Selasa, 06 Juli 2021 08:47

Penyerahan Dana Suportif KBMI Nasional 2021

Rate this item
(0 votes)

(Padang-Unand-PKM) Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas MIPAUniversitas Andalas berhasil menerima Dana KBMI dari Direktorat Belmawa  Ditjen Dikti Kemdikbud. Acara Penyerahan Dana Suportif KBMI Nasional  diadakan di Studio PKM lantai 2 Universitas Andalas pada Jumat 2 Juli 2021.

 

Penyerahan dana ini diberikan langsung oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas, Ir. Insanul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN Eng. Total dana sebesar 107 juta rupiah diberikan kepada 6 Kelompok Mahasiswa dari berbagai Fakultas di Universitas Andalas.

 

Tim Minagot Sumbar dari Jurusan Biologi Fakultas MIPA menjadi salah satu kelompok yang menerima bantuan Dana Suportif KBMI ini. Tim ini memperoleh bantuan dana sebesar 15 juta rupiah. Tim MinaGot Sumbar yang dibimbing oleh Dr. Resti Rahayu, M.Si ini terdiri dari 4 orang Mahasiswa dari Jurusan Biologi yakni Kamsiah Wulan Purnama Sari (ketua),  Yona Afriani (anggota 1), Salbella Dwi Utari (anggota 2) serta Muhamad Ronaldo (anggota 3).

 

MinaGot Sumbar merupakan budidaya lalat tentara hitam atau dikenal dengan bsf yang dikelola oleh mahasiswa biologi universitas andalas. Budidaya ini memanfaatkan sampah organic sebagai pakan maggot.

 

“Sampah organik yang tidak bernilai tersebut kita manfaatkan menjadin nilai ekonomis berupa produk turunan yang dihasilkan seperti maggot kering, maggot basah, pupa, telur maggot dan kasgot” demikian disampaikan Kamsiah mahasiswi Jurusan Biologi  dari Tim MinaGot Sumbar.

 

Kamsiah kemudian menjelaskan alasan mereka lebih memilih maggot untuk dikembangkan karna maggot ini berdasarkan hasil penelitian yang telah banyak dilakukan maggot memiliki nilai protein tinggi berkisar dari 20 % hingga 60 %. Hal ini mendukung untuk maggot dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan, pakan ungas, serta kasgot (bekas maggot) dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organic dan pakan ternak ruminansia. Berbagai potensi yang dimiliki oleh maggot ini perlu pengembangan lebih lanjutnya melalu proyek MinaGot Sumbar.

 

Dengan menerima bantuan dana KBMI ini MinaGot Sumbar berharap  usaha budidaya magot BSF ini  Bisa berkembang luas dan mampu menghasilkan produk yg berkualitas dan teruji dan juga  usaha ini dapat meningkatkan nilai ekonomi dari mahasiawa dan masyarakat serta juga bisa sebagai wadah untuk pengembangan penelitian magot BSF bagi mahasiswa secara umum dan  khususnya mahasiswa  Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas.

 

Foto-Foto :

 

 

 

Read 71 times
Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar