""
Selasa, 09 November 2021 10:36

Raker Fakultas MIPA Tahun 2021

Rate this item
(0 votes)

(Padang - FMIPA Unand) Pada hari Jumat dan Sabtu (5-6/11/2021) di Hotel Santika Bukittinggi telah dilaksanakan Rapat Kerja (Raker) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Tahun 2021. Kegiatan Raker dimulai pada pukul 14.30 WIB dan dibuka oleh Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng.

Tidak seperti biasanya, Raker kali ini diawali dengan penyampaian materi oleh Dr. Gunardi, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia FMIPA UGM tentang “Strategi Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahun (RKAT) untuk Optimalisasi Pencapaian Kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi di Unit dengan PTNBH” yang disampaikan secara online. Paparan materi yang dimoderatori oleh Wakil Dekan 2, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc, ini dinilai penting karena Unand secara umum dan FMIPA secara khusus akan efektif melaksanakan PTNBH di tahun 2022 mendatang, sehingga perlu berkaca dari best practice yang dijalankan oleh Fakultas MIPA dari perguruan tinggi lain, dalam hal ini FMIPA UGM.

Setelah narasumber selesai menyampaikan materi dan sesi diskusi, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Pemaparan Kinerja Tahun 2021 dan Rencana Kegiatan Tahun 2022 yang disampaikan setiap Jurusan, BAPEM dan Bidang-Bidang Fakultas. 

Presentasi pertama disampaikan oleh Dr. Wilson Novarino selaku Ketua Jurusan Biologi dan dimoderatori oleh Dr. Nofrita selaku Sekretaris Jurusan Biologi. Setelahnya dilanjutkan oleh Dr. Yulia Eka Putri selaku Sekretaris Jurusan Kimia dan dimoderatori oleh Dr. Syukri selaku Kaprodi S1 Kimia. Kemudian presentasi dari Jurusan Matematika disampaikan oleh Ketua Jurusan Matematika, Dr. Yanita, yang dimoderatori oleh Monika Rianti Helmi, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Matematika. Terakhir untuk pemaparan jurusan disampaikan oleh Ketua Jurusan Fisika, Dr. Afdhal Muttaqin, dan dimoderatori oleh Trengginas Eka Putra Sutanyo, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Fisika.

Setelah pemaparan dari jurusan, kegiatan Raker dilanjutkan dengan pemaparan dari Ketua BAPEM, Dr. Admi Nazra yang dimoderatori oleh Dr. Imam Taufiq selaku Kaprodi S2 Fisika. Berikutnya dilanjutkan dengan presentasi dari setiap Bidang Fakultas. Pemaparan dari Bidang I disampaikan oleh Wakil Dekan I, Dr. Mahdhivan Syafwan, dan sebagai moderator Dr. Yanita. Lalu Bidang II dipresentasikan oleh Wakil Dekan II, Prof. Dr. Syamsuardi, M.,Sc yang dimoderatori oleh Dr. Wilson Novarino. Selanjutnya ditutup oleh presentasi dari Bidang III oleh Wakil Dekan III, Dr. Jenizon, M.,Si, dan sebagai moderator Dr Zulhadjri selaku Kaprodi S2 Kimia. Keseluruhan rangkaian kegiatan Raker di hari pertama selesai pada pukul 23.00 WIB.

Pada hari kedua, Sabtu (06/11/2021), agenda kegiatan dilanjutkan pada pukul 08.00 WIB dengan Penyampaian Hasil Perumusan Rencana Pogram Kegiatan FMIPA dan Jurusan Tahun 2022 yang diawali dengan pemaparan dari Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, dan didampingi oleh seluruh Wakil Dekan. Prof. Syukri menekankan program-program internasionalisasi yang perlu dirancang oleh seluruh pimpinan fakultas dan jurusan, karena tahun 2022 ditargetkan sebagai tahun pencapaian akreditasi internasional bagi seluruh Prodi S1 FMIPA. Selain itu beliau juga menyampaikan agar program-program kerja memperhatikan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan Kementrian.

Kegiatan Raker FMIPA Unand selama dua hari di Bukittinggi berlangsung dengan penuh keakraban. Banyak saran masukan inovatif dan konstruktif yang disampaikan oleh para peserta, termasuk dari tenaga kependidikan. Kegiatan Raker kemudian ditutup pada pukul 11.00 WIB dengan do’a dan foto bersama. [LAN]

Read 193 times Last modified on Rabu, 10 November 2021 09:39