""
Senin, 04 April 2022 14:16

FMIPA Unand Jalin Kerjasama dengan Liberec Zoo Republik Ceko

Rate this item
(0 votes)

Padang-FMIPA Unand - Bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 Dekanat Fakultas MIPA Unand, telah ditanda tangani Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas MIPA Universitas Andalas dengan Liberec Zoo Republik Ceko, pada hari Jum’at tanggal 1 April 2022. Dalam penandatanganan MoA ini FMIPA Unand dipimpin langsung oleh Prof. Syukri Arief selaku Dekan, sementara itu pihak Liberec Zoo diwakili oleh Pavel Zoubek selaku Kepala Departemen Penelitian dan Konservasi Liberec Zoo.

“Sejalan dengan program MBKM yang telah kita jalankan, dengan kerjasama ini kita harapkan dosen dan mahasiswa FMIPA Unand bisa mendapatkan pengalaman yang lebih dalam berkolaborasi dengan institusi lain, seperti penelitian bersama, publikasi bersama serta kerjasama lainnya,” demikian Prof. Syukri Arief menyampaikan dalam sambutannya.

Sementara itu Pavel Zoubek menyampaikan rasa gembira dan terimakasihnya kepada pihak FMIPA Unand atas sambutannya dan ditanda tanganinya MoA ini. “Liberec zoo sebagai kebun binatang tertua di Republik Ceko, sekarang ini fokus kepada penelitian dan konservasi, tentunya dengan MoA ini akan sangat membantu penelitian yang kami lakukan terhadap binatang yang langka yang sebagian juga berasal dari Indonesia,” demikian beliau menambahkan.

Kerjasama ini di antaranya akan meliputi hal-hal seperti proyek konservasi, penelitian bersama, seminar, pelatihan, konferensi serta pertukaran ahli di antara ke dua pihak. Kerjasama ini diinisiasi oleh jurusan Biologi FMIPA Unand yang sebelumnya telah melakukan penelitian bersama dengan peneliti dari Liberec Zoo, yakni Ms. Adela, yang juga turut hadir dalam penandatanganan MoA.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan 2 Prof. Dr. Syamsuardi, Ketua Jurusan Biologi Dr. Wilson Novarino, Ketua Jurusan Matematika Dr. Yanita, serta beberapa pimpinan dan dosen dari Jurusan Biologi dan Matematika. Turut juga hadir beberapa staf dari unsur tendik FMIPA Unand. Dalam kesempatan tersebut juga dibuka sesi diskusi terkait berbagai peluang kerjasama yang bisa dilakukan antara FMIPA Unand dan Liberec Zoo. [Alid]

Read 157 times Last modified on Senin, 04 April 2022 14:24