""
Items filtered by date: Agustus 2021
30 Agustus 2021 In Ketentuan

(Padang – FMIPA Unand) Fakultas MIPA Unand mengadakan kegiatan BAKTI (Bimbingan Aktifitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah) dengan tema “Mewujudkan Generasi MIPA yang Tangguh,  Inovatif dan Berkarakter Madani” pada tanggal 26 – 28 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan satu bentuk acara pengenalan fakultas kepada lebih 440 orang mahasiswa baru S1 tahun akademik 2021/2022.

“Selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Fakultas MIPA Unand,” ucap Dekan Fakultas MIPA Prof. Syukri Arief dalam sambutannya. Beliau menyampaikan rasa bangganya kepada mahasiswa baru karena telah memilih FMIPA sebagai pilihan untuk melanjutkan jenjang studi.

Prof. Syukri juga memberi motivasi kepada seluruh mahasiswa baru untuk selalu menjadi orang yang kompetitif.  “Kita harus tetap menjadi orang yang kompetitif karena orang yang kompetitiflah yang bisa terus eksis, memimpin dan menguasai dunia,” demikian beliau menyampaikan. Dalam kesempatan tersebut Dekan FMIPA ini juga menyampaikan profil FMIPA kepada seluruh mahasiswa baru.

Kegiatan BAKTI FMIPA tahun ini diadakan secara daring selama 3 hari melalui aplikasi Zoom. Pada hari pertama (Kamis) sesi pagi, mahasiswa baru diberikan materi tentang ketentuan akademik, fasilitas dan kemahasiswaan, masing-masing disampaikan oleh Wakil Dekan I Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan II Prof. Syamsuardi dan Wakil Dekan III Dr. Jenizon. Pada sesi siangnya dilanjutkan dengan pengenalan UKMF dan panggung prestasi mahasiswa FMIPA yang diisi oleh perwakilan mahasiswa berprestasi dari setiap jurusan, yaitu Zahara Zettira (fisika), Dyan Nur  Fadhilah (biologi), Eldi Nuzan Syahputra (matematika), dan Thiwi Briliana Khairani (kimia).

Pada hari kedua (Jumat) sesi pagi, acara BAKTI FMIPA dipusatkan di jurusan masing-masing berupa pengenalan jurusan, kurikulum, dosen PA, hima, dan lain-lain. Siangnya diisi dengan Talkshow Inspiratif Alumni-Alumni FMIPA yang disampaikan perwakilan alumni masing-masing jurusan, yaitu Rinaldi S.Si, MM (biologi), Dr. Dasriel Adnan Noeha Me. MBAT.PhD (kimia), Dr. Helen Raflis, S.Si.,M.Eng (fisika) dan Rika Febriana, M.Si (matematika). Rangkaian acara BAKTI untuk mahasiswa  kemudian ditutup oleh WD III pada sesi sore.

Selain rangkaian acara untuk mahasiswa baru, pada kegiatan BAKTI FMIPA ini juga digelar Temu Ramah bersama orang tua/wali mahasiswa baru yang diadakan pada hari Sabtu 28 Agustus 2021. Pada kesempatan tersebut, fakultas memberikan penjelasan kepada orangtua/wali mahasiswa baru perihal profil fakultas dan ketentuan akademik yang kemudian diikuti dengan tanya jawab. Setelah diadakan terpusat di tingkat fakultas, acara temu ramah bersama orangtua/wali mahassiwa baru dilanjutkan di jurusan masing-masing. Keseluruhan kegiatan BAKTI FMIPA 2021 dapat disimak kembali melalui channel youtube berikut. [Alid]