""
Admin FMIPA

Admin FMIPA

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
20 Mei 2024

 

Jumat, 17 Mei 2024, di Ruang Pertemuan Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) yang berlokasi di Jalan Raden Patah No 1, Jakarta Selatan, telah dilaksanakan kegiatan penting yang menandai awal dari kolaborasi strategis antara Kementerian ATR-BPN dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Direktur Perencanaan Tata Ruang, Dr. Eko Budi Kurniawan, ST. M.Sc. Beliau memperkenalkan para undangan yang hadir dan memberikan pengantar mengenai kegiatan yang akan dijalankan bersama. Dalam kesempatan ini, Dr. Eko menekankan pentingnya kolaborasi yang erat antara lembaga pendidikan tinggi dengan dunia kerja untuk mencapai tujuan bersama.

Selanjutnya, pengarahan disampaikan oleh Direktur Jenderal Tata Ruang, Ir. Gabriel Triwibowo, Meng Sc. Dalam arahannya, beliau menyampaikan bahwa sinergi antara Kementerian ATR-BPN dengan perguruan tinggi merupakan implementasi dari konsep pentahelix dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

"Sinergi antara Kementerian ATR-BPN dengan perguruan tinggi merupakan implementasi dari konsep pentahelix dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)," kata beliau. Kolaborasi ini diharapkan dapat menginspirasi hubungan yang erat antara perguruan tinggi dan dunia kerja, serta ikut serta dalam menyelesaikan berbagai permasalahan global.

Kegiatan yang diberi nama RIMBA ini didanai oleh United Nations Environment Programme (UNEP) dan menjadi salah satu mekanisme global untuk mengatasi berbagai masalah lingkungan. "Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui ekonomi hijau, menjaga ekosistem, dan melestarikan biodiversitas," ucap beliau. Tata ruang menjadi acuan utama dalam berbagai kegiatan pembangunan untuk memastikan kesesuaian pemanfaatan ruang.

Sementara dari FMIPA UNAND kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Dr. Mahdhivan Syafwan didampingi oleh Wakil Dekan II, Prof. Syamsuardi serta Kepala Departemen Biologi, Dr. Wilson Novarino.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNAND, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian ATR-BPN atas kesempatan yang diberikan untuk bekerjasama. "Kerjasama ini akan menjadi media bagi FMIPA dalam membantu menyelesaikan permasalahan nasional dan meningkatkan mutu pembelajaran di kampus," ujar beliau. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dari jenjang S1, S2, dan S3 di FMIPA akan terlibat langsung dalam proyek-proyek yang menjadi tanggung jawab dari Universitas Andalas.

Kerjasama ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak, serta memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia. [Prilly Nur Azizah]

 

20 Mei 2024

Pada ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tingkat nasional tahun 2024 yang berlangsung pada tanggal 12-17 Mei 2024 di Universitas Hasanuddin, Makassar, Darma Septian, mahasiswa dari Departemen Fisika, berhasil meraih penghargaan Honorable Mention. Prestasi ini merupakan bukti nyata dedikasi dan kerja keras Darma dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya di bidang fisika.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Universitas Andalas, Dr. Mahdhivan Syafwan, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian tersebut. "Kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh Darma Septian. Penghargaan ini tidak hanya membawa nama baik Departemen Fisika, tetapi juga FMIPA UNAND." ujar Dr. Mahdhivan Syafwan.

Tidak lupa Dr. Mahdhivan Syafwan menyampaikan rasa apresiasi dan terimakasihnya kepada seluruh pihak terkait yang telah berjuang selama beberapa bulan terakhir dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk berkompetisi pada ONMIPA-PT tingkat nasional 2024. "Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh mahasiswa, dosen pelatih yang semuanya berasal dari FMIPA beserta tendik yang terlibat dalam kompetisi ini, serta atas dukungan dari Direktorat Kemahasiswaan UNAND, dan semua pihak terkait yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, yang telah menunjukkan kemampuan dan dedikasinya dalam ajang bergengsi ini", ujar beliau.

Selain itu, Universitas Andalas juga membawa penghargaan medali Perunggu dari bidang Kimia yang diraih oleh Arief Kurniawan dari Fakultas Kedokteran. Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama UNAND di kancah nasional maupun internasional. Selain itu, kita juga berharap agar prestasi UNAND, khususnya FMIPA dapat lebih baik lagi di tahun mendatang. (prilly-dvw)

 

16 Mei 2024

 

FMIPA Universitas Andalas sambut empat Pegawai Tetap Non PNS dan tiga tenaga harian yang diadakan pada Senin tanggal 6 Mei 2024 di ruang sidang Dekanat FMIPA Universitas Andalas lantai 2.

 “Selamat bergabung kepada pegawai tetap dan tenaga harian di FMIPA Universitas Andalas. Kita sangat berharap koordiasi, konsolidasi serta kontribusi maksimal untuk memajukan FMIPA Universitas Andalas.” Sambut Dekan FMIPA UNAND, Dr. Mahdivan Syafwan.

Dr. Mahdhivan Sayfwan juga menyampaikan bahwasanya rekrutmen calon pegawai tetap ini adalah yang pertama sejak Universitas Andalas memperoleh status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Proses rekrutmen dilakukan sesuai dengan peraturan yang tercantum dalam SOTK PTNBH.

Empat Pegawai Tetap Non PNS terdiri dari tiga tenaga dosen dan satu orang laboran. Tiga orang tenaga dosen tersebut terdiri dari dua orang dosen Departemen Matematika dan Sains Data yakni Rudi Cahyadi,S.Si.MT, Ghea weisha, S.Si,M.Si, dan Lidya Pratiwi, S.Si.M.Si serta M. Ilham Fernanda, S.Si  sebagai teknisi laboratorium Departemen Fisika. Selanjutnya tiga tenaga harian yakni Afridanil, S.Si sebagai teknisi FMIPA, Witri Zulaspita,M.Si Analis laboratorium herbal anda Departemen Biologi dan Vinny Yulia Candra, S.A.P sebagai penata usaha pimpinan.

Acara ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, manajer 1 dan 2, Kepala kantor, Kasi dan Kadep di lingkungan FMIPA Universitas Andalas. [Prilly Nur Azizah]

07 Mei 2024

SYARAT PENGAMBILAN TOGA & JUBAH WISUDA III 2024

 

Sehubungan dengan pelaksanaan Wisuda Periode III Tahun 2024 Unand pada tanggal 13 Januari 2024, maka FMIPA Unand menyampaikan rincian biayanya sebagai berikut:

No.

Rincian

Jumlah

1.

Pembelian Toga Baru untuk Wisudawan/ti

100.000,-

2.

Jubah dan selempang pasca + perawatan dan laundry oleh Fakultas

  20.000,-

3.

Foto wisuda sebanyak 3 lembar ukuran 10R+ dan Softfile

100.000,-

 

Total

220.000,-

 

Pembayaran Perlengkapan wisuda sebesar Rp. 120.000,- (seratus dua puluh ribu rupiah) dibayarkan/disetor ke rekening Bank Nagari No. 2102.0210.44342-2 an. Amelisa (Bendahara/BPP FMIPA), waktu mentransfer tuliskan NIM dan Nama di kolom berita untuk memudahkan bendaharawan menceknya, slip/bukti pembayaran diserahkan sewaktu pengambilan toga dan jubah.

Jubah wisuda dan Selempang pasca hanya dipinjamkan kepada calon wisudawan/ti dan harus dikembalikan lagi dalam keadaan rapi dan tidak robek/cacat sewaktu pengembaliannya. Jubah dikembalikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah pelaksanaan Wisuda, jika tidak dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan, maka dikenakan denda keterlambatan sebesar 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) / hari. Form peminjaman jubah dapat di unduh disini.

Demikianlah diberitahukan untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan, terima kasih.

Catatan:

  • Pembelian Toga diwajibkan dan rapat diambil di Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Dekanat FMIPA
  • Pengembalian Jubah, Toga dan Selempang pasca dimulai pada hari Senin tanggal 10 Juni 2024 di hari dan jam kerja

.

                                                                                                                                                                       Padang, 2 Mei 2024

                                                                                                                                                                       An. Dekan

                                                                                                                                                                       ttd

                                                                                                                                                                       Dr. Arrival Rince Putri

                                                                                                                                                                       NIP. 197804262005012003