""
Items filtered by date: Juni 2022
29 Juni 2022 In Ketentuan

(Padang-FMIPA Unand) Fakultas MIPA Unand kembali tanda tangani Memorandum of Agreement (MoA) bidang Tridharma Perguruan tinggi dengan Universitas dari luar Sumatera Barat. Kali ini FMIPA Unand jalin kerjasama dengan Fakultas Hayati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Penandatanganan MoA dengan perguruan tinggi yang berasal dari Kabupaten Kampar Provinsi Riau ini dilakukan pada hari Senin 27 Juni 2022 di Ruang Sidang Dekanat FMIPA Unand.

Dekan Fakultas Hayati Nur Afrinis, S.Si, M.Si berharap dengan kerjasama ini akan memberi manfaat untuk kedua belah pihak, terutama bagi Fakultas Hayati khususnya. “Kami berharap bisa melakukan joint research dengan dosen-dosen FMIPA Unand yang memiliki pengalaman yang lebih luas dalam berbagai bidang penelitian,” ujar beliau.

Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng menyambut baik kerjasama yang terjalin dengan Fakultas Hayati ini. Beliau juga  membuka peluang bagi dosen-dosen Fakultas Hayati untuk menyambung pendidikan ke jenjang S3 di FMIPA Unand. “Tenaga Pendidik dari Fakultas Hayati bisa sekalian mengambil Program Doktoralnya di FMIPA Unand dengan program beasiswa yang telah tersedia,” demikian beliau sampaikan.

Dengan dijalinnya kerjasama antara dua fakultas ini, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sumber daya kedua belah pihak, serta berkolaborasi dalam kegiatan pendidikan, penelitian, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat.

Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai merupakan lembaga pendidikan yang berada dalam naungan Yayasan Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, yang berdiri sejak tahun 2017. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai merupakan penyatuan dari dua Sekolah Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Tuanku Tambusai (berdiri sejak 2006) dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pahlawan Tuanku Tambusai (berdiri sejak 2012). [Alid]

21 Juni 2022 In Ketentuan

(Padang - FMIPA Unand) Fakultas MIPA Unand jalin kerjasama kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (FST UINIB). Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dilaksanakan pada hari Senin (20/06/2022), bertempat di ruang sidang lantai 2 Dekanat FMIPA Unand. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sumber daya kedua belah pihak, serta berkolaborasi dalam kegiatan pendidikan, penelitian, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, berharap dengan kerjasama ini FMIPA Unand dapat membantu pengembangan FST UIN Imam Bonjol kedepannya, mengingat FST UIN Imam Bonjol merupakan Fakultas yang berumur relatif muda. “FST tentunya dapat menggunakan pakar-pakar yang kita punya untuk membantu pengembangan FST di masa datang” demikian beliau menambahkan.

Selanjutnya Dekan FST UIN Imam Bonjol, Nurus Shalihin, M.Si, Ph.D,  menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya atas terjalinnya kerjasama ini. “Kami tentunya akan sangat terbantu dengan kesepakatan ini, tentunya dengan transfer ilmu dan pengalaman yang akan kami peroleh akan sangat membantu pengembangan dan penguatan fakultas kami nantinya” ujar beliau.

Untuk diketahui FST UIN Imam Bonjol ini sendiri baru terbentuk lebih kurang 3 tahun belakang, menyusul perubahan status IAIN Imam Bonjol menjadi UIN Imam Bonjol pada tahun 2017. [Alid]    

15 Juni 2022 In Ketentuan

(Padang-Unand) Mahasiswa  Jurusan Biologi kembali  terpilih sebagai pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Fakultas MIPA pada tahun 2022 ini. Elni Fatimah berhasil menyisihkan rekan-rekannya dari jurusan lain yakni Zahara Zettira (Fisika), Buty Kurnia Hamzani (Kimia), serta Salsabila Aurelia (Matematika).

Pada proses seleksi Pilmapres yang diadakan pada hari kamis (9/6/2022) ini, setiap peserta seleksi Pilmapres ini menyajikan karya tulis ilmiah mereka kepada Tim Juri yang terdiri dari Dr. Putra Santoso (Biologi), Dr. Yulia Eka Putri (Kimia), Dr. Ferra Yanuar (Matematika), dan Dr. Dian Fitriyani (Fisika). Elni Fatimah mempresentasikan karya tulis ilmiahnya yang berjudul “Pengembangan Sereal Berbasis Aneka Buah dan Sayur Harga Ekonomis Sebagai Usaha Untuk Mengatasi Stunting Pada Anak-Anak”. Hasil penelitian ini diharapkan adanya inovasi produk bergizi tinggi yang lebih terjangkau bagi keluarga dengan perekonomian menengah kebawah. Dari Proses seleksi ini Tim Juri menetapkan Elni Fatimah sebagai peringkat pertama dalam Pilmapres Fakultas MIPA tahun 2022 ini.

Atas capaiannya ini, Elni Fatimah akan mewakili Fakultas MIPA pada ajang Pilmapres tingkat Unand yang akan diadakan dari tanggal 13 Juni s/d 14 Juni 2022. “ Tentunya kita harapkan mahasiswa MIPA bisa meraih prestasi terbaik dalam ajang Pilmapres kali ini” demikian Dr. Jenizon -Wakil Dekan III FMIPA- menyampaikan harapannya.

Pemenang Pilmapres di tingkat Unand nantinya akan dikirim untuk bersaing di tingkat Nasional nantinya. Sebagai informasi, pada tahun 2021 kemaren perwakilan Unand di tingkat Nasional yakni Refa Rahmadiansyah (Fakultas Kedoteran) berhasil menggondol peringkat Pertama dalam ajang tersebut.

 Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Untuk pesertanya sendiri diikuti oleh mahasiswa program sarjana atau program diploma. [Alid]

 

 

13 Juni 2022 In Pengumuman

Bersama ini kami sampaikan  Program Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas MIPA Universitas Andalas tahun  2022 dengan skema sebagai berikut :

 

  1. Riset Dasar & Riset Terapan
  2. Dosen Pemula
  3. Riset Kolaborasi
  4. Disertasi Doktor
  5. Pengabdian Kepada Masyarakat

 

Berikut ketentuan umum:

  1. Bagi dosen yang sedang menjadi ketua peneliti dengan pendanaan dari Kemendikbud-Ristek atau Universitas Andalas tidak dapat menjadi ketua pada skema penelitian di atas kecuali skema Riset Kolaborasi.
  2. Setiap dosen dapat mengusulkan dua usulan penelitian (satu usulan sebagai ketua dan satu usulan sebagai anggota atau dua usulan sebagai anggota) dan dua usulan pengabdian kepada masyarakat (satu usulan sebagai ketua dan satu usulan sebagai anggota atau dua usulan sebagai anggota).
  3. Bagi dosen yang memperoleh hibah penelitian atau pengabdian Fakultas MIPA Universitas Andalas sejak tiga tahun sebelumnya tetapi luaran yang disyaratkan belum terpenuhi, maka tidak dapat mengusulkan hibah penelitian atau pengabdian pada tahun anggaran 2022 ini.

 

Proposal disubmit secara online via http://sippmi.unand.ac.id paling lambat pada tanggal 13 Juli 2022 (tidak ada perpanjangan). Ketentuan dan persyaratan setiap skema, tahapan pencairan dana dan tanggal-tanggal penting dapat dilihat pada lampiran.