Minggu, 19 September 2021 15:04

Grand Opening Mentoring FMIPA Unand Tahun 2021

Tim Mentoring Fakultas (TMF) MIPA menyelenggarakan Grand Opening Mentoring (GOM) pada Sabtu, 18 September 2021 dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru FMIPA dan para mentor. Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan selaku WD 1 Fakultas MIPA Universitas Andalas. Beliau menyampaikan “Fakultas sangat mendukung penuh adanya kegiatan mentoring ini. Selain karena sudah menjadi program resmi dari Unand yang dikoordinasi oleh Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI), program ini juga dinilai sangat efektif dalam pembinaan karakter mahasiswa. Hari ini kegiatan mentoring kita buka, tapi tidak akan kita tutup, karena mentoring ini diharapkan dapat tetap terus berlanjut...”

Setelah pembukaan secara resmi, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan diskusi tentang “Urgensi Mentoring” oleh Bapak Dr. Aadrean yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi S1 Biologi FMIPA Universitas Andalas. Dalam paparan materinya, Dr. Aadrean menyampaikan bahwa mentoring merupakan salah satu wadah yang dapat memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan sebagai sesama muslim dan mahasiswa. “Selain pemahaman materi yang diberikan, kegiatan mentoring dapat mencakup tiga aspek pendidikan yaitu kognitif (pikiran dan pemahaman), afektif (sikap), dan psikomotor (praktek dari aspek kognitif dan afektif )," lanjut Dr. Aadrean.

GOM merupakan acara pembukaan formal bagi mahasiswa baru Fakultas MIPA yang menandakan dimulainya kegiatan mentoring agama Islam di fakultas. Kegiatan mentoring di Unand merupakan bagian dari program akademik karena melekat dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Agama Islam. “Kegiatan mentoring ini dapat dianalogikan sebagai praktikum bagi mata kuliah Agama Islam,” jelas Erwinsyah Ketua BPMAI Unand. Lebih lanjut Romie Daramenra Koordinator TMF MIPA menambahkan “Setelah acara GOM ini, mahasiswa baru FMIPA dibagi dalam beberapa kelompok mentoring. Kegiatan mentoring nantinya akan dibimbing oleh mahasiswa senior yang disebut mentor, dengan mengikuti panduan materi yang telah disusun oleh BPMAI Unand.” Rekaman acara GOM ini dapat disimak kembali di channel youtube via link berikut  [Romi]

Selasa, 14 September 2021 19:52

Pisah Sambut Tim BAPEM Fakultas MIPA

(Padang-FMIPA UNAND) Fakultas MIPA Unand mengadakan acara “Pisah Sambut Tim Badan Penjaminan Mutu (BAPEM)” pada hari Senin tanggal 13 September 2021, antara Ketua BAPEM yang lama Dr. Imam Taufiq dengan Ketua BAPEM yang baru Dr. Admi Nazra, serta anggota BAPEM yang baru dari Jurusan Fisika Dr. Ali Syafi’i. Acara yang dimoderatori oleh Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom.

Pergantian ini disebabkan Dr. Imam Taufik, selaku Ketua BAPEM yang lama, saat ini menjabat sebagai Kaprodi S2 Jurusan Fisika. Sesuai aturan yang ada, Tim BAPEM tidak dibolehkan menjabat dalam struktur pengelola di jurusan.

Pergantian ini disahkan dengan SK Dekan Fakultas MIPA nomor 215/UN16.03.D/XIII/KPT/2021 tentang Penunjukan dan Penetapan Tim Pelaksana Badan Penjaminan Mutu (BAPEM) Fakultas MIPA Universitas Andalas Periode 2021 - 2024. Berikut susunan Tim BAPEM Fakultas MIPA sesuai dengan SK tersebut : Dr. Admi Nazra - Ketua, Dr. Suryati - Anggota, Dr. Dewi Imelda Roesma - Anggota, Hazmira Yozza, M.Si - Anggota, dan Dr. Ali Syafi’i - Anggota.

Acara pisah sambut ini dihadiri oleh Prof. Dr. Syukri Arief selaku Dekan Fakultas MIPA. “Pada kondisi kekinian, BAPEM merupakan satu elemen yang sangat strategis dalam akreditasi yang menentukan quality control pada Perguruan Tinggi,” demikian Prof. Syukri menjelaskan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pesan, kesan dan harapan oleh Ketua BAPEM yang lama dan yang baru, serta diskusi bersama anggota BAPEM terkait penjaminan mutu di fakultas.

BAPEM bersama GKM merupakan badan yang berperan dalam menjaga kualitas mutu pendidikan di Fakultas yang bekerja sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT). [Alid]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Padang-FMIPA Unand - Fakultas MIPA Universitas Andalas (Unand) dan Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara (USU) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) pada Rabu tanggal 8 September 2021. Penandatanganan MoA antara Fakultas MIPA Unand dan Fakultas MIPA USU ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Rektor Unand dan Rektor USU yang telah berlangsung sebelumnya. MoA ini meliputi kegiatan Pembelajaran dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan kerja sama lain yang disepakati antara ke dua belah pihak nantinya.

Penandatanganan MoA dilakukan langsung oleh Dekan masing-masing Fakultas, yakni Prof. Dr. Syukri Arief (FMIPA Unand) dan Dr. Nursahara Pasaribu (FMIPA USU). “Kami menyambut baik dan berterimakasih kepada pihak Fakultas MIPA USU atas inisiasi membangun kerjasama ini,“ ujar Prof. Syukri dalam sambutannya.

Sementara itu Dr. Nursahara Pasaribu juga menyampaikan rasa terimakasih atas respon yang luar biasa baik dari Fakultas MIPA Unand dalam menyambut MoA ini. Beliau juga menyampaikan harapannya agar       kerjasama ini menjadi manfaat bagi kedua pihak terkait. “Mudah-mudahan kerjasama ini berjalan dengan lancar, tidak hanya untuk masa sekarang, namun juga pada masa yang akan datang dan memberi keberkahan bagi kedua pihak,“ demikian beliau menyampaikan.

Acara yang dimoderatori oleh Dr. M. Taufik dari Fakultas MIPA USU ini dilaksanankan secara daring melalui aplikasi Zoom. Turut hadir dalam acara penandatanganan MoA ini adalah para Wakil Dekan 1, 2 dan 3  serta jajaran dosen dan tendik dari kedua fakultas. Acara penandatanganan MoA ini dapat disimak kembali melalui channel youtube berikut [Alid] 

 

 

(Padang-FMIPA UNAND) Bertempat di ruang sidang dekanat Fakultas MIPA Universitas Andalas, pada hari Rabu tanggal 8 Septemberl 2021 telah dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) aparat pengelola Jurusan Fisika.

Dekan FMIPA Prof. Syukri Arief memimpin langsung sertijab keempat pejabat baru Jurusan Fisika, yakni Dr. Afdhal Muttaqin, M.Si sebagai Ketua Jurusan, Trengginas Eka Putra Sutantyo, M.Si sebagai Sekretaris Jurusan, Ahmad Fauzi Pohan, M.Si sebagai Kaprodi S1 Fisika, serta Dr. Imam Taufiq sebagai Kaprodi S2 Fisika.

“Selamat kami ucapkan kepada Ketua Jurusan Fisika terpilih beserta perangkatnya, semoga dapat membawa Jurusan Fisika menjadi lebih baik lagi ke depannya” demikian disampaikan Prof. Syukri dalam sambutannya.

Dalam acara ini juga diberikan penghargaan kepada pejabat lama, yakni Dr. rer. nat. Muldarisnur, Mutya Vonnisa, M.Sc, Dr. Dian Fitriyani, dan Nini Firmawati, M.Sc atas pengabdiannya di Jurusan Fisika selama lebih kurang 4 tahun.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan 2 Prof. Dr. Syamsuardi dan Wakil Dekan 3 Dr. Jenizon.

Acara berjalan lancar dan berlangsung khidmat serta penuh keakraban. Di akhir acara dilakukan pemberian ucapan selamat dan terima kasih oleh seluruh hadirin kepada pejabat yang baru dan yang lama. [Alid]      

 

(Padang – FMIPA Unand) Fakultas MIPA mengadakan acara “Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana FMIPA Unand  Tahun 2021” pada hari Sabtu 5 September 2021. Acara ini pertama kali diadakan secara serentak dan terpusat di tingkat fakultas. “Dengan pengenalan ini diharapkan mahasiswa dari awal sudah mengenal lebih jauh, sudah punya target-target yang lebih tepat dan sudah punya perencanaan yang sesuai dengan kondisi dan persiapannya sendiri “ demikian Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng menyampaikan dalam sambutannya.

Prof. Syukri Arief juga mengingatkan mahasiswa baru Pascasarjana mengenai evaluasi studi pertengahan untuk mengontrol mahasiswa agar jangan terlalai dalam perkuliahannya. Karena biasanya mahasiswa Pascasarjana, khususnya S3, telah memiliki pekerjaan di luar dengan beban kerja dan kesibukan sendiri sehingga berpotensi membuat lalai pada perkuliahannya. Dengan adanya evaluasi studi tentunya diharapkan tidak ada mahasiswa yang DO dan seluruh mahasiswa bisa menyelesaikan studinya tepat waktu.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaikan materi dari Wakil Dekan I FMIPA  Dr. Mahdhivan Syafwan. Beliau terlebih dahulu menyampaikan bahwa Jurnal Ilmiah di FMIPA telah terakreditasi nasional semuanya, sehingga hal ini dapat memfasilitasi syarat publikasi bagi mahasiswa pasca. “ Seluruh Jurnal di FMIPA telah terindex SINTA, bahkan Jurnal Riset Kimia telah memperoleh SINTA 2 dan terindeks DOAJ. Demikian juga Jurnal Ilmu Fisika dan Jurnal Biologi telah terindeks DOAJ”. Pada paparan berikutnya, Dr. Mahdhivan Syafwan menyampaikan hal-hal terkait peraturan akademik secara lebih detail yang harus menjadi perhatian bagi seluruh mahasiswa baru. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang pembelajaran dan sistem informasi akademik yang ada di Unand dan FMIPA.  

Program Pascasarjana FMIPA Unand pada tahun ini menerima mahasiswa sebanyak 62 orang, 55 orang Program S2 (19 diantaranya mahasiswa fast track) dan 7 orang Program S3. Dari 62 orang yang mendaftar, Program S2 terdiri dari 9 orang mahasiswa S2 Matematika (2 mahasiswa fast track), 12 orang mahasiswa S2 Fisika (5 mahasiswa fast track), 22 orang mahasisw S2 Biologi (8 mahasiswa fast track) dan 12 orang mahasiswa S2 Kimia (4 mahasiswa fast track). Selanjutnya 7 orang mahasiswa Program S3 terdiri dari 4 orang mahasiswa S3 Ilmu Kimia dan 3 orang mahasiswa S3 Biologi.

Acara Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana kemudian dilanjutkan di tingkat jurusan masing-masing. Ketua Jurusan menyampaikan pengenalan jurusan dan para dosen, selanjutnya Ketua Program Studi menjelaskan kurikulum dan hal-hal akademik lainnya yang lebih spesifik di tingkat Prodi. [Alid] 

 

Foto - Foto

Dua orang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNAND Jurusan Fisika angkatan 2019 mendapatkan bantuan beasiswa berupa dana tunai untuk pendidikan dari para alumni FMIPA UNAND, Selasa 7 September 2021. Dua orang mahasiswa angkatan 2019 itu adalah Husnatul Fauzana dan Miftahul Putri. Penyerahan bantuan pendidikan disampaikan langsung secara simbolis oleh Ketua Umum DPP IKA FMIPA UNAND Rinaldi, S.Si, MM, didampingi Sekjend DPP IKA FMIPA, Nisfwan, S.Si, dan Bendahara Umum DPP IKA FMIPA Rika Febrina,S.Si,M.Si dan alumni lainnya.

Berita selengkapnya, silakan klik disini

Berita ini juga dimuat di portal berikut ini

Ibarat jamur yang tumbuh setelah hujan, sekarang sudah ada lebih dari 1000 penggiat maggot di Sumbar, namun kadang mereka kebingungan untuk memasarkan maggotnya, tak jarang dibeli murah sekali oleh masyarakat jika produksi melimpah. Akibatnya banyak juga yang tidak melanjutkan usahanya. Sementara di sisi lain banyak peternak ayam, itik, ikan dan lain lain terpekik dengan harga pakan yang melangit.

Menyikapi kondisi dan kegelisahan yang ada di lapangan, salah satu praktisi maggot yang juga berasal dari kalangan akademisi, dosen FMIPA Unand, yaitu Ibu Dr. Resti Rahayu, mendiskusikan dengan pimpinan FMIPA untuk menggagas pertemuan antara peneliti dari UNAND, investor dan komunitas peternak dan penggiat maggot dalam mencarikan solusi yang ada di tengah masyarakat peternak tersebut. Tidak menunggu lama, gagasan tersebut disambut baik pimpinan FMIPA dan langsung meminta merealisasikan dalam bentuk diskusi bersama FGD.

Dalam menyambut Dies Natalis FMIPA Unand yang ke-66 bertepatan pada 13 September 2021, terlaksanalah Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen-Dosen FMIPA Unand dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) dengan tema "Membangun sinergi FMIPA UNAND dengan komunitas peternak unggas, ikan, dan penggiat maggot dalam penyediaan pakan mandiri di masa pandemi covid-19", yang dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan pada tanggal 4 September 2021.

Berita selengkapnya, silakan klik disini

Berita pengabdian masyarakat FMIPA Unand ini juga dimuat dalam portal berikut:
1. liputankinicom
2. rakyatterkini.com
3. kumparan 
4. valoranews
5. tribunsumbar

 

 

KULIAH di luar negeri merupakan impian banyak anak muda pada saat ini. Pengalaman menimba ilmu ribuan kilometer jauhnya dari keluarga tentu akan membentuk karakter seseorang menjadi lebih kreatif dan mudah beradaptasi.

Tidak hanya itu, pengalaman berinteraksi dengan lingkungan multikultural juga bisa menjadi bekal penting untuk karir kedepan. Pengalaman global juga saat ini menjadi incaran bagi kebanyakan perusahaan multinasional dan organisasi internasional untuk merekrut talenta-talenta yang ada. Karena itulah menimba ilmu di luar negeri menjadi kunci yang tepat untuk itu.

Namun pada kenyataannya, masih banyak dari anak muda yang kebingungan darimana harus memulai agar bisa berkuliah keluar negeri. Kurang up to date pada informasi dan tidak adanya tips dan trik untuk memilih beasiswa juga menjadi kendala tersendiri pada masing-masing anak muda. Maka dari itu, untuk menjawab keraguan ini, pada hari Minggu, 5 September 2021, Unit Kegiatan Kreasi Cerdas Ilmiah FMIPA UNAND mengadakan acara Webinar Nasional dengan topik Study Abroad: Why and How to?

Berita selengkapnya, silakan klik disini

(UKM Kreasi Cerdas Ilmiah FMIPA UNAND)

Jumat, 27 Agustus 2021 10:54

FMIPA Gelar Sosialisasi I-Learn versi 3

(Fakultas MIPA - Padang) Pada hari Kamis tanggal 26 Agustus 2021 Fakultas MIPA Unand melaksanakan sosialisasi penggunaan platform I-Learn versi 3 secara online melalui aplikasi zoom kepada seluruh dosen. Materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Sekretaris LPTIK Unand, Bapak Ikhwan Arief, ST. MSc.

Dalam paparannya Ikhwan Arief menyampaikan bahwa pada platform I-learn versi 3 ini fitur-fiturnya lebih lengkap dan relatif lebih mudah digunakan. Pada I-Learn versi 3 ini menggunakan Platform Moodle yang diintegrasikan dengan platform Microsoft365 dari microsoft. Dengan pengintegrasian ini memudahkan user - dalam hal ini dosen- dalam merancang bahan pembelajaran mereka dengan banyaknya fitur aplikasi yang tersedia pada LMS365 seperti MS Teams, stream, sharepoint, onedrive dan lain-lain. “Materi I-learn yang telah ada pada versi 2 bisa langsung diimpor ke I-learn versi 3 ini, sehingga user tidak perlu mengulang kembali membuat materi I-learn mereka” tutur Ikhwan Arief.

Acara sosialisasi I-Learn versi 3 ini di laksanakan secara daring lewat aplikasi Zoom  yang dimoderatori oleh Kaprodi S1 Biologi, Dr. Aadrean. [Alid]

 

(Padang – FMIPA Unand) Fakultas MIPA Unand mengadakan kegiatan BAKTI (Bimbingan Aktifitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah) dengan tema “Mewujudkan Generasi MIPA yang Tangguh,  Inovatif dan Berkarakter Madani” pada tanggal 26 – 28 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan satu bentuk acara pengenalan fakultas kepada lebih 440 orang mahasiswa baru S1 tahun akademik 2021/2022.

“Selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Fakultas MIPA Unand,” ucap Dekan Fakultas MIPA Prof. Syukri Arief dalam sambutannya. Beliau menyampaikan rasa bangganya kepada mahasiswa baru karena telah memilih FMIPA sebagai pilihan untuk melanjutkan jenjang studi.

Prof. Syukri juga memberi motivasi kepada seluruh mahasiswa baru untuk selalu menjadi orang yang kompetitif.  “Kita harus tetap menjadi orang yang kompetitif karena orang yang kompetitiflah yang bisa terus eksis, memimpin dan menguasai dunia,” demikian beliau menyampaikan. Dalam kesempatan tersebut Dekan FMIPA ini juga menyampaikan profil FMIPA kepada seluruh mahasiswa baru.

Kegiatan BAKTI FMIPA tahun ini diadakan secara daring selama 3 hari melalui aplikasi Zoom. Pada hari pertama (Kamis) sesi pagi, mahasiswa baru diberikan materi tentang ketentuan akademik, fasilitas dan kemahasiswaan, masing-masing disampaikan oleh Wakil Dekan I Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan II Prof. Syamsuardi dan Wakil Dekan III Dr. Jenizon. Pada sesi siangnya dilanjutkan dengan pengenalan UKMF dan panggung prestasi mahasiswa FMIPA yang diisi oleh perwakilan mahasiswa berprestasi dari setiap jurusan, yaitu Zahara Zettira (fisika), Dyan Nur  Fadhilah (biologi), Eldi Nuzan Syahputra (matematika), dan Thiwi Briliana Khairani (kimia).

Pada hari kedua (Jumat) sesi pagi, acara BAKTI FMIPA dipusatkan di jurusan masing-masing berupa pengenalan jurusan, kurikulum, dosen PA, hima, dan lain-lain. Siangnya diisi dengan Talkshow Inspiratif Alumni-Alumni FMIPA yang disampaikan perwakilan alumni masing-masing jurusan, yaitu Rinaldi S.Si, MM (biologi), Dr. Dasriel Adnan Noeha Me. MBAT.PhD (kimia), Dr. Helen Raflis, S.Si.,M.Eng (fisika) dan Rika Febriana, M.Si (matematika). Rangkaian acara BAKTI untuk mahasiswa  kemudian ditutup oleh WD III pada sesi sore.

Selain rangkaian acara untuk mahasiswa baru, pada kegiatan BAKTI FMIPA ini juga digelar Temu Ramah bersama orang tua/wali mahasiswa baru yang diadakan pada hari Sabtu 28 Agustus 2021. Pada kesempatan tersebut, fakultas memberikan penjelasan kepada orangtua/wali mahasiswa baru perihal profil fakultas dan ketentuan akademik yang kemudian diikuti dengan tanya jawab. Setelah diadakan terpusat di tingkat fakultas, acara temu ramah bersama orangtua/wali mahassiwa baru dilanjutkan di jurusan masing-masing. Keseluruhan kegiatan BAKTI FMIPA 2021 dapat disimak kembali melalui channel youtube berikut. [Alid]

Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar