""
Senin, 06 Juni 2022 08:47

Sosialisasi dan Pembekalan KKN FMIPA UNAND

Rate this item
(1 Vote)

(Padang-FMIPA UNAND) Pada hari Sabtu 4 Juni 2022 telah dilaksanakan Sosialisasi dan Pembekalan KKN FMIPA UNAND secara online melalui zoom meeting mulai pukul 13.25 hingga 15.55 WIB. Sosialisasi dan Pembekalan KKN ini disampaikan langsung oleh Kepala UPT KKN UNAND saat ini, Dr. Ir. Ujang Khairul, MP, dan Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II FMIPA UNAND. Acara ini dimoderatori oleh Ridho Saputra, Pengurus BEM KM FMIPA UNAND, dan diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan II FMIPA UNAND, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc.

Acara yang dihadiri oleh ± 300 partisipan ini merupakan salah satu rangkaian kuliah pembekalan bagi mahasiswa peserta KKN tahun 2022 yang difasilitasi oleh UPT KKN UNAND. Banyak hal yang dijelaskan dalam acara ini, seperti jurus jitu sukses KKN, filosofi dan teknis pelaksanaan KKN reguler.

KKN yang merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat. KKN tercantum dalam Peraturan Rektor No.14 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Program Sarjana Universitas Andalas Pasal 33 sebagai salah satu mata kuliah wajib insitusional dengan bobot 4 sks. Untuk tahun ini waktu pelaksanaan KKN adalah selama 40 hari penuh dari tanggal 12 Juli sampai 20 Agustus 2022.

Dalam pelaksanaan KKN ini mahasiswa akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang jumlahnya 25 orang/lokasi yang berasal dari fakultas yang berbeda dan dibimbing oleh satu orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Penugasan/penunjukan DPL dilakukan oleh universitas melalui UPT KKN. Pembekalan umum untuk mahasiswa terkait dengan program kerja yang dilakukan selama KKN disampaikan oleh narasumber dari fakultas secara daring. Selain itu ada juga pembekalan tambahan untuk beberapa lokasi yang memiliki kerjasama, seperti BKKBN Perwakilan Sumbar yang fokus pada masalah stunting, pusat-pusat studi di lingkungan UNAND (Nagari Tageh) yang memiliki proker yang lebih terarah, Kampung Tematik di 11 Kelurahan di Kota Padang, dan Bina Lingkungan Kampus (Batu Busuk/Sungkai).

Setelah kelompok KKN diumumkan, mahasiswa dan DPL aktif saling berkomunikasi dengan pihak Nagari/Desa/Kelurahan/Camat untuk bersama sama menetapkan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan KKN. Pembimbingan, monitoring dan evaluasi dilakukan oleh DPL secara offline dan online.

Saat ini telah terdata sebanyak 345 orang mahasiswa FMIPA UNAND yang akan melaksanakan KKN di tahun 2022. Terdapat 200 nagari dari 65 daerah yang akan menjadi lokasi tujuan KKN. Perihal pembagian kelompok, daftar nama kelompok dan lokasi KKN akan segera diinfokan oleh pihak UPT KKN UNAND.

Dalam acara ini juga dijelaskan bahwa ada kombinasi lokasi KKN untuk tahun 2022. Mahasiswa yang berdomisili di daerah Sumbar akan tetap ber-KKN di daerah domisilinya, sedangkan mahasiswa yang berdomisili di luar Sumbar akan ditarik ke Sumbar. UPT KKN juga menegaskan bahwa pelaksanaan KKN tidak ada di luar Sumbar, kecuali KKN tematik di Kabupaten Kerinci. Pihak UPT KKN nantinya juga akan memfasilitasi KKN gelombang kedua.

Setelah sosialisasi KKN berakhir, acara dilanjutkan dengan penjelasan ruang lingkup dan implementasi Program MBKM proyek kemanusiaan dan membangun desa yang disampaikan oleh Prof. Ir Abdul Hakam, M.T., Ph.D.  

Penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan KKN ini tidak terlepas dari peran aktif BEM FMIPA UNAND, mulai dari promosi kegiatan, pengisi acara, hingga liputan berita. Secara umum, acara berjalan dengan lancar dan interaktif. Acara ini bisa disimak kembali melalui kanal youtube FMIPA UNAND disini . [BEM]

Read 28 times Last modified on Jumat, 17 Juni 2022 09:56