Jumat, 28 Mei 2021 08:39

Penandatanganan Kontrak MoA antara FMIPA Unand dan PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatera Barat

Rate this item
(1 Vote)

(Padang-FMIPA UNAND) Fakultas MIPA Universitas Andalas kali ini mendapat kunjungan dari rombongan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional II Sumatera Barat pada hari Jumat, 28 Mei 2021. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) terkait Kesepakatan Kerjasama tentang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta bidang pengembangan sumber daya manusia pada kedua pihak.

Penandatanganan MoA ini berlangsung di ruang sidang lantai 2 Dekanat Fakultas MIPA Universitas Andalas. Dalam penandatanganan MoA kali ini , hadir langsung serta memberi sambutan, Prof. Dr. Syukri Arief selaku Dekan Fakultas MIPA Unand.

Prof. Syukri menyampaikan bahwa melalui pertemuan ini, serta penandatanganan MoA diharapkan menjadi langkah awal kerjasama yang baik antara kedua institusi. “ Dengan kerjasama ini akan membuka peluang bagi mahasiswa kita untuk belajar di PT KAI, dan dari sisi penelitian kita bisa timbal balik, mungkin saja permasalahan yang ada pada PT KAI bisa kita bantu menyelesaikannya, “ jelas Dekan Fakultas MIPA Unand tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa dengan kerjasama ini akan lebih mendekatkan pihak Kampus dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Pernyataan ini diamini oleh Bapak Miming Kuncoro, Kepala PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat. “Kami mewakili DUDI percaya bahwa keberadaan kami sekarang dan sampai seterusnya adalah karena dukungan dari lembaga pendidikan dan penelitian, selain tentunya dukungan dari produsen dalam negri,” tambah beliau.

Dalam penandatanganan MoA ini, dari Fakultas MIPA Unand ditandatangani oleh Prof. Dr. Syukri Arief, sedangkan dari pihak PT KAI ditandatangani oleh Bapak Miming Kuncoro. Hadir juga dalam acara ini Wakil Dekan I - Dr. Mahdhivan Syafwan dan Wakil Dekan II - Prof. Dr. Syamsuardi, pimpinan Jurusan se-lingkungan Fakultas MIPA, beberapa staf tendik Fakultas MIPA, dan rombongan dari pihak PT KAI.

Setelah penandatanganan MoA, acara dilanjutkan dengan sharing session yang membahas peluang-peluang kolaborasi yang dapat ditindaklanjuti antara Fakultas MIPA Unand dengan PT KAI secara umum dan Divisi Regional II Sumatera Barat secara khusus, termasuk memfasilitasi program-program MBKM. Sebelumnya, tim riset dari Jurusan Kimia FMIPA Unand telah memulai kolaborasi penelitian dengan PT KAI tentang penyebab coating pada gerbong kereta api, yang kemudian menginisiasi lahirnya MoA ini sehingga terbuka kesempatan kerjasama oleh seluruh jurusan di Fakultas MIPA Unand. [Alid]

Read 247 times Last modified on Senin, 31 Mei 2021 08:48
Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar