""
Items filtered by date: Mei 2023
30 Mei 2023 In Ketentuan

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam telah sukses mengadakan acara MIPA Acedemic Talk yang pertama pada hari Senin, 29 Mei 2023 bertempat di Plaza MIPA Universitas Andalas. Kegiatan ini dihadiri 127 orang yang terdiri dari para dosen, mahasiswa program pasca sarjana dan mahasiswa program sarjana FMIPA Universitas Andalas. Pada kesempatan kali ini, Dekan FMIPA yang diwakili oleh Wakil Dekan I Dr. Mahdihivan Syafwan memberikan sambutan di awal acara.  “Kegiatan MIPA Academic Talk ini diinisiasi dengan tujuan untuk menumbuhkan, menjaga dan meningkatkan atmosfer akademik di lingkungan FMIPA Unand. Selain itu juga untuk mendorong koordinasi, memperluas jejaring dan kolaborasi antara mahasiswa Pascasarjana FMIPA.” ujar WD 1 dalam sambutannya. Beliau juga menambahkan bahwa kagiatan ini akan berlangsung secara regular (minimal tiap bulan) dengan menghadirkan para pembicara yang bergantian dari tiap departemen yang ada di FMIPA Unand maupun dari luar FMIPA Unand. Selain itu, Dr. Mahdhivan juga berterima kasih kepada panitia yang terdiri dari para mahasiswa pasca sarjana utusan masing-masing departemen yang telah terlibat aktif untuk mewujudkan acara ini.

Prof. Dr. Mai Efdi, Guru besar bidang Kimia Organik bahan Alam dari Departemen Kimia FMIPA menjadi narasumber perdana MIPA Academic Talk kali ini dengan mengangkat topik “Kajian Metabolit Sekunder dari Goniothalamus tapis Miq: Isolasi, elusidasi struktur dan uji bioaktifitas terhadap sel kanker”, yang dimoderatori oleh Dr. Diana Vanda Wellia. Pada pemaparannya. Prof. Dr. Mai Efdi menjelaskan terlebih dahulu secara singkat tentang tumbuhan Goniothalamus tapis Miq, cara mengumpulan sampel, isolasi dan elusidasi struktur serta cara menguji aktifitas anti kankernya sebagai penutup. 

Tumbuhan Goniothalamus tapis Miq merupakan salah satu spesies dari family Annonaceae dengan Genus Goniothalamus. Genus ini memiliki 160 spesies yang mengandung senyawa acetogenin dan styrllacton yang aktif terhadap berbagai sel kanker: payudara, usus besar, ginjal, dan pankreas. Tanaman ini dikenal memiliki khasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi demam dan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti diare, radang usus, dll. Pada tahap awal dilakukan terlebih dahulu skrining fitokimia, lalu dilakukan pengambilan sampel sebanyak 4,7 kg untuk selanjutnya dilakukan isolasi metabolit sekunder. Isolasi dilakukan dengan metoda kromatografi kolom. Setelah itu, beberapa senyawa metabolit sekunder yang dihasilkan di lakukan elusidasi struktur menggunakan 1H NMR, 13CNMR, DEPT, 1D NOE, 2D NMR (COSY, HMQC, HMBC), X-ray analysis, Infra merah dan UV spektroskopi serta mass spectrometri (MS) untuk menentukan struktur dan nama senyawa kimia yang berhasil di isolasi. Dari 10 senyawa yang berhasil di isolasi dan elusidasi, diujikan aktifitasnya sebagai anti kanker dengan hasil sbb:

Dari hasil yang diperolah dapat dilihat bahwa enam senyawa phenantrene lactams yaitu Metylated piperolactam B (5), Piperolactam B (6), Goniopedalin (7), Aristolactam AIIIa (8), Aristolactam AII (9), Piperolactam A (10) berhasil diisolasi dari Goniothalamus tapis untuk pertama kalinya, dan senyawa Aristolactam AII menunjukkan aktifitas anti kanker paling baik dibandingkan sampel lainnya.

Sampai bertemu di acara MIPA Academic Talk (M.A.T) sesi 2 pada hari Senin, 26 Juni 2023! (dvw)

 

 

 

 

 

 

24 Mei 2023 In Ketentuan

(Padang - FMIPA Unand) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas (FMIPA Unand) mewisuda sebanyak 41 orang wisudawan pada hari Sabtu (20/5/2023) di Plaza FMIPA Universitas Andalas. Total 41 orang tersebut  terdiri dari 5 orang dari Departemen Biologi, 2 orang dari Departemen Kima,12 orang dari Departemen Matematika, 12 orang dari Departemen Fisika, 4 orang program Magister Biologi, 4 orang Program Magister Kimia, serta 2 orang dari Program Magister Matematika. Terdapat “keistemawaan” wisuda kali ini dibandingkan wisuda sebelumnya, karena kali ini Fakultas MIPA mewisuda satu orang mahasiswa internasional yakni Hnin Phyu Wai, mahasiswi dari Myanmar yang mengambil Program Magister di Departemen Biologi.

Hnin Phyu Wai yang masih terbata-bata berbahasa Indonesia ini menyampaikan rasa terimakasihnya kepada rekan-rekan serta dosen, terutama pembimbing tesisnya, atas keberhasilannya menyelesaikan Program Magister di Departemen Biologi. “Saya memulai kuliah di sini ketika pandemi melanda, sehingga perkuliahan terasa berat pada saat itu. Namun dengan bantuan teman-teman dan dosen semua saya bisa menyelesaikan studi ini. Terima kasih banyak,” demikian beliau menyampaikan.

Jumlah wisudawan yang lulus dengan predikat Cumlaude pada periode Wisuda III Tahun 2023 ini adalah sebanyak 17 orang. Dari 17 wisudawan yang lulus dengan predikat Cumlaude tersebut, 11 orang merupakan wisudawan jenjang pendidikan sarjana, dengan rincian 5 orang dari Departemen Matematika, 5 orang dari Departemen Biologi, dan 1 orang dari Departemen Fisika, serta 6 orang wisudawan jenjang pendidikan Magister, dengan rincian 4 orang dari program studi S2 Kimia dan 2 orang dari program studi S2 Biologi.

Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan tersebut. “Saya ucapkan selamat kepada wisudawan-wisudawati yang telah meraih prestasi gemilang, dan saya turut berbahagia atas keberhasilan semua wisudawan-wisudawati hari ini,” ujar beliau.

Sementara itu untuk Lulusan Terbaik pada wisuda kali ini adalah Vera Pertiwi (Biologi), Geliz Luh Titisari (Kimia), Tiansi Ade Bora (Matematika), Iqwal Ramadhan (Fisika) serta Gebby Febrilia Irwanda S.Si (S2 Kimia). Selanjutnya Bintang Aktivis Berprestasi diberikan kepada 3 orang wisudawan yang diraih oleh Rita Ummi Sahida Tanjung (Fisika), dengan diantara prestasinya berhasil meraih Juara II Physic Competition Universitas Bengkulu, Medali Perunggu Student Fair FMIPA Unand dan Juara Harapan II Pekan Fisika VIII IAIN Batusangkar. Bintang Aktivis Berprestasi berikutnya adalah Iqwal Ramadhan (Fisika) dengan diantara prestasinya adalah pernah menjabat sebagai Ketua Umum HIMAFI, Ketua Pelaksana Pekan Raya Fisika, mengikuti lomba PKM RE, dan sebagai tim relawan Gempa Pasaman Barat. Terakhir Bintang Aktivis Berprestasi diberikan kepada Savira Geovana (Biologi), prestasi yang diraih diantaranya adalah Juara Harapan I Solo Song AGM FMIPA Unand, Sekretaris Umum BEM KM FMIPA Unand, serta sebagai anggota Tiger Heart, yang merupakan komunitas/volunteer yang bergerak di bidang konservasi harimau.

Foto-Foto :

 

 

 

12 Mei 2023 In Pengumuman

Sehubungan dengan pelaksanaan Wisuda Periode III Tahun 2023 Unand pada tanggal 20 Mei 2023, maka FMIPA Unand menyampaikan rincian Informasinya sebagai berikut:

 

No.

                                              Rincian                               

Jumlah

1.

Pembelian Toga Baru untuk Wisudawan/ti

 100.000,-

2.

Peminjaman Jubah Wisuda + perawatan dan Loundri  oleh Fakultas

     20.000,-

3.

Foto wisuda sebanyak 3 lembar ukuran 10 R+ dan softfile

    100.000,-

 

Total

   220.000,-

 

Pembayaran Perlengkapan wisuda sebesar Rp. 220.000,- (dua ratus dua puluh ribu rupiah) dibayarkan secara langsung/tunai ke Bapak Alid staf Pengelola Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan di Dekanat FMIPA.

Jubah wisuda hanya dipinjamkan kepada calon wisudawan/ti dan harus dikembalikan lagi dalam keadaan rapi dan tidak robek/cacat sewaktu pengembaliannya. Jubah dikembalikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah pelaksanaan Wisuda, jika jubah tidak dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan, maka dikenakan denda keterlambatan sebesar 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) / hari. Untuk Form peminjaman jubah dapat di unduh disini.

Demikianlah diberitahukan untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan, terima kasih.

 

Catatan:

  • Demi keseragaman dan kesamaan desain Toga, maka toga harus dibeli di Fakultas
  • Pengambilan Jubah dan Toga dimulai pada hari Senin tanggal 15 Mei 2023 di hari dan jam  kerja

.

 

 

                                                                                                            Padang, 11 Mei 2023

                                                                                                            An. Dekan

                                                         

                                                            Manajer Pendidikan, Kemahasiswaan, Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

                                                         

08 Mei 2023 In Ketentuan

Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali mengadakan kompetisi Mathematical Analysis and Geometry Day (MaG-D) di tahun 2023 yang merupakan kompetisi yang diadakan ke XIV kalinya pada tahun ini. Kompetisi ini terdiri dari lomba pemecahan masalah Analisis dan Geometri dan lomba sayembara. Lomba pemecahan masalah diadakan dalam dua tahap, di mana tahap pertama diadakan secara daring pada hari Sabtu tanggal 15 April 2023. Lomba kemudian dilanjutkan ke tahap kedua pada hari Sabtu tanggal 6 Mei 2023, di mana tahap kedua diikuti oleh peserta yang dinyatakan lolos seleksi tim pada tahap pertama.

Kompetisi MaG-D merupakan kompetisi rutin yang diikuti oleh Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA Universitas Andalas sejak tahun 2016 yang sempat terhenti pada tahun 2019 – 2021 dikarenakan satu dan lain hal termasuk pandemi Covid-19. Pada tahun 2023 ini, Departemen Matematika dan Sains Data mengirimkan sepuluh orang mahasiswa Prodi S1 Matematika yang dibentuk dalam lima tim. Lima tim Departemen Matematika dan Sains Data yang mengikuti kompetisi MaG-D tersaring menjadi empat tim pada seleksi tahap 1 yang dilakukan secara daring di Laboratorium Komputer Departemen Matematika dan Sains Data (Lab Kom MathDaSc). Pada hari Jum’at 5 Mei 2023, Departemen Matematika dan Sains Data melepas delapan orang mahasiswa Prodi S1 Matematika ke ITB Bandung. Delapan orang mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa angkatan 2020: Rizki Ladipa YM (2010432003) dan Rahma Dilla (2010432030); mahasiswa angkatan 2021: Fauzi Rahmatullah Siregar (2110432032), Fikri Mulyana Setiawan (2110432032), Robi Maulana Butar-Butar (2110432015), Muhammad Farhan Bunayya (2110432012), dan Irgian Saputra (2110431009); serta mahasiswa angkatan 2022; Rifka Khoirunnisa Armako (2210431006).

Seleksi tahap 2 kompetisi MaG-D ke XIV dilaksanakan di ITB Bandung pada 6 Mei 2023. Pada kategori individu, lima orang mahasiswa Prodi S1 Matematika yaitu Rizki Ladipa YM, Fauzi Rahmatullah Siregar, Fikri Mulyana Setiawan, Robi Maulana Butar-Butar, dan Irgian Saputra, memperoleh penghargaan perunggu. Penghargaan ini diperoleh melalui ujian tulis yang dilakukan bersama dengan kurang lebih 50 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya UI, tuan rumah ITB, UGM, IPB, Universitas Hasanuddin, dan lain sebagainya. Soal seleksi pada tahap kedua memuat tujuh soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, dan 3 soal essay.

Seluruh civitas academica Departemen Matematika dan Sains Data mengucapkan selamat dan terima kasih kepada mahasiswa Prodi S1 Matematika dan seluruh dosen pelatih atas jerih payahnya dalam memersiapkan segala hal untuk keikutsertaan mahasiswa dalam kompetisi MaG-D ke XIV pada tahun ini. Semoga prestasi ini menjadi pembuka dan awal dari prestasi-prestasi berikutnya. berita lebih lengpa disini