan keamanan kampus, tetapi memiliki penghasilan yang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup”. Dr. Admi menambahkan bahwa kegiatan pengabdian ini didanai oleh fakultas dan ditambah donasi dari dosen-dosen Jurusan Matematika yang berniat untuk membantu sesama di bulan suci Ramadhan.

Readmore

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat 20 orang mahasiswa dari Jurusan Kimia FMIPA Unand untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sejumlah daerah di Sumbar, Riau, Batam, Sumut dan Sumsel. 

Menurut Imelda, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kegiatan difokuskan pada upaya yang mendukung penanggulangan virus corona secara daring melalui media sosial Whatsapp, Instagram dan Blogspot. Selain itu mahasiswa juga melakukan kegiatan lapangan dengan berpartisipasi aktif di daerah domisili masing-masing yang pelaksanaannya tentu saja sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

Sertifikat Webinar "Menggapai Mimpi" FMIPA Unand 27 Juni Juni 2020 Klik Link
Toggle Bar