Items filtered by date: September 2021
29 September 2021 In Ketentuan

(Padang-FMIPA Unand) Tari kreasi mahasiswa, hentakannya menyembilu siapa saja yang menyaksikan, karena setiap gerak tari terasa rintihan hidup saat covid-19. Penampilan itu dalam rangka DIES NATALIS FMIPA UNAND yang ke-66 pada tanggal 25 September 2021 pukul 07.30-15.30 WIB, dihadiri perwakilan keluarga besar FMIPA yang terdiri dari dosen, mahasiswa, tendik dan perwakilan alumni, serta dibuka langsung oleh Dekan FMIPA. Prof. Dr. Syukri Arief.

“Sepanjang kegiatan yang berlangsung offline di lingkungan Fakultas MIPA, Mahasiswa, Dosen serta Tendik yang hadir wajib mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker dan menjaga jarak, serta selalu mencuci tangan dengan bersih,” ujar Ketua Panitia Dies Natalis FMIPA Dr. Henny Herwina.

Berita selengkapnya silakan klik disini.

 

19 September 2021 In Ketentuan

Tim Mentoring Fakultas (TMF) MIPA menyelenggarakan Grand Opening Mentoring (GOM) pada Sabtu, 18 September 2021 dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru FMIPA dan para mentor. Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan selaku WD 1 Fakultas MIPA Universitas Andalas. Beliau menyampaikan “Fakultas sangat mendukung penuh adanya kegiatan mentoring ini. Selain karena sudah menjadi program resmi dari Unand yang dikoordinasi oleh Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI), program ini juga dinilai sangat efektif dalam pembinaan karakter mahasiswa. Hari ini kegiatan mentoring kita buka, tapi tidak akan kita tutup, karena mentoring ini diharapkan dapat tetap terus berlanjut...”

Setelah pembukaan secara resmi, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan diskusi tentang “Urgensi Mentoring” oleh Bapak Dr. Aadrean yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi S1 Biologi FMIPA Universitas Andalas. Dalam paparan materinya, Dr. Aadrean menyampaikan bahwa mentoring merupakan salah satu wadah yang dapat memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan sebagai sesama muslim dan mahasiswa. “Selain pemahaman materi yang diberikan, kegiatan mentoring dapat mencakup tiga aspek pendidikan yaitu kognitif (pikiran dan pemahaman), afektif (sikap), dan psikomotor (praktek dari aspek kognitif dan afektif )," lanjut Dr. Aadrean.

GOM merupakan acara pembukaan formal bagi mahasiswa baru Fakultas MIPA yang menandakan dimulainya kegiatan mentoring agama Islam di fakultas. Kegiatan mentoring di Unand merupakan bagian dari program akademik karena melekat dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Agama Islam. “Kegiatan mentoring ini dapat dianalogikan sebagai praktikum bagi mata kuliah Agama Islam,” jelas Erwinsyah Ketua BPMAI Unand. Lebih lanjut Romie Daramenra Koordinator TMF MIPA menambahkan “Setelah acara GOM ini, mahasiswa baru FMIPA dibagi dalam beberapa kelompok mentoring. Kegiatan mentoring nantinya akan dibimbing oleh mahasiswa senior yang disebut mentor, dengan mengikuti panduan materi yang telah disusun oleh BPMAI Unand.” Rekaman acara GOM ini dapat disimak kembali di channel youtube via link berikut  [Romi]

17 September 2021 In Pengumuman

berikut berkasnya bisa di baca disini

berikut Persyaratan Perlengkapan Wisuda IV disini

dan berikut lampirannya

14 September 2021 In Ketentuan

(Padang-FMIPA UNAND) Fakultas MIPA Unand mengadakan acara “Pisah Sambut Tim Badan Penjaminan Mutu (BAPEM)” pada hari Senin tanggal 13 September 2021, antara Ketua BAPEM yang lama Dr. Imam Taufiq dengan Ketua BAPEM yang baru Dr. Admi Nazra, serta anggota BAPEM yang baru dari Jurusan Fisika Dr. Ali Syafi’i. Acara yang dimoderatori oleh Wakil Dekan 1 Dr. Mahdhivan Syafwan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom.

Pergantian ini disebabkan Dr. Imam Taufik, selaku Ketua BAPEM yang lama, saat ini menjabat sebagai Kaprodi S2 Jurusan Fisika. Sesuai aturan yang ada, Tim BAPEM tidak dibolehkan menjabat dalam struktur pengelola di jurusan.

Pergantian ini disahkan dengan SK Dekan Fakultas MIPA nomor 215/UN16.03.D/XIII/KPT/2021 tentang Penunjukan dan Penetapan Tim Pelaksana Badan Penjaminan Mutu (BAPEM) Fakultas MIPA Universitas Andalas Periode 2021 - 2024. Berikut susunan Tim BAPEM Fakultas MIPA sesuai dengan SK tersebut : Dr. Admi Nazra - Ketua, Dr. Suryati - Anggota, Dr. Dewi Imelda Roesma - Anggota, Hazmira Yozza, M.Si - Anggota, dan Dr. Ali Syafi’i - Anggota.

Acara pisah sambut ini dihadiri oleh Prof. Dr. Syukri Arief selaku Dekan Fakultas MIPA. “Pada kondisi kekinian, BAPEM merupakan satu elemen yang sangat strategis dalam akreditasi yang menentukan quality control pada Perguruan Tinggi,” demikian Prof. Syukri menjelaskan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pesan, kesan dan harapan oleh Ketua BAPEM yang lama dan yang baru, serta diskusi bersama anggota BAPEM terkait penjaminan mutu di fakultas.

BAPEM bersama GKM merupakan badan yang berperan dalam menjaga kualitas mutu pendidikan di Fakultas yang bekerja sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT). [Alid]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar