Senin, 14 Juni 2021 21:26

Sosialisasi KKN dan Program Fast-Track FMIPA Unand

Rate this item
(1 Vote)

(Padang-FMIPA UNAND) Pada hari Sabtu 12 Juni 2021 telah dilaksanakan Sosialisasi KKN dan Program Fast-Track FMIPA Unand yang berlangsung secara online melalui aplikasi Zoom mulai pukul 13.30 hingga 15.45 WIB. Sosialisasi KKN disampaikan langsung oleh Kepala UPT KKN Unand saat ini, Dr. Ir. Ujang Khairul, M.P dan  Kepala UPT KKN Unand periode sebelumnya, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II FMIPA Unand. Acara ini dimoderatori oleh Oesamah, Pengurus BEM KM FMIPA Unand, dan diawali dengan sambutan pengantar dari Wakil Dekan I FMIPA UNAND, Dr. Mahdhivan Syafwan.

Acara ini dihadiri oleh ± 400 partisipan yang terdiri dari mahasiswa FMIPA angkatan 2018 dan angkatan 2019. Sosialisasi KKN sendiri merupakan salah satu rangkaian kuliah pembekalan bagi mahasiswa peserta KKN tahun 2021 yang difasilitasi oleh UPT KKN Unand. Pada sosialisasi kali ini banyak hal yang dibahas, seperti jenis pelaksanaan KKN tahun ini, tujuan serta mekanisme pelaksanaan KKN. “Dalam pelaksanaan KKN tahun ini, Unand bekerja sama dengan BPJS yang memberikan perlindungan asuransi terhadap risiko kecelakaan selama pelaksanaan KKN. Namun bagi mahasiswa yang telah terdaftar pada asuransi BPJS ataupun asuransi lainnya, diperbolehkan untuk tidak mendaftar lagi”, demikian penjelasan dari Dr. Ujang.

Kepala UPT KKN Unand ini kemudian menambahkan bahwa pelaksanaan KKN tahun ini dibagi atas tiga periode. Periode 2 direncanakan akan dimulai atau dilepas secara resmi oleh Rektor pada awal bulan Juli dengan masa KKN ± 40 hari. Untuk pembagian daerah sudah diberitahukan pada sosialisasi sebelumnya, sedangkan untuk pembagian kelompok per daerah akan diumumkan secepatnya oleh UPT KKN.

Sebelumnya Prof. Syamsuardi menjelaskan bahwa program KKN pada pelaksanaannya bersifat fleksibel sesuai dengan koordinasi mahasiswa KKN dengan aparat pemerintah di wilayah atau nagari lokasi KKN. Terdapat dua jenis program kerja yang harus dilakukan oleh mahasiswa, yaitu program kerja utama dan program kerja tambahan. Program kerja utama ini merupakan program kerja yang sesuai dengan bidang keilmuan jurusan masing-masing, sedangkan untuk program kerja tambahan diberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk merancangnya sesuai inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam menjawab permasalahan/kebutuhan masyarakat di lokasi KKN. “Jika semakin banyak program kerja tambahan yang dilakukan, maka akan semakin baik pula nilainya”, tambah Prof. Syamsuardi.

Pelaksanaan KKN periode 2 ini juga bertepatan dengan pelaksanaan penelitian bagi mahasiswa yang lolos didanai proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Terkait hal ini, Dr. Ujang menjelaskan solusi alternatifnya dengan memindahkan mahasiswa yang lulus PKM tersebut ke pelaksanaan KKN periode 3. Untuk periode 3 sendiri akan diinformasikan nantinya melalui website KKN Unand https://kkn.unand.ac.id/

Setelah sosialisasi KKN berakhir sekitar pukul 15.00 WIB, acara dilanjutkan dengan sosialisasi Program Fast-Track FMIPA Unand yang disampaikan oleh Dr. Mahdhivan Syafwan. Wakil Dekan I FMIPA Unand ini menjelaskan bahwa program fast-track merupakan sebuah pelaksanaan berkesinambungan program sarjana dan magister yang linier bagi mahasiswa yang berkemampuan tinggi mengembangkan dirinya secara optimal dalam waktu yang relatif singkat (5 tahun). Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa program fast-track ini sangat banyak manfaatnya, baik bagi mahasiswa yang mengikuti maupun bagi institusi. “Bagi mahasiswa, program fast-track dapat menghemat waktu dan sekaligus menghemat biaya pendidikan, sedangkan bagi institusi, program fast-track dapat meningkatkan mutu prodi magister karena input mahasiswa yang berkualitas”, jelas Dr. Mahdhivan.

            Penyelenggaraan kegiatan sosialisasi KKN dan program fast-track ini tidak terlepas dari peran aktif BEM FMIPA Unand, mulai dari promosi kegiatan, pengisi acara, hingga liputan berita. Secara umum, acara sosialisasi berjalan dengan lancar dan interaktif. Acara ini bisa disimak kembali melalui kanal youtube FMIPA Unand berikut ini. [BEM]

 

 

 

Read 133 times Last modified on Senin, 21 Juni 2021 10:03
Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar