Rabu, 08 April 2020 16:55

Alumni Kimia 85 FMIPA UNAND Sumbangkan APD untuk Tenaga Medis

(Padang-FMIPA UNAND) Minimnya alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang berada di garis depan penanganan virus corona atau Covid-19 mengetuk hati banyak kalangan. Mereka pun tergerak untuk berkontribusi membantu para pahlawan kesehatan tersebut.

Seperti ditunjukkan Komunitas Alumni Kimia 85 FMIPA UNAND, wadah alumni Kimia Fakultas MIPA Universitas Andalas (UNAND) angkatan 1985. Mereka menyumbangkan APD ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19. APD dinilai sebagai hal paling prioritas bagi tenaga medis saat ini, terlebih terjadi kelangkaan.

“Inilah program kepedulian yg menjadi perhatian utama alumni Alumni Kimia 85 FMIPA UNAND dalam memberikan donasi agar tepat sasaran sesuai kebutuhan perlengkapan APD di lapangan,” kata Dekan FMIPA UNAND Prof. Dr. Safni di Padang, Selasa (7/4/2020).

Dia menuturkan, alumni Kimia UNAND tersebar di berbagai propinsi di Indonesia. Proses komunikasi menjadi kunci penting  pengumpulan donasi dan  identifikasi kebutuhan perlengkapan medis APD yang sangat beragam di rumah sakit. Masing-masing rumah sakit memiliki kebutuhan berbeda. Untuk itu, kata Prof. Dr. Safni, identifikasi dilakukan melalui survei dan komunikasi yang tepat. Pendekatan data dan informasi yang akurat menjadi kunci utama ketepatan sasaran program donasi Covid-19. Untuk saat ini  bantuan dikirimkan dari Jakarta dan didistribusikan oleh Fakultas MIPA.

“Rumah sakit rujukan Covid-19 tentunya menjadi salah satu pertimbangan alternatif utama bantuan APD” kata Prof. Safni. “Untuk tahap awal ini kita fokus pada Rumah Sakit yang ada di Padang”, kata dia.

Di Padang, Komunitas Alumni Kimia 85 memberikan bantuan ke RS UNAND yang merupakan bagian dari almamater, berupa 500 pasang Latex Surgical Gloves (Steril Handscoon).  Bantuan  diterima Direktur Rumah Sakit Unand  pada tanggal 31 Maret 2020. Bantuan ini juga berasal dari PT. Karsa Mandiri Alkesindo Bekasi. Kemudian, pada tanggal 3 April 2020 juga telah diserahkan bantuan alumni Kimia'85 FMIPA Unand dan PT. Anugerah Sinar Mulya Sidoarjo berupa 500 pasang non steril handscoon untuk Rumah Sakit Unand dan Lab. Biomedik Unand. Donasi dari alumni terus mengalir dan pada tanggal 7 April 2020 telah diserahkan bantuan berupa 30 face shield dan 30 kacamata google untuk Rumah Sakit Unand dan Lab. Biomedik Unand. Donasi diterima oleh Direktur Utama (Dr. dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U), Direktur Medik & Keperawatan (Dr. dr. Arina Widya Murni, Sp.PD-K.Psi, FINASIM), Direktur Umum & Sumberdaya (Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.) dan Direktur Keuangan & Perencanaan ( Sri Dewi Edmawati, S.E., M.Si., Ak.CA).

Di akhir sesi penyerahan pada Selasa (7/4/2020), Prof. Safni mengharapkan semakin banyak alumni FMIPA Unand yang ikut dalam kegiatan baik ini. Program kepedulian penanganan Covid-19 akan terus dilanjutkan dengan memberikan ke rumah sakit lain,kata dia. [Mz]

Read 543 times