""

(Padang - FMIPA Unand) Fakultas MIPA Unand jalin kerjasama kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (FST UINIB). Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dilaksanakan pada hari Senin (20/06/2022), bertempat di ruang sidang lantai 2 Dekanat FMIPA Unand. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sumber daya kedua belah pihak, serta berkolaborasi dalam kegiatan pendidikan, penelitian, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, berharap dengan kerjasama ini FMIPA Unand dapat membantu pengembangan FST UIN Imam Bonjol kedepannya, mengingat FST UIN Imam Bonjol merupakan Fakultas yang berumur relatif muda. “FST tentunya dapat menggunakan pakar-pakar yang kita punya untuk membantu pengembangan FST di masa datang” demikian beliau menambahkan.

Selanjutnya Dekan FST UIN Imam Bonjol, Nurus Shalihin, M.Si, Ph.D,  menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya atas terjalinnya kerjasama ini. “Kami tentunya akan sangat terbantu dengan kesepakatan ini, tentunya dengan transfer ilmu dan pengalaman yang akan kami peroleh akan sangat membantu pengembangan dan penguatan fakultas kami nantinya” ujar beliau.

Untuk diketahui FST UIN Imam Bonjol ini sendiri baru terbentuk lebih kurang 3 tahun belakang, menyusul perubahan status IAIN Imam Bonjol menjadi UIN Imam Bonjol pada tahun 2017. [Alid]    

(Padang-FMIPA UNAND) Pada hari Sabtu 4 Juni 2022 telah dilaksanakan Sosialisasi dan Pembekalan KKN FMIPA UNAND secara online melalui zoom meeting mulai pukul 13.25 hingga 15.55 WIB. Sosialisasi dan Pembekalan KKN ini disampaikan langsung oleh Kepala UPT KKN UNAND saat ini, Dr. Ir. Ujang Khairul, MP, dan Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II FMIPA UNAND. Acara ini dimoderatori oleh Ridho Saputra, Pengurus BEM KM FMIPA UNAND, dan diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan II FMIPA UNAND, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc.

Acara yang dihadiri oleh ± 300 partisipan ini merupakan salah satu rangkaian kuliah pembekalan bagi mahasiswa peserta KKN tahun 2022 yang difasilitasi oleh UPT KKN UNAND. Banyak hal yang dijelaskan dalam acara ini, seperti jurus jitu sukses KKN, filosofi dan teknis pelaksanaan KKN reguler.

KKN yang merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat. KKN tercantum dalam Peraturan Rektor No.14 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Program Sarjana Universitas Andalas Pasal 33 sebagai salah satu mata kuliah wajib insitusional dengan bobot 4 sks. Untuk tahun ini waktu pelaksanaan KKN adalah selama 40 hari penuh dari tanggal 12 Juli sampai 20 Agustus 2022.

Dalam pelaksanaan KKN ini mahasiswa akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang jumlahnya 25 orang/lokasi yang berasal dari fakultas yang berbeda dan dibimbing oleh satu orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Penugasan/penunjukan DPL dilakukan oleh universitas melalui UPT KKN. Pembekalan umum untuk mahasiswa terkait dengan program kerja yang dilakukan selama KKN disampaikan oleh narasumber dari fakultas secara daring. Selain itu ada juga pembekalan tambahan untuk beberapa lokasi yang memiliki kerjasama, seperti BKKBN Perwakilan Sumbar yang fokus pada masalah stunting, pusat-pusat studi di lingkungan UNAND (Nagari Tageh) yang memiliki proker yang lebih terarah, Kampung Tematik di 11 Kelurahan di Kota Padang, dan Bina Lingkungan Kampus (Batu Busuk/Sungkai).

Setelah kelompok KKN diumumkan, mahasiswa dan DPL aktif saling berkomunikasi dengan pihak Nagari/Desa/Kelurahan/Camat untuk bersama sama menetapkan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan KKN. Pembimbingan, monitoring dan evaluasi dilakukan oleh DPL secara offline dan online.

Saat ini telah terdata sebanyak 345 orang mahasiswa FMIPA UNAND yang akan melaksanakan KKN di tahun 2022. Terdapat 200 nagari dari 65 daerah yang akan menjadi lokasi tujuan KKN. Perihal pembagian kelompok, daftar nama kelompok dan lokasi KKN akan segera diinfokan oleh pihak UPT KKN UNAND.

Dalam acara ini juga dijelaskan bahwa ada kombinasi lokasi KKN untuk tahun 2022. Mahasiswa yang berdomisili di daerah Sumbar akan tetap ber-KKN di daerah domisilinya, sedangkan mahasiswa yang berdomisili di luar Sumbar akan ditarik ke Sumbar. UPT KKN juga menegaskan bahwa pelaksanaan KKN tidak ada di luar Sumbar, kecuali KKN tematik di Kabupaten Kerinci. Pihak UPT KKN nantinya juga akan memfasilitasi KKN gelombang kedua.

Setelah sosialisasi KKN berakhir, acara dilanjutkan dengan penjelasan ruang lingkup dan implementasi Program MBKM proyek kemanusiaan dan membangun desa yang disampaikan oleh Prof. Ir Abdul Hakam, M.T., Ph.D.  

Penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan KKN ini tidak terlepas dari peran aktif BEM FMIPA UNAND, mulai dari promosi kegiatan, pengisi acara, hingga liputan berita. Secara umum, acara berjalan dengan lancar dan interaktif. Acara ini bisa disimak kembali melalui kanal youtube FMIPA UNAND disini . [BEM]

(Padang-Unand) Mahasiswa  Jurusan Biologi kembali  terpilih sebagai pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Fakultas MIPA pada tahun 2022 ini. Elni Fatimah berhasil menyisihkan rekan-rekannya dari jurusan lain yakni Zahara Zettira (Fisika), Buty Kurnia Hamzani (Kimia), serta Salsabila Aurelia (Matematika).

Pada proses seleksi Pilmapres yang diadakan pada hari kamis (9/6/2022) ini, setiap peserta seleksi Pilmapres ini menyajikan karya tulis ilmiah mereka kepada Tim Juri yang terdiri dari Dr. Putra Santoso (Biologi), Dr. Yulia Eka Putri (Kimia), Dr. Ferra Yanuar (Matematika), dan Dr. Dian Fitriyani (Fisika). Elni Fatimah mempresentasikan karya tulis ilmiahnya yang berjudul “Pengembangan Sereal Berbasis Aneka Buah dan Sayur Harga Ekonomis Sebagai Usaha Untuk Mengatasi Stunting Pada Anak-Anak”. Hasil penelitian ini diharapkan adanya inovasi produk bergizi tinggi yang lebih terjangkau bagi keluarga dengan perekonomian menengah kebawah. Dari Proses seleksi ini Tim Juri menetapkan Elni Fatimah sebagai peringkat pertama dalam Pilmapres Fakultas MIPA tahun 2022 ini.

Atas capaiannya ini, Elni Fatimah akan mewakili Fakultas MIPA pada ajang Pilmapres tingkat Unand yang akan diadakan dari tanggal 13 Juni s/d 14 Juni 2022. “ Tentunya kita harapkan mahasiswa MIPA bisa meraih prestasi terbaik dalam ajang Pilmapres kali ini” demikian Dr. Jenizon -Wakil Dekan III FMIPA- menyampaikan harapannya.

Pemenang Pilmapres di tingkat Unand nantinya akan dikirim untuk bersaing di tingkat Nasional nantinya. Sebagai informasi, pada tahun 2021 kemaren perwakilan Unand di tingkat Nasional yakni Refa Rahmadiansyah (Fakultas Kedoteran) berhasil menggondol peringkat Pertama dalam ajang tersebut.

 Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Untuk pesertanya sendiri diikuti oleh mahasiswa program sarjana atau program diploma. [Alid]

 

 

Bersama ini kami sampaikan  Program Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas MIPA Universitas Andalas tahun  2022 dengan skema sebagai berikut :

 

  1. Riset Dasar & Riset Terapan
  2. Dosen Pemula
  3. Riset Kolaborasi
  4. Disertasi Doktor
  5. Pengabdian Kepada Masyarakat

 

Berikut ketentuan umum:

  1. Bagi dosen yang sedang menjadi ketua peneliti dengan pendanaan dari Kemendikbud-Ristek atau Universitas Andalas tidak dapat menjadi ketua pada skema penelitian di atas kecuali skema Riset Kolaborasi.
  2. Setiap dosen dapat mengusulkan dua usulan penelitian (satu usulan sebagai ketua dan satu usulan sebagai anggota atau dua usulan sebagai anggota) dan dua usulan pengabdian kepada masyarakat (satu usulan sebagai ketua dan satu usulan sebagai anggota atau dua usulan sebagai anggota).
  3. Bagi dosen yang memperoleh hibah penelitian atau pengabdian Fakultas MIPA Universitas Andalas sejak tiga tahun sebelumnya tetapi luaran yang disyaratkan belum terpenuhi, maka tidak dapat mengusulkan hibah penelitian atau pengabdian pada tahun anggaran 2022 ini.

 

Proposal disubmit secara online via http://sippmi.unand.ac.id paling lambat pada tanggal 13 Juli 2022 (tidak ada perpanjangan). Ketentuan dan persyaratan setiap skema, tahapan pencairan dana dan tanggal-tanggal penting dapat dilihat pada lampiran.

Jumat, 10 Juni 2022 10:10

Naik pangkat dosen periode 2 2022

Ahmad Taufiq B, C

Izzati Rahmi HG B, C, D, E

Jabang C1, C2, D, E

Upita Septiani B, C, Lektor

(Padang - FMIPA UNAND) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas (FMIPA Unand) mewisuda sebanyak 78 orang wisudawan pada hari Sabtu (28/5/2022) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas. Pada wisuda kali ini terdapat 19 wisudawan yang lulus dengan predikat Cumlaude.

Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng mengucapkan selamat atas raihan para wisudawan tersebut. Beliau berharap semua wisudawan akan dapat berkontribusi dengan baik di dunia kerja nantinya, serta berperan serta dalam meningkatkan nama baik FMIPA Unand tentunya.

“ Semoga para wisudawan semuanya bisa berbaur dengan lingkungan masyarakat nantinya di manapun mereka akan bergabung nantinya, baik dunia kerja maupun bagi yang melanjutkan pendidikannya. Kami berharap semua prestasi yang di raih dan pengalaman yang diperoleh selama berkuliah di FMIPA Unand akan menjadi manfaat bagi wisudawan dan lingkungan mereka dimasa yang akan datang” ujar beliau.

Dari 19 wisudawan yang lulus dengan predikat Cumlaude tersebut, 12 orang merupakan wisudawan jenjang pendidikan sarjana. Tujuh wisudawan  dari Jurusan Kimia yakni M. Rafli Habibillah, Mutia Rahmi, Gebby Fabrilia Irwanda, Rino Gusfri Ramadhan, M. Fadli, Farid Al Huzaini dan Resin Putra Teja Kusuma. Dua wisudawan dari Jurusan Fisika yakni Aviva Fajriati dan Nurul Khaira Sabila. Dua wisudawan dari Jurusan Matematika yakni Awanda Jasela dan Bima Saputera. Serta satu wisudawan Jurusan Biologi yakni Poggi Rahman.

Untuk jenjang Pendidikan Pasca Sarjana terdapat 7 orang wisudawan dengan predikat Cumlaude, 3 dari Jurusan Kimia yakni Ramanisa Muliani Talib, S.Si, Eva Musifa, S.Pd, Mutira Suciandika, S.Si, 3 dari Jurusan Biologi yakni Ashrifurrahman, S.Si, Monica Mulnia Hanif, S.Si, dan Gresia Puteri, S.Si, serta 1 wisudawan dari Jurusan Fisika.

Sementara itu untuk wisudawan Lulusan Terbaik pada wisuda kali ini adalah Rifno Gusfri Ramadhan (Kimia), Nurul Khaira Sabila (Fisika), Nurma Yati (Matematika), Poggi Rahman (Biologi) serta Gresia Puteri S.Si (S2 Biologi).

Sebagai informasi, Prosesi wisuda kali ini adalah yang pertama yang diselenggarakan secara offline bagi FMIPA setelah wabah Covid 19 merebak lebih kurang 2 tahun yang lalu.[alid]