Minggu, 19 September 2021 15:04

Grand Opening Mentoring FMIPA Unand Tahun 2021

Rate this item
(1 Vote)

Tim Mentoring Fakultas (TMF) MIPA menyelenggarakan Grand Opening Mentoring (GOM) pada Sabtu, 18 September 2021 dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru FMIPA dan para mentor. Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan selaku WD 1 Fakultas MIPA Universitas Andalas. Beliau menyampaikan “Fakultas sangat mendukung penuh adanya kegiatan mentoring ini. Selain karena sudah menjadi program resmi dari Unand yang dikoordinasi oleh Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI), program ini juga dinilai sangat efektif dalam pembinaan karakter mahasiswa. Hari ini kegiatan mentoring kita buka, tapi tidak akan kita tutup, karena mentoring ini diharapkan dapat tetap terus berlanjut...”

Setelah pembukaan secara resmi, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan diskusi tentang “Urgensi Mentoring” oleh Bapak Dr. Aadrean yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi S1 Biologi FMIPA Universitas Andalas. Dalam paparan materinya, Dr. Aadrean menyampaikan bahwa mentoring merupakan salah satu wadah yang dapat memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan sebagai sesama muslim dan mahasiswa. “Selain pemahaman materi yang diberikan, kegiatan mentoring dapat mencakup tiga aspek pendidikan yaitu kognitif (pikiran dan pemahaman), afektif (sikap), dan psikomotor (praktek dari aspek kognitif dan afektif )," lanjut Dr. Aadrean.

GOM merupakan acara pembukaan formal bagi mahasiswa baru Fakultas MIPA yang menandakan dimulainya kegiatan mentoring agama Islam di fakultas. Kegiatan mentoring di Unand merupakan bagian dari program akademik karena melekat dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Agama Islam. “Kegiatan mentoring ini dapat dianalogikan sebagai praktikum bagi mata kuliah Agama Islam,” jelas Erwinsyah Ketua BPMAI Unand. Lebih lanjut Romie Daramenra Koordinator TMF MIPA menambahkan “Setelah acara GOM ini, mahasiswa baru FMIPA dibagi dalam beberapa kelompok mentoring. Kegiatan mentoring nantinya akan dibimbing oleh mahasiswa senior yang disebut mentor, dengan mengikuti panduan materi yang telah disusun oleh BPMAI Unand.” Rekaman acara GOM ini dapat disimak kembali di channel youtube via link berikut  [Romi]

Read 167 times
Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar