""
Items filtered by date: Agustus 2023
30 Agustus 2023 In Ketentuan

(Padang - FMIPA Unand) Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Syukri Arief kali ini menerima kunjungan Tim Benchmarking dari Universitas Tanjungpura Pontianak, pada Rabu (30/8/2023), di Plaza FMIPA Unand. 

Kunjungan FMIPA Untan ini guna menimba ilmu terkait rencana mereka yang hendak mengajukan Akeditasi Internasional layaknya FMIPA Unand yang telah terakreditasi ASIIN serta RSC. 

“Kami ingin belajar dan menimba pengalaman dari FMIPA Unand yang prodi-prodinya telah mendapat pengakuan internasional atau terakreditasi internasional yakni oleh ASIIN dan RSC” ujar Dekan Untan Dr. Gusrizal yang menjadi kepala rombongan benchmarking tersebut. 

Pada kesempatan tersebut Prof. Syukri Arief yang didampingi oleh Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan serta Wakil Dekan 2 Prof. Syamsuardi, menyambut  kedatangan Tim dari FMIPA Untan tersebut “tentunya kita dengan senang hati akan berbagi ilmu dan pengalaman terkait persiapan akreditasi Internasional ini” ujar Prof. Syukri. 

“Selain itu kita juga berharap kedepannya terjalin kerjasama yang kuat antara ke dua instansi dalam berbagai bidang penelitian” tambah beliau. 

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi antara perwakilan Departeman yang hadir dari ke dua pihak serta presentasi aplikasi Myfmipa yang digunakan oleh FMIPA Unand sebagai aplikasi penghimpun data segala kegiatan di FMIPA Unand.

28 Agustus 2023 In Ketentuan

(Padang, FMIPA Unand) Fakultas MIPA Universitas Andalas melaksanakan Program BAKTI (Bimbingan Aktifitas Kampus dalam Tradisi Ilmiah) pada hari Jumat - Sabtu (25-26 Agustus 2023) untuk pembekalan mahasiswa baru guna memperkenalkan tradisi dan budaya akademik yang ada di kampus beserta sistem, metode, dan pendekatan yang digunakan. Acara yang bertemakan “Saintis Muda : Tangguh, Berbudi, dan Berprestasi” ini diadakan di Lingkungan FMIPA Universitas Andalas.

Dekan Fakultas MIPA Unand Prof. Syukri Arief mengatakan tema ini dipilih untuk mewujudkan mahasiswa yang unggul tidak hanya dalam bidang akademik namun juga unggul dalam akhlak dan tingkah laku. 

“Melalui tema ini, diharapkan mahasiswa baru dapat membangun kesadaran dalam bersikap dan berprilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila, sehingga lahirlah akademisi muda yang unggul tidak hanya dibidang akademik namun juga tingkah laku, akhlak dan budi pekerti yang baik” jelasnya. 

Pembukaan BAKTI yang dilakukan di Plaza Fakultas MIPA ini di pimpin langsung oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Syukri Arief serta jajaran pimpinan Fakultas dan Departemen. 

Selain acara BAKTI tersebut  juga diadakan pertemuan antara orang tua/wali mahasiswa baru dengan pihak Fakultas MIPA pada Sabtu 26 Agustus 2023, serta pertemuan denga Mahasiswa baru Pascasarjana pada Kamis 24 Agustus 2023. Pertemuan ini bertujuan menyamakan pandangan antara pihak Fakultas dengan orang tua/wali, serta mahasiswa baru Pascasarjana tentang perkuliahan di Fakultas MIPA ke depannya. Tentunya keberhasilan perkuliahan seorang mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh baiknya proses belajar mengajar di kampus, namun juga ditentukan oleh dukungan, motivasi dan pemantauan dari pihak keluarga, orang tua/wali khususnya. 

 “Kami berharap dengan adanya pertemuan ini orang tua/wali mahasiswa serta mahasiswa pascasarjana itu sendiri akan lebih paham tentang dinamika perkuliahan di Fakultas MIPA kedepannya, dan tentunya dengan pemahaman tersebut kita semua berharap akan lebih meminimalisir jumlah mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang Drop Out atau gagal menyelesaikan perkuluihannya nantinya” demikain Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan menyampaikan.

23 Agustus 2023 In Ketentuan

(Padang - FMIPA Unand) Bertemakan “Sinergi, akselerasi dan internalisasi core value untuk keunggulan MIPA”, Fakultas MIPA Unand menyelenggarakan rapat kerja pada 17 s.d 19 Agustus 2023 di The Balcone Hotel, Bukittinggi. Acara rapat kerja kali ini menjadi lebih bermakna karena bertepatan dengan HUT RI ke 78.  “Dengan semangat kemerdekaan kita selenggrakan Rapat Kerja tahun ini, sehingga rasa nasionalisme dan cinta tanah air akan semakin tertanam dalam jiwa kita sebagai ASN”  ujar Prof. Syukri Arief membuka rapat kerja tersebut.

Acara raker dimulai dengan wacana penukaran nama Fakultas dan Departemen di FMIPA dengan nama yang lebih menjual dan sesuai dengan kebutuhan masyaarakat saat ini. Penukaran nama ini diharapkan juga akan meningkatkan  jumlah peminat yang mendaftar ke Fakultas MIPA untuk tahun-tahun yang akan datang.

Selanjutnya berturut disampaikan pemaparan dari bidang I oleh Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan dan dari bidang II oleh Prof. Syamsuardi tentang capaian yang telah diperoleh dalam masa berjalan hingga akhir Juli 2023. Capaian yang diperoleh ini tentunya mengacu kepada Program Kegiatan yang sesuai dengan IKU (Indikator Kinerja Utama) dan IKSS (Indikator Kinerja Sasaran Strategis) yang telah dirancang tahun sebelumnya.

Hadir dalam acara ini yakni Dekan FMIPA Prof. Syukri Arief, Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan 2 Prof. Syamsuardi, beserta jajaran pimpinan di Fakultas dan  Departemen serta  beberapa orang staf  Tendik.

 

Foto-Foto :

16 Agustus 2023 In Ketentuan

Alumni Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) Unand mengadakan acara temu kangen di Plaza MIPA Universitas Andalas pada Hari Sabtu, 12 Agustus 2023. FIPIA adalah nama yang digunakan sejak tahun 1955, sebelum diubah menjadi FMIPA pada tahun 1983. FIPIA terdiri dari tiga jurusan, yaitu Biologi, Kimia, dan Farmasi. Pada tahun 1996 didirikan Jurusan Fisika dan Matematika, sedangkan Jurusan Farmasi dikembangkankan menjadi Fakultas pada tahun 2008. Acara yang diinisiasi oleh Bapak Yulizar Yusuf, Bu Marniati Salim dan beberapa alumni lain ditanggapi antusias oleh Pimpinan Fakultas FMIPA Unand. Acara ini dihadiri alumni FIPIA dari berbagai angkatan mulai dari 1963 hingga 1979 baik yang berdomisili di Kota Padang maupun yang dari luar kota, bahkan dari Pulau Jawa.

Dekan FMIPA, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng., menyambut baik kegiatan ini berharap kedepannya dapat dilakukan secara rutin dan skalanya diperbesar sebagai salah satu cara untuk menjalin komunikasi alumni dengan pimpinan fakultas dan departemen. Saran, kritikan, dan masukan sangat penting untuk kemajuan FMIPA dan Unand secara keseluruhan. Para senior sangat menginspirasi dan berkontribusi dalam perkembangan FMIPA. Secara singkat Dekan juga menyampaikan bebarapa perubahan di lingkungan FMIPA seperti fasilitas labor, perkembangan SDM, perubahan Organisasi Tata Kelola (OTK), serta perkembangan akreditasi dan internasionalisasi Program Studi.

Mewakili alumni, Bapak Kojeng alumni FIPIA Angkatan 1971 yang sekarang berdomisili di Jakarta menyatakan terima kasih banyak pada Fakultas dan inisiator acara ini sehingga acara ini dapat terlaksana. Semoga acara reuni ini dapat dilaksanakan secara rutin kedepannya. Alumni juga merasa bangga atas perubahan dan capaian FMIPA Unand. Bapak Wakil Rektor I Unand, Prof. Dr. Mansyurdin, yang merupakan alumni Angkatan 1981 menyatakan sangat senang para senior semua dalam keadaan sehat dan segar-segar, sehingga cara para senior menikmati masa pensiunnya perlu dicontoh. Terakhir beliau mendoakan agar para alumni selalu dalam kedaan sehat dan berharap kegiatan silaturrahmi seperti ini dapat diwariskan ke generasi berikutnya.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama, ramah-tamah diiringi hiburan yang menampilkan para alumni FIPIA, dan makan bersama.