""
Minggu, 03 Maret 2024 15:13

Asesmen Lapangan Program Studi Magister Kimia FMIPA Universitas Andalas



Prodi Magister Kimia FMIPA UNAND mengikuti asesmen lapangan (AL). Asesmen lapangan (AL) merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi. Kegiatan ini berlangsung pada 29 Februari - 1 Maret 2024.

Tim Asesor LAMSAMA terdiri dari Prof. Dr. Dyah Iswantini Pradono, M.Sc. Agr dari Institut Pertanian Bogor dan Prof. Yuni Krisyuningsih,  Ph.d dari Universitas Indonesia.

Pada hari pertama, kegiatan assesmen lapangan dimulai dengan melakukan verifikasi data kepada Unit Pengelola Program Studi (UPPS) melalui  tanya jawab dan diskusi serta konfirmasi Laporan Evaluasi Diri (LED) pada tingkat Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Berbagai aspek menjadi catatan bagi Fakultas dan Prodi dalam penyelenggaraan kegiatan di perguruan tinggi untuk dapat mencapai unggul yang menjadi tanggung jawab semua civitas akademika.

Konfirmasi terkait dengan beberapa aspek antara lain kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan UPPS. Konfirmasi data juga dilakukan dalam pengecekan seluruh siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrumen, laporan berkala dan bukti tindak lanjut hasil SPMI.

Asesmen lapangan ini juga mengundang para tenaga kependidikan, alumni, mahasiswa dan pengguna untuk konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholders external terkait outputs Unit Pengelola Program Studi. Acara dibuka pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.30 WIB. Selama proses tersebut, pihak asesor memberikan saran dan masukan.

Pada hari kedua, dilakukan pengecekan fasilitas laboratorium, Layanan Informasi Ilmiah, ruang dosen dan tenaga kependidikan, serta fasilitas pendukung lainnya. Terakhir, penyampaian rekomendasi hasil akreditasi ke perguruan tinggi dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan.

Dengan berakhirnya asesmen lapangan ini semoga Prodi Magister Kimia FMIPA UNAND mendapatkan hasil akreditasi yang terbaik.

 

 

Read 651 times