""
Sabtu, 31 Juli 2021 12:51

Mahasiswa Fakultas MIPA Unand Berhasil Meraih Medali pada KN – MIPA 2021

Rate this item
(1 Vote)

(Padang - Fakultas MIPA Unand) Tim Mahasiswa perwakilan Fakultas MIPA Universitas Andalas berhasil membawa pulang medali pada perhelatan Final Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) 2021. Acara yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI tersebut berlangsung pada tanggal 27 – 30 Juli 2021 secara daring.

Fakultas MIPA Unand berhasil memboyong satu medali perunggu untuk kategori keilmuan bidang Fisika, yang dipersembahkan oleh mahasaiswa jurusan Fisika Zahara Zettira, serta satu honorable mention atas nama Nurul Pratiwi dari Jurusan Kimia. Pengumuman pemenang KN-MIPA tersebut dilakukan secara virtual oleh Puspresnas yang dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Riset Dikti bapak Asep Sukmayadi.

Medali ini merupakan medali pertama yang pernah diraih Universitas Andalas sepenjang keikutsertaan mereka di KN-MPA atau ON-MIPA dulunya.

Atas prestasi membanggakan tersebut, Wakil Dekan III Fakultas MIPA Unand Dr. Jenizon mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian mahasiswa Fakultas MIPA Unand teresebut.

“ Alhamdulillah, puji syukur kita ucapkan atas prestasi mahasiswa kita ini, semoga dengan raihan prestasi ini bisa menginspirasi dan memotivasi mahasiswa Fakultas MIPA lainnya untuk semakin berprestasi, terlebih, kegiatan kompetisi semacam ini jadi bagian penting dalam pengembangan kompetensi” ucap Jenizon

Dr. Jenizon sekaligus menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh Tim KN-MIPA Fakultas MIPA, terutama mahasiswa dan dosen pembimbing  yang sudah bekerja keras mempersiapkan keikutsertaan di KN-MIPA 2021. Menurut beliau, prestasi ini menjadi bukti bahwa kita tidak boleh menyerah meskipun dalam kondisi pandemi yang serba sulit seperti sekarang ini.

Dalam Final KN-MIPA 2021 ini Fakultas MIPA Unand diwakili oleh 4 orang mahasiswa yakni Zahara Zettira - Jurusan Fisika, Zahwa Vieny Adha – Jurusan Fisika,  Nurul Pratiwi – Jurusan Kimia dan Ikhsan Fachriansyah Putra – jurusan Matematika.

KN-MIPA merupakan ajang kompetisi sains tingkat nasional jenjang pendidikan tinggi yang terdiri dari Fisika, Kimia, Matematika, dan Biologi, yang digelar oleh Puspresnas setiap tahunnya. Kompetisi KN-MIPA 2021 berawal dari seleksi pada tingkat perguruan tinggi kemudian dikurasi hingga tingkat wilayah provinsi dan berakhir di tingkat nasional. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi KN-MIPA tahun ini sebanyak 3.838 mahasiswa yang telah mendaftar dari 296 perguruan tinggi se-Indonesia. Seleksi awal peserta pada tingkat perguruan tinggi telah dilakukan pada Februari 2021. Dari hasil seleksi awal ini telah berhasil dijaring 65 peserta dari setiap bidangnya di setiap wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Selanjutnya diadakan final kompetisi di tingkat nasional pada 27 hingga 30 Juli 2021. . Pada kompetisi ini dipilih  25 mahasiswa terbaik per bidang dengan perincian: 4 medali emas, 6 medali perak, 10 medali perunggu dan 5 honorable mention.[Alid]

Read 1815 times Last modified on Sabtu, 31 Juli 2021 12:55