""
Jumat, 27 Mei 2022 11:02

Fakultas MIPA Unand Tambah Doktor Baru

Rate this item
(1 Vote)

(Padang - FMIPA Unand) Dosen Fakultas MIPA meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Kimia usai sidang promosi terbuka di Ruang Sidang Lantai 2 Dekanat FMIPA Unand pada Kamis 19 Mei 2022. Promovenda Sri Handani, M.Si, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng selaku promotor, dan Prof. Dr. Dahyunir Dahlan dan Prof. Emriadi selaku co-promotor, berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Sintesis dan Kajian Sifat Fisis Lapisan Tipis Seng Oksida (ZnO) dengan Ekstrak Daun Gambir (Uncaria Gambir Roxb.) sebagai Capping Agent”. 

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitiannya, Sri Handani yang merupakan dosen Jurusan Fisika FMIPA Unand ini menyampaikan bahwa energi gap nanopartikel ZnO dengan ekstrak daun gambir (3.42 eV) lebih besar dibandingkan tanpa ekstrak daun gambir (3,09 eV).

Prof. Syukri Arief selaku promotor yang juga merupakan Dekan FMIPA Unand menyampaikan bahwasanya penelitian dengan ekstrak gambir ini menghasilkan dampak yang signifikan terhadap kualitas nanopartikel maupun lapisan tipis ZnO.

Hadir sebagai penguji dari luar pada sidang promosi terbuka ini yakni Prof. Dr. Rahadian Zainul dari Universitas Negeri Padang. Sementara penguji dari dalam yakni Prof. Dr. Rahmayeni, M.Si, Dr. Upita Septiani, dan Dr. Syukri dari Jurusan Kimia FMIPA Unand. Sidang terbuka S3 ini dibuka oleh Dr. Jenizon - Wakil Dekan III FMIPA Unand sebagai pimpinan fakultas dan dipimpin oleh Dr. Mai Efdi- Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unand sebagai ketua sidang.

Setelah penetapan kelulusannya pada sidang promosi doktor terbuka ini yang disampaikan oleh ketua sidang, istri dari Muhammad Ihsan ini tampak berlinangan air mata menyambut kelulusannya tersebut. “Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Promotor saya, kepada Tim Penguji serta kepada semua pihak yang terlibat dalam selesainya penelitian ini. Terutama kepada suami saya Muhammad Ihsan yang dengan sabar selalu mendampingi saya selama proses penelitian ini”, demikian beliau sampaikan. Tidak lupa Sri Handani menyampaikan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT atas telah selesainya studi S3-nya tersebut. [Alid]

Read 98 times Last modified on Jumat, 27 Mei 2022 14:22