""
Jumat, 10 Maret 2023 08:58

FMIPA Unand Jajaki Kerjasama dengan Institute of Geophysics Polish Academy of Sciences, Polandia

Rate this item
(1 Vote)

Pada hari Kamis 9 Maret 2023, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas mendapat kunjungan dari Prof. Dr. Dariusz B. Baranowski seorang peneliti dari Institute of Geophysics, Polish Academy of Sciences, Polandia. Prof. Baranowski merupakan ahli fisika atmosfer yang banyak meneliti tentang dinamika dan variabilitas iklim, remote sensing, dan presipitasi di Kawasan tropis terutama Indonesia khususnya Sumatera. Prof. Baranowski menyatakan bahwa kondisi geografis Indonesia sangat unik sehingga cuaca dan iklimnya dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk pola tiupan angin dan terbentuknya presipitasi dari lautan lepas dan kontinen (Asia dan Australia). Cuaca Indonesia dan regional saling tergandeng dan mempengaruhi satu sama lain. Pengamatan dan pemodelan cuaca sangat bergantung pada data yang dikumpulkan oleh radar dan satelit cuaca yang dikumpulkan oleh beberapa institusi terkait.

Untuk meningkatkan resolusi atau kerapatan titik pengumpulan data, Prof. Baranowski berencana menempatkan beberapa alat pemantau cuaca tersebar dari kota Padang hingga Bukittingi. Pemilihan lokasi dilakukan berdasarkan pertimbangan perbedaan topografi dan ketinggian dari permukaan laut serta keberadaan alat serupa milik BMKG yang sudah ada sebelumnya. Alat ini akan berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mentransmisikan data suhu, angin, presipitasi dan parameter cuaca yang lain sehingga dapat digunakan bersama oleh peneliti dari FMIPA Unand, BMKG, dan Institute of Geophysics Polish Academy of Sciences.  Data yang didapatkan akan meningkatkan pemahaman atas variabilitas cuaca di Sumatera Barat serta pengaruhnya terhadap provinsi sekitar dan pada akhirnya akan meningkatkan akurasi prediksi cuaca. Pemasangan alat direncanakan akan dilaksanakan sekitar bulan September 2023. Sebelum pemasangan, akan dilakukan serangkaian pengujian untuk memastikan alat berfungsi sesuai rencana.

Diskusi yang berlangsung di Dekanat Fakultas MIPA dihadiri oleh Prof. Dr. Syukri Arief (Dekan FMIPA), Dr. Mahdhivan Syafwan (Wakil Dekan I), Dr. Diana Vanda Welia (Manajer Bidang I), Dr.rer.nat. Muldarisnur (Manajer Bidang II), dan Dr. Techn. Marzuki (Ahli Fisika Atmosfer dari Departemen Fisika). Prof. Dr. Syukri Arief menyambut baik rancangan kerjasama ini dan berharap nantinya akan makin banyak dosen dan mahasiswa FMIPA Unand yang terlibat baik dari aspek komputasi dan pemodelan matematika, kimia atmosfer, maupun biologi. Kerjasama juga nantinya akan dikembangkan bukan hanya untuk penelitian dan pertukaran peneliti saja, namun juga untuk mendukung kegiatan MBKM. Hal senada juga dikemukakan oleh Dr. Mahdhivan Syafwan yang menambahkan beberapa nama dosen FMIPA yang mungkin bisa terlibat dalam kegiatan penelitian kedepannya. Dr. techn. Marzuki menyatakan bahwa kolaborasi dengan Prof. Baranowski sudah berlangsung cukup lama dan menghasilkan beberapa publikasi di jurnal internasional bereputasi, namun memang selama ini belum ada payung kerjasamanya. Adanya perjanjian formal kerja sama memungkinkan makin banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan bersama. Acara diskusi ini diakhiri dengan foto Bersama di Lobby Fakultas MIPA.

 

 

Read 624 times Last modified on Selasa, 04 April 2023 09:03