""
Kamis, 19 Januari 2023 15:23

FMIPA Unand Siap Dukung Mahasiswanya menuju PIMNAS 2023

Rate this item
(0 votes)

(Padang - FMIPA Unand) Dalam rangka menyiapkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju Pekan Ilmia Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 36, Fakultas MIPA Unand adakan pembekalan untuk mahasiswa serta dosen pada acara yang bertajuk “Promosi dan Sosialisasi PKM Universitas Andalas 2023” pada Jumat (13/012023), yang diadakan secara online via ZOOM meeting. Hadir sebagai pembicara yakni Dr. Eng. Dendi Adi Saputra dan Dr. techn. Marzuki yang merupakan 2 orang dosen Unand yang telah berpengalaman membawa mahasiswa bimbingannya lolos ke PIMNAS bahkan memperoleh medali pada ajang tersebut.

Acara yang dimoderatori oleh Manager Pendidikan, Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian masyarak FMIPA -Dr. Diana Vanda Welia- ini dihadiri oleh lebih kurang 180 mahasiswa dan 25 orang dosen dari FMIPA.

Dalam pemaparan materinya, Dendi Adi Saputra membagikan tips kepada peserta yang hadir terkait bagaimana menlahirkan ide-ide kreatif dan cemerlang untuk pembuatan proposal PKM. “Kita harus memiliki cara pandang yang berbeda dalam melihat satu masalah, melihat sesuatu yang luput dari pandangan kebanyakan orang, dari situ kemudian kita bisa melahirkan satu inovasi untuk mengatasi permasalahan yang kita temukan tersebut” ujar Dendi. Selain itu, Dr. Dendi juga memaparkan adanya skim baru PKM di Unand yaitu hibah PKM yang terintegrasi MBKM, dengan besar hibah 15 juta rupiah. Di akhir sesi, Dr. Dendi memberikan pemaparan tentang empat bidang PKM yaitu PKM Karsa Cipta (KC), Karya Inovasi (KI), Penerapan IPTEK (PI) dan Pengabdian kepada masyarakat (PM).

Sementara itu Marzuki -yang juga merupakan Reviewer Nasional PKM DIKTI- memberikan tips dan trik dalam penulisan proposal yang akan diterima. “Ide-ide yang kreatif, inovatif dan bermanfaat yang kita peroleh haruslah sudah tampak dari judul yang kita ajukan, sehingga dari judul proposal tersebut, reviewer telah memperoleh gambaran yang tentang ide yang akan kita sampaikan” ujar Marzuki. Selain itu Marzuki juga menegaskan bahwa salah satu hal yang terpenting adalah bimbingan dan pendampingan dari Dosen mulai dari menyusun proposal, melakukan kegiatan, menulis laporan, monev, menulis artikel hingga presentasi PIMNAS dan pembuatan poster.  Dr. Marzuki juga melengkapi pemaparannya tentang bidang PKM lainnya yaitu PKM Riset eksakta (RE), Kewirausahaan (K), Gagagasan futuristik konstruktif (GFK) dan artikel ilmiah (AI). Rekaman lengkap acara di atas dapat dilihat pada link youtube: acara dengan mahasiswa,  acara dengan dosen.

Kegiatan PKM ini menjadi semakin strategis bagi FMIPA dan Unand khususnya, dikarenakan kegiatan PKM tahun 2023 ini ada yang terintegrasi dengan Program MBKM, sehingga akan berkontribusi kedalam penilaian capaian IKU Universitas Andalas tentunya.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) bersama Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) pada tiap tahunnya.  Ajang ini menjadi salah satu perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi yang memuat poin penelitian dan pengembangan melalui inovasi dan kreativitas mahasiswa. [Alid]

Berikut ditampilkan Timeline Kegiatan PKM FMIPA Unand tahun 2023:

 

Foto Kegiatan :

 

Read 2681 times Last modified on Kamis, 19 Januari 2023 15:35