""
Jumat, 26 Agustus 2022 09:39

Fakultas MIPA Universitas Andalas Sambut Mahasiswa Baru dengan Acara BAKTI Tahun 2022

Rate this item
(1 Vote)

(Padang, FMIPA Unand) – Fakultas MIPA Universitas Andalas menyambut 464 mahasiswa baru program sarjana tahun ajaran 2022-2023 dengan acara BAKTI (Bimbingan Aktifitas Kampus dalam Tradisi Ilmiah) yang berlangsung selama 3 hari, Kamis hingga Sabtu (18-20 Agustus 2022). Acara BAKTI di FMIPA ini merupakan kelanjutan dari acara BAKTI di tingkat Unand yang diadakan pada 16 Agustus 2022. Acara ini tentunya ditujukan untuk pengenalan kehidupan kampus secara umum dan pengenalan perkuliahan di Fakultas MIPA khususnya.

Pembukaan acara BAKTI dilakukan di Gazebo Fakultas MIPA dan dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng. “Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi bagian keluarga besar Fakultas MIPA Universitas Andalas,” sambut beliau.

Kegiatan BAKTI kemudian diisi dengan pemaparan materi Profil Fakultas MIPA Unand, pengenalan akademik dan kemahasiswaan, serta pengenalan fasilitas dan layanan umum di Fakultas MIPA. Materi tersebut langsung disampaikan masing-masing oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan, dan Wakil Dekan II Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc.

Dekan berharap lahir mahasiswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.
Beliau berpesan bahwa mahasiswa FMIPA adalah agen perubahan dan pembangunan yang harus menebar informasi secara baik dan berkelanjutan tentang FMIPA dan Unand yang diperlukan oleh masyarakat.

Kegiatan BAKTI FMIPA Universitas Andalas tahun 2022 ini telah dipersiapkan jauh hari oleh kepanitiaan mahasiswa yang dikoordinir oleh Rijallul Fikri Rahmadani. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Being Young Scientist with Integrity, Faithful, and Innovative” dengan maskot Burung Hantu bernama “Jeluka”.

Selain pemaparan dari pimpinan fakultas, kegiatan BAKTI juga diisi dengan berbagi pembekalan dan pengalaman bersama mahasiswa tingkat atas dan alumni, seperti panggung MIPA berprestasi, pengenalan lembaga-lembaga kemahasiswaan di FMIPA, talkshow inspiratif, dan pembuatan CV. Di samping itu juga dilakukan pengenalan terhadap civitas akademika dan penjelasan kurikulum di departemen masing-masing.

Dalam acara BAKTI tersebut juga diadakan Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana pada Jumat 19 Agustus 2022, dan pertemuan antara orang tua/wali mahasiswa baru dengan pimpinan Fakultas MIPA pada Sabtu 20 Agustus 2022. Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana dilakukan untuk memberikan pengenalan fakultas dan prodi-prodi pasca, aturan dan ketentuan akademik, serta hal-hal lain yang terkait penelitian dan kegiatan-kegiatan ilmiah yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa pasca.

Adapun pertemuan orangtua/wali bertujuan untuk menyamakan pandangan antara pihak fakultas dengan orang tua/wali. Dalam paparannya, Wakil Dekan I menyampaikan bahwa keberhasilan perkuliahan seorang mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh baiknya proses belajar mengajar di kampus, namun juga ditentukan oleh dukungan, motivasi dan pemantauan dari pihak keluarga, orang tua/wali khususnya.

“Kami berharap dengan adanya pertemuan ini, orang tua/wali mahasiswa akan lebih paham tentang dinamika perkuliahan di Fakultas MIPA ke depannya, dan tentunya dengan pemahaman tersebut kita semua berharap akan lebih meminimalisir jumlah kasus mahasiswa yang gagal menyelesaikan perkuliahan nantinya,” demikian Mahdhivan menambahkan. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang punya prestasi baik secara akademik dan non akademik mempunyai peluang besar dalam pengembangan dirinya lebih lanjut, seperti dukungan penuh dalam berbagai kompetisi nasional dan internasional, program student mobility dan credit earning ke luar negeri yang rutin dilakukan, baik didanai dari Kementrian, Unand, fakultas maupun departemen.  

Pelaksanaan acara BAKTI tahun 2022 ini dilaksanakan untuk pertamakalinya secara full luring setelah pandemi. Acara BAKTI ditutup menjelang dzuhur pada hari Sabtu 20 Agustus 2022 di Gazebo Fakultas MIPA oleh Wakil Dekan I. Beliau mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih setingginya kepada seluruh panitia dan pihak yang terlibat atas kelancaran dan kesuksesan kegiatan BAKTI di FMIPA Unand tahun 2022 ini. [Alid]

 

 

Read 130 times Last modified on Senin, 29 Agustus 2022 08:45