""
Selasa, 20 Juni 2023 15:21

50 proposal Program Kreatifitas Mahasiswa FMIPA tahun 2023 Bersiap Meraih Tiket Menuju PIMNAS  

Rate this item
(0 votes)

Mahasiswa Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (Unand) kembali memperlihatkan dominasinya diajang Program Kreativitas Mahasiswa   (PKM). Pada tahun 2023 ini, sebanyak 50 judul proposal PKM yang didanai DIKTI (meningkat 12,5 kali lipat dibandingkan tahun 2022), dari total 115 judul proposal PKM Unand yang didanai DIKTI. “Dengan kata lain, ada 43,5% dari proposal mahasiswa Unand yang didanai DIKTI berasal dari FMIPA, kata Dr. Mahdhivan Syafwan, S.Si, Wakil Dekan I FMIPA Unand di ruang kerjanya.

Menurutnya,  50  proposal PKM tersebut antara lain 2 judul PKM Kewirausahaan (PKM-K), 3 judul PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 1 judul PKM Penerapan Iptek (PKM-PI) dan 44  judul PKM Riset Eksakta (PKM-RE). Distribusi proposal yang didanai tersebut untuk setiap departemen adalah Kimia meloloskan  22 proposal, Biologi 12 proposal, Fisika 12 proposan dan Matematika&Sains Data 4 proposal. 

Usai Dikti melansir hasil seleksi melalui situs resminya pada Jumat 16 Juni 2023, seluruh kelompok PKM FMIPA Unand  itu akan diwajibkan mengikuti tahap monitoring dan evaluasi (Monev) sebelum nantinya diumumkan lolos ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023 yang akan diadakan di Universitas Padjadjaran, Bandung. Untuk mengapresiasi prestasi mahasiswa ini, FMIPA Unand memberikan pengakuan prestasi PKM ini kedalam bidang akademik. “Semua ketua proposal PKM yang lolos didanai, maka nilai untuk mata kuliah Ujian Proposal Tugas akhir secara otomatis diberi A”, kata Dr. Mahdhivan menambahkan.

Tahun lalu, ada 4 proposal FMIPA Unand yang lolos ke PIMNAS 35 di Malang walaupun masih belum berhasil meraih medali, Oleh karena itu, untuk tahun ini FMIPA Unand menargetkan perolehan medali emas, menyamai dan melampaui prestasi tahun 2021 dimana Unand meraih satu medali emas yaitu dari Tim mahasiswa Matematika bimbingan Dr. Mahdhivan Syafwan  dan 1 Peserta Favorit dari Tim Biologi asuhan Dr. Putra Santoso. Dibutuhkan kerja keras dan doa semua pihak. (dvw)

 

 

 

Read 1334 times Last modified on Selasa, 20 Juni 2023 15:46