""
Selasa, 11 Oktober 2022 11:35

Dekan FMIPA Lepas Dua Mahasiswa ke UTM Mengikuti Program Credit Earning Tahun 2022

Rate this item
(0 votes)

(Padang-Unand) Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng melepas dua orang mahasiswa ke Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dalam rangka Program Credit Earning Tahun 2022, Senin (10/10/2022). Kedua mahasiswa tersebut adalah Mayke Cartika (Prodi Kimia) dan Salsabila Aurellia (Prodi Matematika). Mereka dinyatakan lolos seleksi tingkat universitas dan terpilih mewakili Unand bersama mahasiswa dari fakultas lainnya untuk mengikuti Program Credit Earning di tahun ini ke berbagai universitas luar negeri di ASEAN selama satu semester. Mayke dan Salsa akan berangkat pada hari Selasa (11/10/2022).

“Selamat atas keberhasilan ini, semoga bisa menjadi pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi ananda ke depannya,” ujar Prof. Syukri Arief. Menurut beliau kesempatan ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menimba pengalaman sebanyak-banyaknya, karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program ini. Selain belajar ilmu, beliau juga berpesan agar belajar bagaimana bergaul baik dengan orang luar, mengenal budaya dan karakter mereka, mengenal pola pembelajaran mereka dan lain sebagainya.

Prof. Syukri juga menyampaikan agar kedua mahasiswa menjaga nama baik Unand di sana. “Sebagai Duta Unand, berprilakulah dengan sebaik-baiknya, jaga nama baik Unand dan jadikan kesempatan ini sebagai batu loncatan untuk mengembangkan kapasitas diri,” tambah beliau.

Turut hadir dalam acara pelepasan ini Wakil Dekan 1 FMIPA Dr. Mahdhivan Syafwan , Sekretaris Departemen Kimia Dr. Syukri, Kepala Departemen Matematika dan Sains Data Dr. Yanita serta Kaprodi S1 Matematika Dr. Arrival Rince Putri.

Program Credit Earning ini didanai penuh oleh Universitas Andalas di bawah koordinasi International Office dan ditawarkan ke seluruh fakultas di Unand. Tawaran ini segera ditindaklanjuti oleh FMIPA dengan menyeleksi mahasiswa berdasarkan usulan dari Departemen, dan kemudian memfasilitasi universitas tujuan untuk mahasiswa yang terpilih dengan menindaklanjuti MoU antara FMIPA Unand dan Faculty of Science UTM yang telah dirintis sejak tahun 2018.

Program Credit Earning ini juga bertujuan untuk meningkatkan rangking QS Star Universitas Andalas dalam rangka menuju World Class University dimana salah satu indikatornya adalah jumlah mahasiswa yang melakukan Credit Earning di luar negeri. Sebelumnya tanggal 7 September 2022 seluruh mahasiswa CE Unand juga sudah dilepas oleh Rektor. [Alid]

Read 965 times