(Padang-FMIPA UNAND) Untuk memupuk silaturrahmi, mengokohkan peran dan kontribusi alumni, serta memberikan motivasi kepada mahasiswa, FMIPA Unand mengadakan acara webinar dan temu ramah alumni pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2020 secara daring. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian acara Dies Natalis FMIPA Unand ke-65, dimana sebelumnya juga telah diadakan acara Sarasehan Dekan pada tanggal 22 Oktober 2020 dengan mengundang Dekan-Dekan yang pernah memimpin FMIPA UNAND.

Acara webinar alumni yang dimulai tepat pukul 10.00 ini dimoderatori oleh Robby Jannatan, M.Si, dosen muda Jurusan Biologi, dan dihadiri oleh empat orang alumni sebagai narasumber yang berbagi inspirasi dan motivasi kepada civitas akademika FMIPA Unand. Mereka adalah Indra Priyana, S.Si (alumni Jurusan Kimia) yang saat ini menjabat Direktur PT. Alkan Chemical Indonesia, Yulizah, M.Si (alumni Jurusan Biologi) yang bekerja sebagai Peneliti Botani pada Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dorisno, S.Si.(alumni Jurusan Fisika) yang berprofesi sebagai Nature Manager Danone SN Indonesia, dan Fauzan, S.Si., MBA (alumni Jurusan Matematika) yang saat ini menjadi Kepala Seksi Tata Kelola Data dan Informasi, Direktorat Penjaminan Mutu, Kementerian Keuangan/Lembaga National Single Window, LNSW.

Setelah sambutan dari Ketua Panitia Dies, Dr. Aadrean, dan dibuka oleh Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, para alumni tersebut kemudian secara bergantian membagi tips dan kisah kesuksesan mereka setelah lulus dari FMIPA Unand. Semua alumni menyampaikan hal yang senada bahwa kesuksesan yang mereka raih adalah buah dari proses pembelajaran yang sudah dipupuk semenjak perkuliahan.

Pada kesempatan pertama, Indra Priyana-alumni Kimia menjelaskan bahwa nama perusahaannya (Alkan) merupakan singkatan dari Alumni Kimia Andalas. “Keberanian saya untuk terjun dalam berwirausaha merupakan feedback positif dari aktif berorganisasi yang membuat saya dapat berbicara di depan umum, melatih jiwa solidaritas, dan mampu mengajak orang-orang yang punya modal, memiliki produk teknologi dan mempunyai pasar”, jelas Indra. Dalam kesempatan tersebut beliau juga memberikan sumbangan berupa alat praktikum dan penelitian untuk FMIPA Unand, salah satunya satu adalah set alat hustle.

Selanjutnya, Yulizah-alumni Biologi berkisah bagaimana beliau memanfaatkan setiap kesempatan yang ada selama menjadi mahasiswa, seperti kesempatan menjadi asisten laboratorium dan kesempatan melakukan kerjasama riset yang telah membawanya sampai ke LIPI sekarang ini.

Pada kesempatan berikutnya, Dorisno berbagi kisah perjuangannya dalam membuktikan bahwa lulusan Fisika Unand mempunyai peluang berkarir di sektor perusahaan FMCG dan multinasional. Selama menjadi mahasiswa, Dorisno mengakui telah mempersiapkan dirinya untuk terus meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan bergabung bersama English Club FMIPA, mengasah kepiawaian dalam perencanaan strategi, dan meningkatkan nilai akademik yang tentu saja menjadi syarat administrasi ketika melamar pekerjaan.

Bincang-bincang santai pada acara Webinar Alumni ini ditutup oleh pembicara terakhir dari alumni matematika, Fauzan. Beliau memotivasi mahasiswa FMIPA yang masih dalam kegalauan agar memantapkan pilihan untuk kuliah dengan serius di FMIPA. Beliau berpesan kepada mahasiswa agar dapat menemukan hobi yang mampu meningkatkan hardskill dan softskill. “Saat  ini Gen-Z diuntungkan oleh kondisi dimana internet berada dalam genggaman, sehingga kita bisa belajar apa saja dan kapan saja secara gratis”, demikian tambah beliau.

Setelah selesai menggelar acara Webinar Alumni, kegiatan Dies Natalis FMIPA Unand ke-65 kemudian dilanjutkan dengan acara Temu Ramah Alumni pada pukul 13.00. Dalam acara tersebut, Wakil Rektor III, Ir. Insannul Kamil, M.Eng, PhD, membuka sekaligus memberikan kata sambutan dan menyampaikan pentingnya kontribusi serta peranan alumni untuk kemajuan program studi dan universitas. “Keberadaan alumni tidak bisa dikesampingkan karena hubungan antara alumni dengan universitas harus berkesinambungan serta sebagai penyangga kemajuan prodi. Momen temu ramah alumni ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menguatkan ekosistem di universitas untuk kemajuan dan kejayaan Universitas Andalas”, jelas beliau.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FMIPA Prof. Dr. Syukri Arief juga menambahkan bahwa kolaborasi dengan alumni sangat dibutuhkan untuk implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Hal ini lebih dielaborasi oleh Wakil Dekan I FMIPA, Dr. Mahdhivan Syafwan, yang menjelaskan secara singkat tentang program MBKM dan persiapan yang sudah dan sedang dilakukan Unand dan FMIPA, dimana alumni memiliki peran yang sangat besar sebagai mitra kerjasama.  

Temu ramah alumni yang dimoderatori oleh Wakil Dekan III FMIPA, Dr. Jenizon, M.Si, diisi dengan penyampaian pandangan dan saran dari perwakilan alumni masing-masing jurusan untuk kemajuan FMIPA ke depan. Mereka mengharapkan adanya keterlibatan yang lebih dari para alumni terhadap kemajuan FMIPA, seperti ikut memberi masukan terhadap kebijakan dan program fakultas, berbagi pengalaman dan kepakaran dalam talkshow atau webinar series fakultas, dan memberdayakan instansi tempat alumni bekerja dalam rangka implementasi MBKM. Dalam kesempatan tersebut para alumni juga berharap agar dapat kembali menghidupkan kelembagaan ikatan alumni FMIPA Unand, sehingga peran dan kontribusi alumni dapat dihimpun dan dimobilisasi secara maksimal.  

Acara Temu Ramah Alumni ini disambut antusias oleh para alumni FMIPA Universitas Andalas yang hadir. Para alumni bahkan berharap agar pertemuan seperti ini dapat dibuat rutin sebagai sarana silaturahmi, wadah diskusi dan berbagi kepakaran untuk peningkatan mutu prodi dan fakultas yang berkelanjutan. [SO/SY]

 

(Padang-FMIPA UNAND) Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2020 yang lalu adalah hal yang tak biasa di FMIPA Universitas Andalas. Pada tanggal tersebut diadakan perayaan Dies Natalis ke-65 atau memperingati berdirinya 65 tahun FMIPA UNAND. Pandemi tidak menyurutkan semangat civitas akademika kampus untuk menyemarakkan ulang tahun FMIPA UNAND tersebut dengan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah Sarasehan Dekan dengan mengundang Dekan-Dekan yang pernah memimpin FMIPA UNAND yang dilakukan secara daring via platform video conference.

Sarasehan Dekan yang baru pertama kali diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis FMIPA UNAND ini dihadiri oleh tujuh orang Dekan FMIPA antar periode yaitu Prof. Hazli Nurdin (periode 1994-2000), Dr. Ardinis Arbain (periode 2004-2008), Prof. Emriadi (periode 2008-2012), Prof. Syafrizal (periode 2015-2016), Prof. Mansyurdin (periode 2016-2019), Prof. Safni (periode Jan-Agus 2020), dan Prof. Syukri Arief (periode Agus 2020 – sekarang). Selain mengundang dekan lintas generasi, panitia kegiatan juga mengundang alumni dan seluruh civitas akademika FMIPA UNAND. Acara Sarasehan Dekan dibuka secara resmi oleh Prof. Yuliandri selaku Rektor Universitas Andalas. Rektor sangat mengapresiasi terselenggaranya acara dan mengharapkan FMIPA bisa menjadi lebih maju lagi dari sebelumnya. Hal istimewa lainnya adalah hadirnya Prof. Sjahridal Dahlan yang merupakan alumni pertama FMIPA UNAND.

Dalam sambutannya, Prof. Syukri Arief selaku Dekan FMIPA UNAND yang sedang menjabat saat ini menyampaikan bahwa capaian-capaian gemilang yang diraih FMIPA UNAND sekarang ini merupakan hasil kerja keras para dekan terdahulu dan semua civitas akademika, sehingga membawa FMIPA UNAND menjadi salah satu fakultas yang bereputasi di tingkat nasional dan direkognisi di tingkat internasional (ASEAN). “Alhamdulillah, 8 dari 10 program studi di FMIPA UNAND telah terakreditasi A dan khusus Prodi S1 Biologi dan Prodi S1 Fisika telah tersertifikasi tingkat ASEAN oleh AUN-QA”, jelas beliau.  

Selama kegiatan berlangsung, masing-masing Dekan menyampaikan berbagai pengalaman yang mereka alami selama memimpin FMIPA, dengan dimoderatori oleh Prof. Syamsuardi yang saat ini merupakan Wakil Dekan II FMIPA UNAND. Prof Hazli Nurdin sebagai mantan Dekan paling senior mengawali bincang-bincang santai dalam Sarasehan Dekan ini dengan menceritakan bagaimana beliau dahulunya merintis berdirinya jurusan Matematika dan Fisika. Selanjutnya Prof. Emriadi mengisahkan masa-masa sulit ketika gempa besar tahun 2009 meluluhlantakkan Kota Padang, termasuk kampus Unand, sehingga sedikit banyak mengganggu pelaksanaan akademik dan penelitian. Prof. Emriadi juga menambahkan bahwa untuk kemajuan FMIPA kita tidak bisa jalan sendiri-sendiri, semua jurusan harus bekerjasama untuk kemajuan FMIPA. Dr. Ardinis Arbain juga mengaminkan hal ini dengan harapan adanya riset multidisiplin di FMIPA untuk kemajuan masyarakat dan peradaban serta pembuatan Rumah Skripsi untuk wadah “curhat” atau konseling bagi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi mereka. Beberapa saran lainnya juga datang dari Prof. Syafrizal untuk membenahi proses administrasi agar efektif, efisien, dan akuntabel.

Berikutnya Prof. Mansyurdin yang merupakan Wakil Rektor I Universitas Andalas sekarang ini juga menyampaikan kilas baliknya dalam mendorong internasionalisasi FMIPA UNAND dengan mempersiapkan semua program studi sarjana menuju akreditasi internasional. Hasilnya dapat terlihat dari telah disertifikasinya dua prodi S1 (Biologi dan Fisika) oleh AUN-QA dan sedang disusunnya program persiapan akreditasi internasional ASIIN dan RSC untuk semua jurusan di FMIPA. Tidak ketinggalan Prof. Safni sebagai Dekan perempuan pertama FMIPA UNAND juga menyampaikan harapan beliau yang belum terwujud, yaitu pendirian Rumah Wakaf sebagai wadah untuk membantu mahasiswa yang sedang kesulitan secara ekonomi agar tetap bisa meneruskan pendidikan di FMIPA UNAND. Selanjutnya pada sesi terakhir, Prof. Syukri Arief sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan FMIPA menyampaikan bahwa saran dan ide dari semua dekan yang terdahulu merupakan suatu harapan agar bisa terwujud ketika kepemimpinannya.

Ketua Panitia Dies Natalis FMIPA Unand ke-65, Dr. Aadrean, dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa Sarasehan Dekan ini menjadi wadah silaturahmi antar Dekan, civitas akademika dan alumni FMIPA UNAND, serta menerima masukan-masukan untuk program FMIPA ke depannya. Dengan demikian FMIPA UNAND selain bisa berkontribusi dalam memajukan Universitas Andalas,  juga berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat banyak. FMIPA UNAND juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung FMIPA menjadi salah satu Fakultas yang bermartabat di Universitas Andalas khususnya dan di Nasional pada umumnya.

Acara Sarasehan Dekan yang berbasis teknologi melalui platform video conference ini akhirnya dimeriahkan dengan kuis interaktif yang juga memberdayakan kemajuan teknologi, yaitu menggunakan platform interactive quiz yang sangat menarik minat peserta. Dua peserta yang memperoleh nilai tertinggi dalam kuis interaktif ini mendapatkan doorprize dari panitia. Selain acara Sarasehan Dekan, berbagai acara menarik lainnya juga akan digelar pada hari puncak kegiatan Dies Natalis ke-65 FMIPA UNAND pada tanggal 31 Oktober 2020 mendatang. Bagi yang tidak sempat menyaksikan acara Sarasehan Dekan kemarin, bisa melihat kembali rekaman acara di channel Youtube FMIPA UNAND [RJ]

Wisuda III Tahun 2020 merupakan wisuda yang kedua dilakukan secara daring setelah dilaksanakannya wisuda II pada 30 Juni lalu. Wisuda III dilaksanakan pada Sabtu (2/10) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

(Padang-FMIPA UNAND)Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona, pemeriksaan suhu tubuh menjadi suatu keharusan dalam masa “New Normal” ini. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh berupa Thermo Gun. Thermo gun pada dasarnya adalah termometer infrared yang mengukur temperatur atau suhu tanpa bersentuhan dengan obyek yang akan diukur suhunya.

(Padang-FMIPA UNAND) Dua hari jelang Idul Fitri, kelompok mahasiswa FMIPA Unand yang tengah KKN Tematik Cegah Covid-19 mengadakan sebuah Webinar, pertemuan online lewat media Zoom.

(Padang-FMIPA UNAND) Beragam upaya terus dilakukan berbagai kalangan dalam rangka menekan penyebaran pandemi COVID-19. Sebuah ide kreatif  dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik Fakultas MIPA Universitas Andalas (UNAND). Mahasiswa yang dibimbing oleh Dr. Susila Bahri  menciptakan inovasi dengan meramu beberapa minuman herbal yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

(Padang-FMIPA UNAND) Untuk membantu pananggulangan Covid-19, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (Unand), melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik sejak 30 April.

(Padang-FMIPA UNAND) Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat 20-an orang mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unand memberikan kontribusi kepada masyarakat.

(Padang-FMIPA UNAND) Aktivitas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (UNAND) tahun ini berbeda dari tahun-tahun biasanya. COVID-19 yang telah menjadi pandemi membuat kegiatan KKN diganti dengan KKN Tematik Pencegahan COVID1-9 di daerah mahasiswa masing-masing.

(Padang-FMIPA UNAND). Terhitung sejak sejak 30/04/2020, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tematik pencegahan COVID-19. Kegiatan KKN Tematik FMIPA UNAND merupakan wujud dukungan kampus yang berada di Limau Manis ini terhadap program penanggulangan dan pencegahan COVID-19.  Program KKN ini menyasar  lingkungan tempat tinggal mahasiswa sendiri dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan pencegahan COVID-19.