Selasa, 07 September 2021 12:59

Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana FMIPA Unand 2021

Rate this item
(0 votes)

(Padang – FMIPA Unand) Fakultas MIPA mengadakan acara “Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana FMIPA Unand  Tahun 2021” pada hari Sabtu 5 September 2021. Acara ini pertama kali diadakan secara serentak dan terpusat di tingkat fakultas. “Dengan pengenalan ini diharapkan mahasiswa dari awal sudah mengenal lebih jauh, sudah punya target-target yang lebih tepat dan sudah punya perencanaan yang sesuai dengan kondisi dan persiapannya sendiri “ demikian Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng menyampaikan dalam sambutannya.

Prof. Syukri Arief juga mengingatkan mahasiswa baru Pascasarjana mengenai evaluasi studi pertengahan untuk mengontrol mahasiswa agar jangan terlalai dalam perkuliahannya. Karena biasanya mahasiswa Pascasarjana, khususnya S3, telah memiliki pekerjaan di luar dengan beban kerja dan kesibukan sendiri sehingga berpotensi membuat lalai pada perkuliahannya. Dengan adanya evaluasi studi tentunya diharapkan tidak ada mahasiswa yang DO dan seluruh mahasiswa bisa menyelesaikan studinya tepat waktu.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaikan materi dari Wakil Dekan I FMIPA  Dr. Mahdhivan Syafwan. Beliau terlebih dahulu menyampaikan bahwa Jurnal Ilmiah di FMIPA telah terakreditasi nasional semuanya, sehingga hal ini dapat memfasilitasi syarat publikasi bagi mahasiswa pasca. “ Seluruh Jurnal di FMIPA telah terindex SINTA, bahkan Jurnal Riset Kimia telah memperoleh SINTA 2 dan terindeks DOAJ. Demikian juga Jurnal Ilmu Fisika dan Jurnal Biologi telah terindeks DOAJ”. Pada paparan berikutnya, Dr. Mahdhivan Syafwan menyampaikan hal-hal terkait peraturan akademik secara lebih detail yang harus menjadi perhatian bagi seluruh mahasiswa baru. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang pembelajaran dan sistem informasi akademik yang ada di Unand dan FMIPA.  

Program Pascasarjana FMIPA Unand pada tahun ini menerima mahasiswa sebanyak 62 orang, 55 orang Program S2 (19 diantaranya mahasiswa fast track) dan 7 orang Program S3. Dari 62 orang yang mendaftar, Program S2 terdiri dari 9 orang mahasiswa S2 Matematika (2 mahasiswa fast track), 12 orang mahasiswa S2 Fisika (5 mahasiswa fast track), 22 orang mahasisw S2 Biologi (8 mahasiswa fast track) dan 12 orang mahasiswa S2 Kimia (4 mahasiswa fast track). Selanjutnya 7 orang mahasiswa Program S3 terdiri dari 4 orang mahasiswa S3 Ilmu Kimia dan 3 orang mahasiswa S3 Biologi.

Acara Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana kemudian dilanjutkan di tingkat jurusan masing-masing. Ketua Jurusan menyampaikan pengenalan jurusan dan para dosen, selanjutnya Ketua Program Studi menjelaskan kurikulum dan hal-hal akademik lainnya yang lebih spesifik di tingkat Prodi. [Alid] 

 

Foto - Foto

Read 83 times Last modified on Senin, 13 September 2021 13:24
Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar