""
Selasa, 30 November 2021 14:40

Hasil Beasiswa PT Bank Nagari Tahun 2021

filenya bisa di baca disini

Selasa, 09 November 2021 09:08

Guru Besar Fakultas MIPA Unand Bertambah

(Padang-FMIPA Unand) - Guru Besar di FMIPA Unand bertambah, terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2021 tiga orang dosen FMIPA ditetapkan sebagai Guru Besar oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Dari tiga dosen tersebut dua orang berasal dari Jurusan Biologi, yakni Prof. Dr. Dra. Dewi Imelda Roesma, M.Si dalam bidang ilmu Biologi Akuakultur dan Prof. Drs. Chairul Mahmud, M.S, Ph.D  dalam bidang ilmu Kologi,  serta satu orang dari Jurusan Kimia yakni Prof. Dr. Zulhadjri, S.Si, M.Eng dalam bidang ilmu Kimia Anorganik.

Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Syukri Arif menyampaikan rasa bangga dan ucapan selamat atas raihan ketiga dosen FMIPA tersebut, “Barakallah, selamat atas pencapaian akademik tertinggi kepada Prof. Dr. Chairul, MS, Prof. Dr. Dewi Imelda Roesma, MS, dan Prof. Dr. Zulhajri, capaian ini telah menambahkan penguatan barisan MIPA dan Unand. Semoga capaian ini menjadi inspirasi bagi dosen-dosen yang lain agar tetap semangat dalam menggapai Guru Besar” demikian Prof. Syukri menambahkan.

Ketiga guru besar baru FMIPA ini tidak lupa menyampaikan rasa syukur kepada Allah swt dan terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan memberikan motivasi meraih capaian ini. Ketiga guru besar ini juga berharap dapat menjalankan amanah akademik tertinggi ini dengan sebaik-baiknya, berkontribusi untuk kemajuan Unand dan FMIPA, dan selalu istiqamah untuk berkarya.

Bertambahnya tiga guru besar ini menjadikan total guru besar yang dimiliki FMIPA saat ini sebanyak 24 orang atau sekitar 17% dari total dosen, dengan rincian 6 orang dari Jurusan Biologi, 14 orang dari Jurusan Kimia, 3 orang dari Jurusan Matematika dan 1 orang dari Jurusan Fisika. [Alid]       

(Padang - FMIPA Unand) Pada hari Jumat (12/11/2021) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas menerima kunjungan 16 orang pimpinan dan staf dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Padangsidimpuan. Kunjungan tersebut sekaligus digelar dalam acara “Pengenalan Fakultas dan Penandatanganan MoA”.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 Wib tersebut dimulai dengan sambutan dari Dekan FMIPA Universitas Andalas, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng. Dalam sambutannya Prof. Syukri menyambut hangat kedatangan tim FTIK IAIN Padangsidimpuan, beliau juga memperkenalkan FMIPA Unand sekaligus menyampaikan berbagai bentuk kerjasama yang dapat dirintis dan direalisasikan oleh kedua belah pihak. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FTIK IAIN Padangsidimpuan, Dr. Lelya Hilda, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Lelya menyampaikan terima kasih kepada FMIPA Unand yang telah bersedia menerima kunjungan mereka. Dr. Lelya menyampaikan bahwa prodi-prodi mipa di FTIK relatif baru berdiri, sehingga perlu banyak belajar dan menjalin kerjasama dengan fakultas lain termasuk FMIPA Unand.

Setelah pemberian kata sambutan, acara berikutnya adalah penandatanganan MoA antara Fakultas MIPA UNAND dengan FTIK IAIN Padangsidimpuan oleh masing-masing dekan. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Padangsidimpuan
Setelah acara ditutup yang disusul dengan foto bersama, rombongan dari FTIK IAIN Padangsidimpuan melakukan kunjungan ke labor-labor yang ada di FMIPA Unand. Kunjungan labor dipandu oleh pimpinan masing-masing jurusan bersama para kepala labor. [LAN]

Berita tentang kegiatan ini juga dapat dibaca di link berikut INI.

Sehubungan dengan pelaksanaan wisuda V Tahun 2021 Universitas Andalas pada tanggal 4 Desember 2021, maka FMIPA Unand menyampaikan rincian biaya kelengkapan wisuda tersebut sebagai berikut:

 

No. Kegiatan Jasa Ket.
1. Pembelian Toga Baru Rp.   100.000,- Toga untuk wisudawan/i
2. Pencucian (Dry Clean) Jubah Wisuda*) Rp.              -- Diserahkan ke wisudawan/i
3. Jaminan Jubah Wisuda
(Uang dikembalikan kepada wisudawan bila jubah dikembalikan seperti kondisi diterima)
Rp.   150.000,- Jubah hanya dipinjamkan
  T o t a l Rp.   250.000,-  

 

Pembayaran kelengkapan wisuda sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dibayarkan/disetor ke rekening Bank Nagari dengan No. Rek. 2102.0210.36741-3 atas nama Riki Basra. (Bendahara/BPP FMIPA), setelah ditransfer bukti berupa slip/kwitansi asli dari bank di kirim ke HP/WA Bpk. Riki Basra No. 082170411638.


Jubah wisuda merupakan aset Fakultas MIPA. Jubah tersebut hanya dipinjamkan kepada calon wisudawan/i dan harus dikembalikan kepada ke Sub. Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas MIPA Unand paling lambat 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan Wisuda yaitu pada tanggal 14 Desember 2021 pada hari dan jam kerja. Bagi calon wisudawan/i yang tidak mengembalikan jubah dalam rentang waktu tersebut di atas, dikenakan denda sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah)/hari. Uang tersebut dimanfaatkan untuk biaya pemeliharaan atau tambahan jubah baru.
Demikianlah diberitahukan untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan, terima kasih.


Perhatian:

  • Pengambilan Jubah dan Toga paling lambat 2 hari sebelum pelaksanaan wisuda
  • Jubah harus dicuci menggunakan Dry Clean ditempat loundry dengan menyerahkan kwitansi asli sewaktu pengembalian jubah.


                                                                                                                                                                    Padang, Nopember 2021
                                                                                                                                                                    Sub.Koordinator Bidang
                                                                                                                                                                    Akademik & Kemahasiswaan,
                                 

                                                                                                                                                                                   Ttd
                                                                                                                                                                          Sosmiadi, M.Kom


Link formulir peminjaman jubah wisuda download disini

Selasa, 09 November 2021 10:36

Raker Fakultas MIPA Tahun 2021

(Padang - FMIPA Unand) Pada hari Jumat dan Sabtu (5-6/11/2021) di Hotel Santika Bukittinggi telah dilaksanakan Rapat Kerja (Raker) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Tahun 2021. Kegiatan Raker dimulai pada pukul 14.30 WIB dan dibuka oleh Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng.

Tidak seperti biasanya, Raker kali ini diawali dengan penyampaian materi oleh Dr. Gunardi, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia FMIPA UGM tentang “Strategi Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahun (RKAT) untuk Optimalisasi Pencapaian Kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi di Unit dengan PTNBH” yang disampaikan secara online. Paparan materi yang dimoderatori oleh Wakil Dekan 2, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc, ini dinilai penting karena Unand secara umum dan FMIPA secara khusus akan efektif melaksanakan PTNBH di tahun 2022 mendatang, sehingga perlu berkaca dari best practice yang dijalankan oleh Fakultas MIPA dari perguruan tinggi lain, dalam hal ini FMIPA UGM.

Setelah narasumber selesai menyampaikan materi dan sesi diskusi, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Pemaparan Kinerja Tahun 2021 dan Rencana Kegiatan Tahun 2022 yang disampaikan setiap Jurusan, BAPEM dan Bidang-Bidang Fakultas. 

Presentasi pertama disampaikan oleh Dr. Wilson Novarino selaku Ketua Jurusan Biologi dan dimoderatori oleh Dr. Nofrita selaku Sekretaris Jurusan Biologi. Setelahnya dilanjutkan oleh Dr. Yulia Eka Putri selaku Sekretaris Jurusan Kimia dan dimoderatori oleh Dr. Syukri selaku Kaprodi S1 Kimia. Kemudian presentasi dari Jurusan Matematika disampaikan oleh Ketua Jurusan Matematika, Dr. Yanita, yang dimoderatori oleh Monika Rianti Helmi, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Matematika. Terakhir untuk pemaparan jurusan disampaikan oleh Ketua Jurusan Fisika, Dr. Afdhal Muttaqin, dan dimoderatori oleh Trengginas Eka Putra Sutanyo, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Fisika.

Setelah pemaparan dari jurusan, kegiatan Raker dilanjutkan dengan pemaparan dari Ketua BAPEM, Dr. Admi Nazra yang dimoderatori oleh Dr. Imam Taufiq selaku Kaprodi S2 Fisika. Berikutnya dilanjutkan dengan presentasi dari setiap Bidang Fakultas. Pemaparan dari Bidang I disampaikan oleh Wakil Dekan I, Dr. Mahdhivan Syafwan, dan sebagai moderator Dr. Yanita. Lalu Bidang II dipresentasikan oleh Wakil Dekan II, Prof. Dr. Syamsuardi, M.,Sc yang dimoderatori oleh Dr. Wilson Novarino. Selanjutnya ditutup oleh presentasi dari Bidang III oleh Wakil Dekan III, Dr. Jenizon, M.,Si, dan sebagai moderator Dr Zulhadjri selaku Kaprodi S2 Kimia. Keseluruhan rangkaian kegiatan Raker di hari pertama selesai pada pukul 23.00 WIB.

Pada hari kedua, Sabtu (06/11/2021), agenda kegiatan dilanjutkan pada pukul 08.00 WIB dengan Penyampaian Hasil Perumusan Rencana Pogram Kegiatan FMIPA dan Jurusan Tahun 2022 yang diawali dengan pemaparan dari Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, dan didampingi oleh seluruh Wakil Dekan. Prof. Syukri menekankan program-program internasionalisasi yang perlu dirancang oleh seluruh pimpinan fakultas dan jurusan, karena tahun 2022 ditargetkan sebagai tahun pencapaian akreditasi internasional bagi seluruh Prodi S1 FMIPA. Selain itu beliau juga menyampaikan agar program-program kerja memperhatikan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan Kementrian.

Kegiatan Raker FMIPA Unand selama dua hari di Bukittinggi berlangsung dengan penuh keakraban. Banyak saran masukan inovatif dan konstruktif yang disampaikan oleh para peserta, termasuk dari tenaga kependidikan. Kegiatan Raker kemudian ditutup pada pukul 11.00 WIB dengan do’a dan foto bersama. [LAN]

Padang – Unand, FMIPA Unand kembali berhasil meraih prestasi membanggakan pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke 34 di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, pada 25 – 29 Oktober 2021. Kali ini FMIPA berhasil membawa satu medali emas dan satu Juara Favorit dari bidang Riset Eksakta (PKMRE). Capaian ini berhasil melampaui raihan di Pimnas tahun sebelumnya yang berhasil meboyong satu juara favorit.

Penghargaan setara emas ini diraih oleh Tim Eldi Nuzan Syahputra (Ketua), Zakiah Syifa Urrahmah (Anggota) dan Fathya Rabiatunisa (Anggota) di kelas PKMRE-8 dengan karya “Pemodelan Matematika Pergerakan Jelajah Harimau Sumatera Pasca Translokasi dan Pelepasan sebagai Upaya Konservasi”. Tim ini di bimbing oleh Dr. Mahdhivan Syafwan dari jurusan Matematika FMIPA Unand. Sementara Juara Favorit diraih oleh Tim Dinda Fadhilah Belahusna (Ketua), Cinthya Fitri Hardianti (Anggota) dan Wardatul Aini (Anggota) di kelas PKMRE-7 dengan karya “Efek Neuroprotektif Ekstrak Biji Teratai (Nymphaea pubescens Wild) terhadap Mencit yang diinduksi menderita Degenerasi Otak”, yang dibimbing oleh Dr. Putra Santoso dari Jurusan Biologi FMIPA Unand.

Wakil Dekan 3 FMIPA Unand Dr. Jenizon menyampaikan rasa Syukur dan terimakasih nya kepada seluruh pihak yang telah  mendukung persiapan Tim di Pimnas hingga berhasil meraih prestasi “Alhamdulillah kita kembali bisa meraih prestasi pada Pimnas kali ini, terimakasih kami ucapkan kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu seluruh persiapan Tim di Pimnas ini”.

“Selamat kepada para pemenang, semoga hasil ini menjadi penyemangat bagi kita untuk kembali meraih prestasi yang lebih lagi kedepannya” demikian Jenizon menambahkan.

Sementara itu Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih Juara Umum pada Pergelaran Pimnas ke 34 ini. Sedangkan juara kedua diraih Institut Pertanian Bogor dan juara 3 diraih Institut Teknologi Sepuluh November. [Alid]

 

Mahasiswa FMIPA atas nama Gresia Puteri dari Prodi Biologi menjadi satu dari dua mahasiswa Universitas Andalas (Unand) yang terpilih mewakili Sumatera Barat hadir di peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Jakarta. Gresia diundang untuk menghadiri upacara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 atas suksesnya video beliau yang dikirim ke Kemdikbud Ristek Dikti tentang testimoni program kampus merdeka.


“Beberapa mahasiswa yang mengikuti program kampus merdeka di Unand diminta membuat video testimoni, lalu kementrian memilih dua video terbaik, putra dan putri, dan yang terbaik itu diundang ke Jakarta,” papar Gresia setelah menghadap Rektor Unand Prof Yuliandri, Senin 25/10-2021.
Berita selengkapnya dapat dilihat di sini:
https://www.tribunsumbar.com/warrbiasaa-dua-mahasiswa-unand-berpakaian-adat-upacara-sumpah-pemuda-di-jakarta/ 
https://fixpadang.com/berita/video-kampus-merdeka-terpilih-dua-mahasiswa-unand-diundang-ke-jakarta/97MGunv84xYyNJCsB2eZb7

 

Jumat, 22 Oktober 2021 09:21

Roadmap Pengabdian 2020-2024

Written by

(Padang – FMIPA Unand) Setelah sukses melakukan roadshow ke SMAN 1 Sumatere Barat, Tim Sosialisasi FMIPA Unand melanjutkan kunjungan ke MAS Ar-Risalah pada tanggal 22 Maret 2021. Kegiatan roadshow dihadiri oleh Wakil Dekan I Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan II Prof. Dr. Syamsuardi dan beberapa pimpinan jurusan, dosen, laboran dan tendik di lingkungan FMIPA Unand. Aslam Hadi, Lc selaku Kepala MAS Ar-Risalah sangat mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan tim FMIPA Unand ini.

Sebagaimana pada roadshow sebelumnya, kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada para siswa tentang kuliah di Fakultas MIPA Unand sebagai jalan dalam menggapai karir dan masa depan yang menjanjikan di dunia kerja. Dalam kesempatan tersebut Dr. Mahdhivan menjelaskan bahwa FMIPA Unand adalah salah satu dari fakultas sains terbaik di Indonesia yang memiliki banyak prestasi dan keunggulan, namun masih banyak para siswa yang belum mengetahui hal ini termasuk siswa-siswa di sekolah unggul. Selanjutnya Prof. Syamsuardi menambahkan bahwa roadshow ini merupakan salah satu upaya bagi fakultas untuk meningkatkan intake mahasiswa terutama dari siswa-siswa berprestasi.

Dalam kesempatan roadshow ini, tim melakukan sosialisasi di dua tempat terpisah masing-masing untuk siswa pria dan wanita. Pemisahan tempat tersebut juga dimaksudkan untuk mencegah penumpukan dan menjaga protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Pemaparan dari Tim 1 dibawakan oleh Wakil Dekan I, Sekjur Matematika Monika Rianti, M.Si, Kaprodi S1 Kimia Dr. Syukri Drajat, dan dosen muda Jurusan Biologi Silmi Yusri Rahmadani, M.Si. Sedangkan di Tim 2 diisi oleh Wakil Dekan II, Kajur Matematika Dr. Yanita, Kaprodi S1 Biologi Dr. Aadrean dan laboran Jurusan Fisika Vamellia Sari Indah Negara, M.Si.

Setiap tim menyampaikan paparan tentang pentingnya penguasaan sains bagi kemajuan bangsa, prospek karir bagi lulusan mipa, mekanisme penerimaan mahasiswa baru, sistem perkuliahan, beasiswa, dan prestasi-prestasi yang dicapai setiap prodi di FMIPA. Di sesi akhir, para siswa dipersilahkan untuk bertanya dan berdiskusi lebih lanjut. Tim juga membagikan brosur dan memberikan bingkisan menarik kepada para siswa. Acara berlangsung semarak dan mengundang antusias dari para siswa.  

(Padang – FMIPA Unand) Tim Sosialisasi FMIPA Unand melakukan roadshow ke SMAN 1 Sumatera Barat pada tanggal 19 Maret 2021. Kegiatan roadshow dihadiri langsung oleh Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief dan didampingi Wakil Dekan I Dr. Mahdhivan Syafwan yang juga dosen matematika, Kaprodi S1 Kimia Dr. Syukri Drajat, Kaprodi S2 Fisika Dr. Dian Fitriyani, dan beberapa tendik FMIPA Unand. Kepala SMAN 1 Sumatera Barat Budi Hermawan, S.Pd, M.Si menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan dari FMIPA Unand ini. “Baru kali ini sekolah kami mendapat kunjungan langsung dari pejabat setingkat dekan dan pimpinan fakultas,” ujar Budi Hermawan dalam sambutannya.  

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada para siswa tentang kuliah di Fakultas MIPA Unand sebagai jalan dalam menggapai karir dan masa depan yang menjanjikan di dunia kerja. “FMIPA Unand adalah salah satu dari fakultas sains terdepan di Indonesia yang memiliki banyak prestasi dan keunggulan, namun masih banyak para siswa yang belum mengetahui hal ini termasuk siswa-siswa di sekolah unggul,” demikian jelas Prof. Syukri Arif. Beliau menambahkan bahwa roadshow ini juga sebagai upaya bagi fakultas untuk meningkatkan intake mahasiswa terutama dari siswa-siswa berprestasi.

Dalam kesempatan roadshow ini, Dr. Mahdhivan menyampaikan paparan tentang pentingnya penguasaan sains bagi kemajuan bangsa, sehingga prodi-prodi di FMIPA idealnya menjadi pilihan utama bagi siswa-siswa yang berpotensi. Di samping itu juga dijelaskan tentang prospek karir, mekanisme penerimaan mahasiswa baru, sistem perkuliahan, beasiswa, dan prestasi-prestasi setiap prodi di FMIPA. Pada akhir pertemuan para siswa dipersilahkan bertanya dan berdiskusi. Tim FMIPA Unand juga membagikan berbagai bingkisan menarik kepada para siswa dan pihak sekolah.