Jumat, 21 Mei 2021 13:54

Halal bi Halal Keluarga Besar FMIPA Unand 1442 H

Rate this item
(1 Vote)

(Padang-FMIPA UNAND) Keluarga besar FMIPA Unand menggelar kegiatan Halal bi Halal Idul Fitri 1442 H pada hari Jumat 21 Mei 2021. Acara ini diadakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan dihadiri oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa FMIPA Unand.

Bertindak sebagai pembawa acara adalah Gustri Eva Riza S. Kom, salah seorang tenaga kependidikan FMIPA Unand. Acara  dibuka  dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Abrar Abit Mahendra, salah seorang mahasiswa FMIPA Unand. Selanjutnya penyampaian kata sambutan oleh Dekan, Prof. Dr. Syukri Arief. “Bulan Ramadhan ini seperti suatu pelatihan bagi kita kaum muslimin, yang tiap tahun rutin kita ikuti, tentunya kita berharap dengan pelatihan ini dapat meningkatkan prilaku dan amalan kita ke arah yang lebih baik,” ujar beliau saat membuka acara Halal bi Halal.

Halal bi Halal dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah yang bertema “Bagaimana kita setelah Ramadhan” oleh Ust. Zulfi Akmal, Lc, MA. Beliau menyampaikan bahwa Allah swt telah menjanjikan keridhoan-Nya serta akan memasukkan ke dalam surga buat hamba-hamba-Nya yang istiqomah menjalankan ibadah. Dengan keistiqomahan dalam beribadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan, diharapkan kita akan mencapai derajat taqwa, yakni taat menjalankan perintah Allah swt sesuai kemampuan dan menghentikan segala hal yang dilarang.

Ust. Zulfi mengingatkan agar kita tetap melaksanakan segala amal ibadah yang kita kerjakan pada bulan Ramadhan kemaren pada bulan-bulan di luar bulan Ramadhan. “Jadilah kalian sebagai hamba-hamba Tuhan, bukan hamba bulan Ramadhan, yang taat dan tunduknya hanya pada bulan Ramdhan saja. Bagi hamba yang imannya betul-betul kokoh kepada Allah swt, dia taat pada bulan Ramadhan dan juga taat di luar bulan Ramadhan,” demikian penjelasan dari Ust. Zulfi.

Ust. Zulfi juga menyampaikan cara agar ketaqwaan dan keistiqomahan kita tetap terjaga. Pertama, selalu memelihara niat kita bahwa segala yang kita kerjakan semata-mata hanya karena Allah swt. Kedua, selalu menjauhkan diri dari makanan yang haram. Hal ini juga termasuk menjaga profesi pekerjaan kita dari hal-hal yang haram tanpa kita sadari, spt tidak disiplin, bermain-main di waktu kerja, tidak profesional dalam mengajar, dan lain-lain. Ketiga, selalu manjauhi perbuatan maksiat sejauh-jauhnya, baik maksiat secara indrawi maupun maksiat yang ada di dalam hati. Dengan menjaga ketiga hal tersebut di atas diharapkan kita akan tetap bisa melaksanakan ibadah secara istiqomah, sehingga kita akan tetap dapat melaksanakan ibadah-ibadah yang biasa kita lakukan di bulan Ramadhan pada bulan-bulan di luar bulan Ramadhan, meskipun jumlahnya tak sebanyak pada bulan Ramadhan.

Di bagian akhir tausiyahnya, Ust. Zulfi juga mengingatkan agar kita peduli dengan kondisi umat Islam di dunia, terutama saudara-saudara kita di Palestina yang masih terjajah dan hidup dalam kesengsaraan. Acara halal bi halal kemudian ditutup dengan doa yang langsung dipimpin oleh Ust. Zulfi. Rekaman acara halal bi halal dan tausiyah dari Ust. Zulfi Akmal, Lc MA dapat disimak kembali melalui link berikut ini. [Alid]

Read 128 times Last modified on Jumat, 28 Mei 2021 14:49
Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar