Sabtu, 13 Juni 2020 17:46

UPT KKN UNAND Lakukan Pembekalan KKN Bakti Untuk Nagari Bagi Mahasiswa FMIPA

(Padang-FMIPA UNAND) Mahasiswa Universitas Andalas dari Fakultas MIPA pada Sabtu (13/06) mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring. Para mahasiswa mendapatkan materi langsung dari Ketua UPT KKN, Dr. Ujang Khairul yang membahas tentang Pola KKN yang dinamai “Bakti Untuk Nagari”. Kegiatan dibuka dan dimoderatori oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas MIPA. Kegiatan juga dihadiri oleh dosen pembimbing KKN Tahap I termasuk WD 3 FMIPA Dr. Tesri Maideliza dan beberapa orang mahasiswa bimbingannya.  

KKN ini merupakan tahap II bagi Fakultas MIPA. Sekitar 200 mahasiswa telah mengikuti KKN tahap I yang merupakan KKN Tematik Pencegahan Covdi-19.

“Pada tahap I sebanyak 200 mahasiswa telah berpartisipasi” kata WD 1 FMIPA UNAND Dr. techn. Marzuki.

Dia menambahkan pada tahap II ini jumlah peserta adalah 129 dengan dibimbing oleh tujuh dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu Dr. Suryati, Monika Rianti Helmi, M.Si, Efendi, M.Si, Nova Noliza Bakar, M.Si, Dr.Zozy Aneloi Noli, Ardian Putra, M.Si, Dr.Zulhadjri, M.Eng.

"Dengan adanya bencana pandemi COVID-19 yang mengharuskan adanya physical/social distance, juga berdampak pada model KKN yang akan dijalankan di perguruan tinggi, " kata Dr. Ujang Khairul Ketua UPT KKN UNAND. Dia menambahkan  bahwa kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan bersama-sama dengan fakultas untuk memudahkan koordinasi, terutama terkait dengan penyusunan program kerja (proker).

Pendaftaran KKN Bakti untuk Nagari di Fakultas MIPA telah dilaksanakan dari tanggal  21- Mei 3 Juni  2020. Kegiatan dilaksanakan selama 30 hari dalam rentang waktu 1 Juli s/d 8 Agustus 2020.

Dr. Ujang Khairul  menjelaskan lebih rinci terkait dengan pelaksanaan KKN ini. Prosedur pelaksanaan KKN Tahap II ini sama dengan Tahap I dimana tetap harus memperhatikan protokol keselamatan Covid-19. Komunikasi antara DPL dengan mahasiswa dan dengan perangkat Desa/Nagari tempat mahasiswa melakukan kegiatan, dilaksanakan secara online. Program ini menyasar  lingkungan tempat tinggal mahasiswa sendiri, di Nagari atau kampung sendiri.  Namun, pada Tahap II ini topik kegiatan bersifat umum, tidak mesti berhubungan dengan COVID-19. Mahasiswa melakukan penjajakan dan mendiskusikan proker yang mungkin dilakukan dengan pihak Desa/Nagari di tempat tinggal masing-masing. Walaupun dilakukan di tempat masing-masing, luaran dari kegiatan ini sama dengan KKN reguler.

Di akhir pembicaraan Ketua UPT KKN menyampaikan, “semoga  kegiatan ini berjalan lancar, nagari terbantu dan mahasiswa juga berproses dan bersosialisasi di masyarakat”. “Kami berterima kasih kepada Fakultas MIPA yang sudah membantu pelaksanaan KKN ini  ” ujar dia mengakhiri kegiatan pembekalan. (Mz)

Read 447 times