""
Jumat, 03 Maret 2023 10:18

Departemen Biologi akan Menjadi Departemen Pertama yang di-Akreditasi Internasional ASIIN di Universitas Andalas

Rate this item
(1 Vote)

Departemen Biologi FMIPA UNAND terus menambah gaungnya di kancah internasional, setelah selesai beberapa tahun lalu disertifikasi oleh AUN-QA di tingkat ASEAN, pada tahun ini Departemen Biologi mengajukan akreditasi internasional ASIIN. ASIIN merupakan lembagai akreditasi yang berkedudukan di Jerman dan diakui oleh pemerintah Indonesia melalui Kepmendikbud RI Nomor 83/P/2020.

Pada kali ini Departemen Biologi mengajukan dua program studi untuk diakreditasi, yaitu program studi Sarjana (S1) dan program studi Master (S2). Kemudian pada hari Rabu dan Kamis (1-2 Maret 2023) yang lalu ,Departemen Biologi divisitasi oleh Asessor ASIIN yang terdiri dari empat orang diantaranya adalah Prof. Dr. Robert Haensch, Dr. Alois Parmetshofet, Rainer Arnold Dipl. Phys., Yayang Vionita dan Jihan Wardani.

Tim asessor disambut langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri beserta jajarannya, Dekan FMIPA Prof. Dr. Syukri Arief beserta jajarannya, dan Ketua Departemen Biologi Dr. Wilson Novarino beserta jajarannya. Rektor UNAND mengatakan bahwa akreditasi ASIIN oleh program studi S1 dan S2 biologi ini merupakan salah satu upaya menjadikan UNAND menjadi perguruan tinggi bereputasi internasional. Kepala Departemen Biologi juga mengatakan bahwa, pencapaian akreditasi internasional ini bukanlah sebuah tujuan akhir, yang terpenting adalah mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, agile dan terserap di masyarakat luas untuk memajukan bangsa dan negara.

Bila tidak ada aral melintang, pada pertengahan tahun 2023 ini prodi S1 dan S2 akan memperoleh status terakreditasi internasional oleh ASIIN. Status ini menjadi penambah semangat bagi seluruh civitas akademika biologi untuk menjadi lebih baik, berkualitas dan terus melakukan pengembangan. (staf biologi)

Read 816 times