""

(Padang-Unand) Fakultas MIPA Unand kembali raih prestasi membanggakan di tingkat Nasional setelah salah seorang mahasiswanya berhasil meraih medali pada perhelatan final ONMIPA-PT Tahun 2022. Zahara Zettira, mahasiswi Departemen Fisika, berhasil menggondol medali Perunggu Bidang Fisika pada Kompetisi yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya pada 20 – 24 September 2022 lalu. Zahara Zettira berhasil mengulangi prestasinya di tahun 2021 yang juga sukses meraih medali Perunggu pada kompetisi ini.

Atas capaian ini Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief menyampaikan rasa syukur dan bangganya kepada mahasiswa yang telah berjuang mengharumkan nama FMIPA Unand di kancah Nasional. “ Kita bersyukur perjuangan dalam beberapa bulan terakhir terbayarkan dengan raihan prestasi ini, semoga prestasi ini bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi pada kompetisi mendatang “.

Tidak lupa Prof. Syukri menyampaikan rasa apresiasi dan terimakasihnya kepada seluruh pihak terkait yang telah berjuang selama beberapa bulan terakhir dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk berkompetisi pada ONMIPA PT Tahun 2022 ini. “Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa, dosen pembina beserta tendik yang terlibat dalam kompetisi ini, serta atas dukungan dari Direktorat Kemahasiswaan Unand, dan semua pihak terkait yang tidak bisa kami ucapkan satu persatu”.

Dengan raihan satu medali Perunggu ini, Universitas Andalas menempati peringkat 15 secara nasional pada Kompetisi ini. Juara Umum diraih oleh Institut Teknologi Bandung dengan raihan 4 medali Emas, 7 medali Perak, 2 medali Perunggu, dan 1 Honorable Mention.  Tempat ke 2 diduduki oleh Universitas Indonesia dengan 4 medali Emas, 3 medali Perak dan 6 medali Perunggu. Sementara Universitas Gadjah Mada menempati peringkat ke 3 dengan 2 medali Emas, 3 medali Perak, 5 medali Perunggu, serta 3 Honorable Mention. [Alid]

(Padang-Unand) Prof. Syukri Arief-Dekan FMIPA Unand-melepas keberangkatan 9 mahasiswa FMIPA pada Jumat (16/9/2022) untuk berkompetisi pada ajang ONMIPA tingkat Nasional di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kesembilan orang mahasiswa tersebut akan bersaing pada Bidang Matematika (3 orang), Bidang Fisika (3 orang), Bidang Kimia (1 orang), serta Bidang Biologi (2 orang).

“Kami ucapkan selamat berjuang kepada ananda semua, semoga ananda bisa mengharumkan nama Unand serta FMIPA khususnya di tingkat Nasional. Tentunya kami berharap masing-masing ananda berhasil membawa pulang medali nantinya,” ujar beliau.

“Yang terpenting kita jangan kalah mental dalam kompetisi ini, dengan mental yang kuat tentunya kepercayaan diri akan meningkat dan kita bisa bersaing dengan lebih baik di kompetisi ini,” tambah beliau.

Perjuangan mahasiswa FMIPA ini juga mendapat dukungan dari Rektor Unand Prof. Yuliandri, melalui Direktur Kemahasiswaan Unand–Khandra Fahmy, Ph.D. Beliau menyampaikan dukungannya agar para mahasiswa yang berkompetisi pada ONMIPA tahun 2022 ini bisa menjaga nama baik Unand serta menjadi pendongkrak IKU Unand nantinya dengan berhasil membawa medali dari kompetisi ini.

“Karena keberhasilan mahasiswa meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional akan menjadi salah satu indikator penunjang IKU Unand” jelas Khandra Fahmy.

Untuk persiapan ONMIPA tingkat Nasional yang akan berlangsung pada tanggal 20 – 24 September 2022 ini, FMIPA dengan didukung oleh Direktorat Kemahasiswaan Unand telah mengadakan Training Camp ke-3 pada tanggal 29 Agustus 2022 s.d 16 September 2022. Atas terlaksananya TC 3 ini Wakil Dekan I FMIPA Unand Dr. Mahdhivan Syafwan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak terkait.

Dalam acara pelepasan ini turut hadir Wakil Dekan I FMIPA Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan II Prof. Dr. Syamsuardi, Direktur Kemahasiswaan Unand Khandra Fahmy, Ph.D, Ketua Departemen Matematika dan Sains Data Dr. Yanita, Koordinator Bidang pada Training Camp, yakni Trengginas Eka Putra Sutantyo, M.Si (Fisika), Dr. Diana Vanda Wellia (Kimia), dan Dr. Noverina Alfiani (Matematika), serta staf Kemahasiswaan FMIPA Tri Handayani S.Si. Acara pelepasan dilakukan secara santai di Gazeebo FMIPA dan dilanjutkan kemudian dengan pembahasan teknis keberangkatan dan persiapan lomba bersama Bapak Asrif Yanto-Staf Direktorat Kemahasiswaan Unand.

Sebelumnya pada hari Rabu (14/9/2022) kesembilan orang mahasiswa FMIPA ini juga dilepas oleh Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri di Ruang Rektor, yang dihadiri juga oleh Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Mansyurdin dan Direktur Kemahasiswaan Unand Khandra Fahmy, Ph.D. [Alid]

 

 

Foto-Foto:

 

 

 

 

 

 

Padang, FMIPA Unand – Fakultas MIPA Unand kembali mengadakan Acara Penyerahan Ijazah pada periode Wisuda IV yang digelar secara luring di gedung Convention Hall Unand Sabtu, 10 September 2022. Pada wisuda kali ini Fakultas MIPA meluluskan sebanyak 149 orang wisudawan yang terdiri atas 52 orang wisudawan Prodi S1 Biologi, 21 wisudawan Prodi S1 Matematika, 43 orang wisudawan Prodi S1 Kimia, 15 orang wisudawan Prodi S1 Fisika, 2 orang wisudawan Program Magister Fisika, 4 orang wisudawan Program Magister Biologi, 7 orang wisudawan Program Magister Matematika, 1 orang wisudawan Program Magister Kimia, 2 orang wisudawan Program Doktor Ilmu Kimia,  serta 1 orang wisudawan Program Doktor Biologi.

Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Dr. Syukrie Arief, M.Eng mengucapkan selamat kepada para wisudawan, “Pertama, kami atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan, semoga apa yang didapatkan selama pendidikan di Fakultas MIPA Unand bisa dimanfaatkan dan bisa digunakan untuk masa depan yang lebih baik lagi”

“Selanjutnya kami ucapkan terimakasih kepada orang tua/wali yang telah memberikan kepercayaannya kepada Fakultas MIPA untuk membimbing dan membina hingga para mahasiswa berhasil menyelesaikan Program Sarjana, Program Magister maupun Program Doktoralnya di sini,” tambah Prof. Syukri.

Dari 149 orang wisudawan tersebut, yang lulus dengan predikat Cumlaude adalah sebanyak 82 orang, 35 orang dari Prodi S1 Biologi, 4 orang dari Prodi S1 Matematika, 28 orang dari Prodi S1 Kimia, 6 orang dari Prodi S1 Fisika, 3 orang dari Program Magister Biologi, 3 orang dari Program Magister Matematika, 1 orang dari Program Magister Kimia, serta 2 orang dari Program Doktor Ilmu Kimia.

Sementara itu untuk wisudawan Lulusan Terbaik dari masing-masing prodi pada wisuda kali ini adalah Kiki Dwi Liani (S1 Biologi), Atika Syafawi (S1 Kimia), Arief Farhan Karimi (S1 Matematika), Desy Yulia Ningsih (S1 Fisika), Jofi Satrio Purnomo (Magister Kimia) serta Ahmad Hafizullah Ritonga  (Doktoral Kimia).

Kiki Dwi Liani didapuk menjadi lulusan terbaik Program Sarjana. Kiki–demikian dia biasa dipanggil—terpilih sebagai wisudawan terbaik setelah berhasil menamatkan studi S1 dalam waktu 4 Tahun 0 bulan dengan IPK 3,97. 

“Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari bimbingan Bapak/Ibu dosen, yang dengan ikhlas mendidik, mentransfer ilmu pengetahuan, membantu kami mengembangkan potensi dan mengantar kami menjadi insan yang lebih baik,” demikian Kiki menyampaikan rasa terima kasihnya atas raihannya ini.

Tidak lupa mahasiswi kelahiran Beringin Jaya ini menyampaikan rasa terima kasih kepada orang-orang tercinta terkhusus kedua orang tuanya, “Terimakasih setinggi-tingginya dan setulusnya kepada orang tua kami, untuk setiap peluh dan keringat yang jatuh demi kelancaran studi kami, untuk setiap air mata yang jatuh mengiringi sujud-sujud penuh doa untuk kami”. [Alid]

Padang (Unand) – Sebanyak sepuluh orang mahasiswa Universitas Andalas mengikuti program Credit Earning kuliah satu semester di universitas yang berada di Malaysia dan Thailand.

Kepala Kantor Layanan Internasional Vonny Indah Mutiara, Ph. D mengemukakan Juni lalu, Universitas Andalas telah melepas tujuh mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2022.

“Saat ini ada sepuluh mahasiswa Universitas Andalas yang akan kuliah di perguruan tinggi yang ada di Malaysia seperti Universiti Putra Malaysia, Universiti Malaysia Pahang, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Malaysia Sabah, University of Malaya, dan Universiti Teknologi Malaysia, sedangkan untuk Thailand yakni Prince of Songkla University,” sambungnya.

Disebutkannya sepuluh mahasiswa tersebut yakni Hafizul Ihsan (Pertanian), Nihlatul Maula (Pertanian), Friska Rahma Ariqah ( Teknik), Sarah Anandhita Putri ( Teknik), Nadia Maharani (Ilmu Budaya), M.Subarkah (Ilmu Budaya), Puan Tasha Imroatusholihat ( ISIP), Salsabila Aurellia (MIPA), dan Mayke Kartika (MIPA).

Informasi lebih lanjut, silakan baca disini

CAMAT Lubuk Begalung, Heriza Syafani, S.STP, M.PA. menyampaikan optimisme dan dukungan yang tinggi pada program penyelenggararaan Mahasiswa Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di wilayahnya terutama di Kelurahan Kampung Jua Nan XX yang akan diselenggarakan selama satu semester pembelajaran.

Melalui kegiatan yang akan diikuti 21 orang mahasiswa FMIPA ini, Camat Lubuk Begalung berharap adanya kontribusi mahasiswa FMIPA Universitas Andalas berbagai bidang dan utamanya mengangkat potensi daerah ekowisata Bukit Nobita akan berpengaruh positif terhadap berbagai aspek, utamanya bagi geliat perekonomian, ilmu pengetahuan dan potensi budaya dengan kearifan lokal.

Harapan tersebut disampaikan Camat Berprestasi Kota Padang ini pada Rabu, 31 Agustus 2022 lalu, bertepatan saat Camat Heriza Syafani menerima penyerahan Mahasiswa Peserta MBKM dari Wakil Dekan 1 FMIPA UNAND Dr. Mahdhivan Syafwan kepada Camat Lubuk begalung dan Lurah Kampung Jua Nan XX, Yuliar S. Sos, MM, bertempat di Aula Kantor Camat Lubuk Begalung.

Info lebih lanjut, silakan baca disini

 

Padang, FMIPA Unand - Fakultas MIPA Unand menyambut kunjungan dari Universitasn Bengkulu pada Selasa, 30 Agustus 2022 di ruang sidang Dekanat lantai 2. Dalam kunjungan ini Unib diwakili oleh beberapa orang Dosen diantaranya Dr. Mulia Astuti, Wiwit Alwi, dan Dr, Supriyadi dari Fakultas MIPA Unib. Kunjungan dari Unib disambut langsung oleh Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan 2 Prof. Syamsuardi, serta beberapa dosen perwakilan Departemen.

 Prof. Syukri Arief menyambut kunjungan Unib ini dengan senang hati dan penuh antusias, beliau berharap kunjungan ini menjadi awal kedua Perguruan Tinggi untuk melakukan kolaborasi kedepannya. “Dengan kunjungan ini tentunya kita bisa saling sharing tentang berbagai hal, dan semoga ini bisa menjadi pembuka jalan untuk kita bisa berkolaborasi dalam berbagai bidang nantinya” ujar beliau.

 Selanjutnya dalam sesi diskusi kedua belah pihak membahas berbagai macam hal diantaranya tentang program Pengabdian dan Penelitian, Kolaborasi Riset, serta tentang MBKM. Khusus tentang MBKM di Fakultas MIPA, Dr. Mahdhivan Syafwan menjelaskan secara langsung teknis serta pedoman pelaksanaannya kepada Tim dosen dari Unib.

Setelah diskusi singkat yang berlangsung hangat, perwakilan Unib melanjutkan kunjungan ke tiap Departemen di Fakultas MIPA, terutama kunjungan ke Laboratorium pendidikan dan penelitian yang ada di masing-masing departemen. Sharing tentang Pelaksaan Praktikum dan Penelitian yang benar dan aman di Laboratorium tentunya menjadi pokok diskusi utama disini.

 Kunjungan yang dilakukan Unib ini adalah dalam rangka lecturer mobility untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Unib serta IKU Unand tentunya. IKU merupakan indikator kinerja suatu instansi, utamanya dalam mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Setiap lembaga atau instansi pemerintah wajib merumuskan indikator kinerja utama, dan menjadikan hal itu sebagai prioritas utama. Untuk mendapatkan ukuran sejauh mana keberhasilan dan pencapaian yang telah diraih organisasi tersebut selama beberapa waktu terakhir. Ukuran tersebut nantinya akan dijadikan patokan untuk meningkatkan kualitas kinerja instansi tersebut.

           

(Padang, FMIPA Unand) – Fakultas MIPA Universitas Andalas menyambut 464 mahasiswa baru program sarjana tahun ajaran 2022-2023 dengan acara BAKTI (Bimbingan Aktifitas Kampus dalam Tradisi Ilmiah) yang berlangsung selama 3 hari, Kamis hingga Sabtu (18-20 Agustus 2022). Acara BAKTI di FMIPA ini merupakan kelanjutan dari acara BAKTI di tingkat Unand yang diadakan pada 16 Agustus 2022. Acara ini tentunya ditujukan untuk pengenalan kehidupan kampus secara umum dan pengenalan perkuliahan di Fakultas MIPA khususnya.

Pembukaan acara BAKTI dilakukan di Gazebo Fakultas MIPA dan dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng. “Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi bagian keluarga besar Fakultas MIPA Universitas Andalas,” sambut beliau.

Kegiatan BAKTI kemudian diisi dengan pemaparan materi Profil Fakultas MIPA Unand, pengenalan akademik dan kemahasiswaan, serta pengenalan fasilitas dan layanan umum di Fakultas MIPA. Materi tersebut langsung disampaikan masing-masing oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan, dan Wakil Dekan II Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc.

Dekan berharap lahir mahasiswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.
Beliau berpesan bahwa mahasiswa FMIPA adalah agen perubahan dan pembangunan yang harus menebar informasi secara baik dan berkelanjutan tentang FMIPA dan Unand yang diperlukan oleh masyarakat.

Kegiatan BAKTI FMIPA Universitas Andalas tahun 2022 ini telah dipersiapkan jauh hari oleh kepanitiaan mahasiswa yang dikoordinir oleh Rijallul Fikri Rahmadani. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Being Young Scientist with Integrity, Faithful, and Innovative” dengan maskot Burung Hantu bernama “Jeluka”.

Selain pemaparan dari pimpinan fakultas, kegiatan BAKTI juga diisi dengan berbagi pembekalan dan pengalaman bersama mahasiswa tingkat atas dan alumni, seperti panggung MIPA berprestasi, pengenalan lembaga-lembaga kemahasiswaan di FMIPA, talkshow inspiratif, dan pembuatan CV. Di samping itu juga dilakukan pengenalan terhadap civitas akademika dan penjelasan kurikulum di departemen masing-masing.

Dalam acara BAKTI tersebut juga diadakan Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana pada Jumat 19 Agustus 2022, dan pertemuan antara orang tua/wali mahasiswa baru dengan pimpinan Fakultas MIPA pada Sabtu 20 Agustus 2022. Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana dilakukan untuk memberikan pengenalan fakultas dan prodi-prodi pasca, aturan dan ketentuan akademik, serta hal-hal lain yang terkait penelitian dan kegiatan-kegiatan ilmiah yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa pasca.

Adapun pertemuan orangtua/wali bertujuan untuk menyamakan pandangan antara pihak fakultas dengan orang tua/wali. Dalam paparannya, Wakil Dekan I menyampaikan bahwa keberhasilan perkuliahan seorang mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh baiknya proses belajar mengajar di kampus, namun juga ditentukan oleh dukungan, motivasi dan pemantauan dari pihak keluarga, orang tua/wali khususnya.

“Kami berharap dengan adanya pertemuan ini, orang tua/wali mahasiswa akan lebih paham tentang dinamika perkuliahan di Fakultas MIPA ke depannya, dan tentunya dengan pemahaman tersebut kita semua berharap akan lebih meminimalisir jumlah kasus mahasiswa yang gagal menyelesaikan perkuliahan nantinya,” demikian Mahdhivan menambahkan. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang punya prestasi baik secara akademik dan non akademik mempunyai peluang besar dalam pengembangan dirinya lebih lanjut, seperti dukungan penuh dalam berbagai kompetisi nasional dan internasional, program student mobility dan credit earning ke luar negeri yang rutin dilakukan, baik didanai dari Kementrian, Unand, fakultas maupun departemen.  

Pelaksanaan acara BAKTI tahun 2022 ini dilaksanakan untuk pertamakalinya secara full luring setelah pandemi. Acara BAKTI ditutup menjelang dzuhur pada hari Sabtu 20 Agustus 2022 di Gazebo Fakultas MIPA oleh Wakil Dekan I. Beliau mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih setingginya kepada seluruh panitia dan pihak yang terlibat atas kelancaran dan kesuksesan kegiatan BAKTI di FMIPA Unand tahun 2022 ini. [Alid]

 

 

1. Persyaratan Pendaftaran
Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Rektor Nomor 7 Tahun 2022 pasal 303 (3) calon peserta Program Doktor Jalur Penelitian, harus memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut:
a. Memiliki ijazah Program Magister (S2) terakreditasi minimal B atau Baik Sekali, dalam bidang ilmu yang sama.
b. Memiliki rencana riset yang ditulis minimal sebanyak 1000 kata.
c. Mendapat ijin dari pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja
d. Mendapat rekomendasi dari dua orang yang mengetahui kelayakan akademik yang bersangkutan,
e. Surat kesediaan calon pembimbing dari dosen tetap program studi, dan
f. Memiliki skor ujian Bahasa Inggris (TOEFL institutional) paling rendah 500 (lima ratus) yang diterbitkan oleh Unit Pelayanan Teknis Pusat Bahasa UNAND.
g. Memiliki publikasi paling sedikit 1 (satu) artikel ilmiah minimal pada jurnal Sinta 3 atau Jurnal international terindeks sebagai penulis utama.


Disamping persyaratan administrasi tersebut, calon peserta harus memenuhi persyaratan akademik sebagai berikut:
1. Memiliki IPK :
a. > 3,50 (sama atau besar dari tiga koma lima nol) apabila peserta berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul dan program studi magister terakreditasi A/Unggul, atau
b. > 3,75 (sama atau besar dari tiga koma tujuh lima) apabila peserta berasal dari perguruan tinggi terakreditasi B/Baik Sekali dan program studi magister terakreditasi A/Unggul, atau perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul dan program studi magister terakreditasi B/Baik Sekali,
Secara khusus, Program Doktor Jalur Penelitian di Unand juga menerima pelamar program Doktor dari lulusan Sarjana (S1) yang dinilai sangat berkualitas berdasar prestasi akademik (IPK > 3,5), terutama lulusan dengan predikat terbaik atau dengan pujian, serta nilai terbaik (A) dari hasil penelitian tugas akhirnya (skripsi).

Program ini merujuk kepada Program dari DIKTI yang disebut PMDSU (Program Pendidikan Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul). Penilaian kelayakan lulusan Sarjana ini diberikan oleh Promotor yang akan mendampinginya. Lulusan S1 yang diterima untuk mengikuti Program Doktor, diharuskan untuk mengikuti sejumlah kegiatan akademik setingkat S2, minimum sebanyak 30 sks. Hasil akademik selama kegiatan setingkat S2 tersebut, akan menentukan status kelanjutannya mengikuti program Doktoral.

Padang, FMIPA Unand - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas (FMIPA Unand) mewisuda sebanyak 51 orang pada hari Sabtu (16/7/2022) di Gedung PKM Universitas Andalas. Total 51 orang tersebut  terdiri dari 13 orang dari Prodi S1 Biologi, 9 orang dari Prodi S1 Kima, 14 orang dari Prodi S1 Matematika, 10 orang dari Prodi S1 Fisika, 1 orang dari Prodi S2 Biologi, 3 orang dari Prodi S2 Fisika serta 1 orang dari Prodi S3 Kimia.

Jumlah wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude pada periode wisuda kali ini mencapai 30 orang, naik 57% dibanding jumlah wisudawan yang lulus cumlaude pada periode wisuda sebelumnya. Dari 30 wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude tersebut, 27 orang merupakan wisudawan yang berasal dari jenjang pendidikan sarjana, dengan rincian 12 dari Biologi, 6 dari Kimia, 8 dari Matematika, dan 1 dari Fisika. Adapun 3 wisudawan lainnya yang memperoleh cumlaude berasal dari jenjang pendidikan magister, dengan rincian 2 dari Fisika dan 1 dari Biologi.

Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng mengucapkan selamat kepada para wisudawan. “Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah meraih prestasi gemilang, dan saya turut berbahagia atas keberhasilan semua wisudawan-wisudawati hari ini,” ujar beliau.

Sementara itu untuk lulusan terbaik pada wisuda kali ini diraih oleh Nazifah Rahmi (S1 Biologi), Nurul Pratiwi (S1 Kimia), Tasya Abrari (S1 Matematika), Nadila Syarah (S1 Fisika) serta Fadilla Monica S.Si (S2 Fisika). [Alid]

 

(Padang-Unand) Berdasarkan surat dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia dengan nomor 0383/J7.1/PN.00/2022 tentang Pengumuman Hasil Seleksi ONMIPA Wilayah Tahun  2022, sembilan orang mahasiswa terbaik Fakultas MIPA Universitas Andalas berhasil lolos ke Final ONMIPA tingkat Nasional tahun 2022. Mereka terdiri dari 3 orang dari Departemen Matematika (Fauzi Rahmatullah Siregar, Ikhsan Fachriansyah Putra, Luthfi Hadiyan Fajri), 3 orang dari Departemen Fisika (Rahmat Ahadi, Zahara Zettira, Zahwa Vieny Adha), 2 orang dari Departemen Biologi (Aldi Tamara Rahman, Fanny Zulkhairiah) serta 1 orang dari Departemen Kimia (Angga Syaputra).

Atas capaian ini tentunya keluarga besar Fakultas MIPA turut berbahagia dan mendoakan keberhasilan dan kesuksesan terhadap wakil-wakil tersebut. “Kita bersyukur atas capaian ini, dan kita berharap mahasiswa yang berhasil lolos ke final ini bisa mengharumkan nama Universitas Andalas di tingkat Nasional” ucap Wakil Dekan I Fakultas MIPA Unand, Dr. Mahdhivan Syafwan.

“Semoga tahun ini kita bisa melampaui capaian tahun-tahun sebelumnya,” tambah beliau. Seperti diketahui pada tahun 2021 Fakultas MIPA Unand berhasil meloloskan 4 orang mahasiswanya di tingkat Nasional.

Tidak lupa WD1 FMIPA Unand ini juga mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan ikut berkontribusi atas capaian yang diraih ini. “Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh koordinator bidang, para dosen pembina serta tendik yang terlibat dalam TC tahap 1 dan TC tahap 2 ONMIPA Tahun 2022, tentunya berkat usaha dan kerja keras semualah hasil ini bisa kita capai. Selain itu, terima kasih dan apresiasi juga kami sampaikan kepada Direktorat Kemahasiwaan Unand yang telah mendukung penuh dan memfasilitasi persiapan dan TC ONMIPA tahun ini,” jelas beliau.

Pelaksanaan ONMIPA Tahun 2022 ini dimulai dengan seleksi tingkat Unand pada tanggal 26 Februari 2022, dengan masing-masing bidang lolos sebanyak 10 orang. Selanjutnya dilaksanakan TC tahap 1 untuk seluruh mahasiswa yang lolos, yakni pada tanggal 19 Maret hingga 4 Juni 2022. Untuk seleksi utusan ke tingkat wilayah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2022, didapatlah 5 orang mahasiswa untuk masing-masing bidang, yang kemudian mengikuti TC tahap 2 pada tanggal 13 - 25 Juli 2022. Persiapan dan seleksi yang berjenjang ini telah diprogram sejak lama oleh almarhum Dr. Jenizon selaku WD3 FMIPA Unand waktu itu. “Kita doakan semoga usaha yang telah beliau rintis ini menjadikan limpahan pahala dari Allah SWT buat beliau,” demikian WD1 FMIPA Unand ini mendoakan.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Kemahasiwaan Unand Dr. Khandra Fahmy mengapresiasi prestasi yang diraih para mahasiswa FMIPA ini. Beliau menyatakan dukungan penuh dari Unand untuk persiapan di tingkat Nasional dan berharap raihan medali emas dari sembilan perwakilan tersebut. Pada tahun sebelumnya, FMIPA Unand berhasil berhasil memboyong 1 perunggu pada bidang Fisika dan 1 honorable mention pada bidang Kimia. Untuk ONMIPA tingkat Nasional tahun ini diagendakan pada tanggal 20 – 24 September 2022 di Universitas Brawijaya. [Alid]