""
Jumat, 12 Agustus 2022 08:24

SELAMAT !!! 9 Orang Mahasiswa Fakultas MIPA Unand Berhasil Lolos Ke Final ONMIPA Tingkat Nasional Tahun 2022

Rate this item
(1 Vote)

(Padang-Unand) Berdasarkan surat dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia dengan nomor 0383/J7.1/PN.00/2022 tentang Pengumuman Hasil Seleksi ONMIPA Wilayah Tahun  2022, sembilan orang mahasiswa terbaik Fakultas MIPA Universitas Andalas berhasil lolos ke Final ONMIPA tingkat Nasional tahun 2022. Mereka terdiri dari 3 orang dari Departemen Matematika (Fauzi Rahmatullah Siregar, Ikhsan Fachriansyah Putra, Luthfi Hadiyan Fajri), 3 orang dari Departemen Fisika (Rahmat Ahadi, Zahara Zettira, Zahwa Vieny Adha), 2 orang dari Departemen Biologi (Aldi Tamara Rahman, Fanny Zulkhairiah) serta 1 orang dari Departemen Kimia (Angga Syaputra).

Atas capaian ini tentunya keluarga besar Fakultas MIPA turut berbahagia dan mendoakan keberhasilan dan kesuksesan terhadap wakil-wakil tersebut. “Kita bersyukur atas capaian ini, dan kita berharap mahasiswa yang berhasil lolos ke final ini bisa mengharumkan nama Universitas Andalas di tingkat Nasional” ucap Wakil Dekan I Fakultas MIPA Unand, Dr. Mahdhivan Syafwan.

“Semoga tahun ini kita bisa melampaui capaian tahun-tahun sebelumnya,” tambah beliau. Seperti diketahui pada tahun 2021 Fakultas MIPA Unand berhasil meloloskan 4 orang mahasiswanya di tingkat Nasional.

Tidak lupa WD1 FMIPA Unand ini juga mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan ikut berkontribusi atas capaian yang diraih ini. “Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh koordinator bidang, para dosen pembina serta tendik yang terlibat dalam TC tahap 1 dan TC tahap 2 ONMIPA Tahun 2022, tentunya berkat usaha dan kerja keras semualah hasil ini bisa kita capai. Selain itu, terima kasih dan apresiasi juga kami sampaikan kepada Direktorat Kemahasiwaan Unand yang telah mendukung penuh dan memfasilitasi persiapan dan TC ONMIPA tahun ini,” jelas beliau.

Pelaksanaan ONMIPA Tahun 2022 ini dimulai dengan seleksi tingkat Unand pada tanggal 26 Februari 2022, dengan masing-masing bidang lolos sebanyak 10 orang. Selanjutnya dilaksanakan TC tahap 1 untuk seluruh mahasiswa yang lolos, yakni pada tanggal 19 Maret hingga 4 Juni 2022. Untuk seleksi utusan ke tingkat wilayah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2022, didapatlah 5 orang mahasiswa untuk masing-masing bidang, yang kemudian mengikuti TC tahap 2 pada tanggal 13 - 25 Juli 2022. Persiapan dan seleksi yang berjenjang ini telah diprogram sejak lama oleh almarhum Dr. Jenizon selaku WD3 FMIPA Unand waktu itu. “Kita doakan semoga usaha yang telah beliau rintis ini menjadikan limpahan pahala dari Allah SWT buat beliau,” demikian WD1 FMIPA Unand ini mendoakan.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Kemahasiwaan Unand Dr. Khandra Fahmy mengapresiasi prestasi yang diraih para mahasiswa FMIPA ini. Beliau menyatakan dukungan penuh dari Unand untuk persiapan di tingkat Nasional dan berharap raihan medali emas dari sembilan perwakilan tersebut. Pada tahun sebelumnya, FMIPA Unand berhasil berhasil memboyong 1 perunggu pada bidang Fisika dan 1 honorable mention pada bidang Kimia. Untuk ONMIPA tingkat Nasional tahun ini diagendakan pada tanggal 20 – 24 September 2022 di Universitas Brawijaya. [Alid]

 

Read 1405 times Last modified on Jumat, 12 Agustus 2022 08:48