""
Jumat, 01 Desember 2023 09:22

FMIPA Unand dan UNS Jalin Kerjasama

Rate this item
(1 Vote)

(Solo - UNS) Pada hari Selasa, 28 November 2023, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (Unand) melakukan benchmarking dan penandatanganan kerjasama dengan FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS). Rombongan FMIPA Unand yang dipimpin oleh Wakil Dekan 1 FMIPA Unand, Dr. Mahdhivan Syafwan, disambut langsung oleh Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D beserta jajarannya di Ruang Rapat Senat FMIPA UNS.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 FMIPA Unand menyampaikan bahwa benchmarking ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan memperoleh pengalaman best practice secara langsung dari FMIPA UNS. Hal ini sejalan dengan visi dan misi FMIPA Unand untuk menjadi Fakultas MIPA yang unggul, kompetitif, dan berdaya saing di tingkat internasional.

Sementara itu, Dekan FMIPA UNS menyampaikan bahwa FMIPA UNS menyambut baik kunjungan dari FMIPA Unand. Beliau berharap bahwa kerjasama ini dapat memperkuat hubungan kedua fakultas dan dapat saling berkontribusi dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Setelah sambutan, kedua belah pihak melakukan diskusi dan sharing session terkait berbagai hal, antara lain kurikulum, akademik, penelitian, pengabdian masyarakat, dan sarana prasarana. Dari diskusi tersebut, diperoleh beberapa kesepakatan yang dituangkan dalam bentuk draft Memorandum of Agreement (MoA) yang berisi kegiatan-kegiatan kerjasama yang mungkin dilakukan oleh kedua belah pihak, antara lain: Pertukaran mahasiswa dan dosen, Kerjasama penelitian, Kerjasama pengabdian kepada masyarakat, Kerjasama publikasi ilmiah, Kerjasama penyelenggaraan seminar dan workshop, Kerjasama dalam bidang lainnya yang disepakati bersama.

Pada akhir acara, dilakukan penandatanganan MoA oleh Dekan FMIPA Unand dan Dekan FMIPA UNS. Dengan ditandatanganinya MoA ini, diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara FMIPA Unand dan FMIPA UNS dalam berbagai bidang.

Read 1080 times