Items filtered by date: September 2024
28 September 2024 In olimpiade BKS-Barat

Padang (27/9/2024) – Rektor Universitas Andalas, Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt, CA, CRGP, melantik Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II FMIPA Unand pada Jumat, 27 September 2024, bertempat di Gedung Convention Hall, Kampus Limau Manis, Universitas Andalas. Pelantikan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan rotasi kepemimpinan di lingkungan universitas.

Prof. Dr. Admi Nazra, M.Si., resmi menggantikan Dr. Arrival Rince Putri, M.T, M.Si.,Wakil Dekan I FMIPA Unand periode Januari - September 2024. Sementara itu, Dr. Mairawita, M.Si., dilantik sebagai Wakil Dekan II menggantikan Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc., yang telah menjabat sebagai Wakil Dekan II FMIPA tahun 2020-2024.

 

 

Dalam sambutannya, Rektor Unand Dr. Efa Yonnedi menyampaikan apresiasinya kepada para pejabat yang telah menyelesaikan masa jabatan mereka dan menyambut harapan baru bagi para pejabat yang dilantik. "Pelantikan ini diharapkan dapat membawa sinergi baru serta inovasi yang berkelanjutan dalam mendukung visi Unand sebagai universitas kelas dunia," ujar Dr. Efa Yonnedi.

Selain pelantikan Wakil Dekan FMIPA, Rektor Unand juga melantik Wakil Dekan dari Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (ISIP) dalam kesempatan yang sama. Acara berlangsung khidmat dan dihadiri oleh para dekan, dosen, dan tamu undangan lainnya.

Dengan pelantikan ini, Universitas Andalas berharap kepemimpinan baru di tiap fakultas dapat terus meningkatkan kinerja dan prestasi di lingkungan akademik, serta memperkuat kolaborasi lintas fakultas demi kemajuan institusi secara menyeluruh.

 

24 September 2024 In olimpiade BKS-Barat

 

Padang – FMIPA Universitas Andalas (UNAND) menerima kunjungan kehormatan dari Sultan Idris Education University (UPSI) Malaysia pada Senin, 23 September 2024. Kunjungan ini bertujuan mempererat hubungan kerja sama dalam bidang pendidikan dan riset antar kedua institusi.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi UPSI yang terdiri dari 43 pelajar (Biologi 13 pelajar, Fisika 1 pelajar, Kimia 6 pelajar, Matematika 13 pelajar dan Sains 10 pelajar) dan sejumlah pensyarah dari berbagai program studi, seperti Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, dan Sains, disambut oleh pihak FMIPA Unand. Mereka disambut dengan penuh kehangatan oleh Wakil Dekan II FMIPA Unand, Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc., yang mewakili Dekan FMIPA yang sedang mengikuti kegiatan di Jakarta. Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan, “Kami merasa sangat terhormat atas kunjungan ini dan berharap kunjungan ini menjadi titik awal kerja sama yang lebih intensif di masa depan, baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian. Semoga ini membuka peluang bagi para mahasiswa dan dosen untuk berkolaborasi dalam berbagai proyek ilmiah.”

 

Rangkaian kegiatan kunjungan ini diisi dengan kunjungan ke Hutan Pendidikan dan Penelitian (HPPB), Biologi dan diskusi akademik ke masing-masing departemen di FMIPA. Kedua belah pihak berbagi pengalaman dan pengetahuan yang memperkaya wawasan, terutama dalam pengembangan program studi sains.

Kunjungan ini merupakan salah satu langkah strategis FMIPA UNAND dalam memperluas jejaring internasional dan memperkuat kolaborasi global demi menciptakan lulusan yang kompeten dan berdaya saing global. Kunjungan ini juga diharapkan menjadi titik awal bagi kolaborasi lanjutan antara FMIPA Unand dan UPSI Malaysia di masa mendatang, baik dalam bentuk program pertukaran pelajar, riset kolaboratif, maupun seminar internasional.

19 September 2024 In olimpiade BKS-Barat

 

Padang, 18 September 2024 – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas sukses menggelar MIPA Academic Talk Series ke-10 pada Rabu (18/9), dengan tema yang menarik perhatian, yakni “Hujan Ekstrem di Musim Kemarau”. Acara ini diselenggarakan secara hybrid, bertempat di ruang sidang Dekanat lantai 2 FMIPA Unand dan melalui platform Zoom Meeting.

 

Diskusi ini menghadirkan Prof. Dr.techn. Marzuki, S.Si., M.Sc.Eng, Guru Besar Fisika Atmosfer Universitas Andalas, sebagai narasumber utama yang membahas fenomena cuaca ekstrem dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Diskusi yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIB ini dimoderatori oleh Mutya Vonnisa, M.Sc., dosen Fisika Unand, dengan partisipasi 76 peserta, terdiri dari 52 peserta daring dan 24 peserta yang hadir langsung di lokasi.

 

Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Mai Efdi, dalam sambutannya menekankan pentingnya acara MIPA Academic Talk sebagai bagian dari program rutin FMIPA Unand. "MIPA Academic Talk adalah kegiatan rutin guna meningkatkan suasana akademik yang kondusif. Kami berharap adanya kerja sama riset yang lebih kuat untuk meningkatkan pemahaman tentang perkembangan ilmu pengetahuan alam," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Prof. Mai Efdi menyoroti urgensi dari tema yang diangkat. "Kondisi kita saat ini, di mana cuaca cerah bisa diikuti oleh hujan lebat, bahkan disertai angin kencang, menunjukkan betapa ekstremnya perubahan iklim ini. Harapannya, melalui diskusi ini, kita dapat lebih bijak menyikapi fenomena tersebut dan meningkatkan mitigasi terhadap kondisi iklim yang tidak bersahabat ini," tambahnya.

 

Acara ini mendapat respons positif dari para peserta yang aktif berdiskusi dan mengajukan pertanyaan seputar dinamika atmosfer dan dampak hujan ekstrem. Rekaman lengkap acara dapat diakses di kanal YouTube FMIPA UNAND.

 

Dengan kesuksesan ini, MIPA Academic Talk diharapkan terus menjadi forum diskusi ilmiah yang relevan dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

YOUTUBE : FMIPA UNAND

02 September 2024 In olimpiade BKS-Barat

Padang, 31 Agustus 2024 — Plaza FMIPA Universitas Andalas menjadi saksi berlangsungnya Wisuda IV yang dipimpin langsung oleh Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Mai Efdi. Pada wisuda kali ini, sebanyak 154 wisudawan dengan bangga menerima gelar akademik mereka, yang terdiri dari 130 sarjana dan 24 magister dari berbagai program studi.

Wisudawan sarjana berasal dari 48 lulusan Biologi, 34 Kimia, 24 Fisika, serta 24 Matematika dan Sains Data. Sementara itu, lulusan magister mencakup 17 dari Biologi, 3 dari Kimia, dan 4 dari Matematika dan Sains Data.

Di antara para lulusan, Arifa Setriani dari Program Studi Biologi berhasil meraih predikat lulusan terbaik dengan IPK 3,94. Diikuti oleh Afikatul Awaliyah dari Fisika dengan IPK 3,91, Ridho Ramadhan dari Matematika dan Sains Data dengan IPK 3,82, dan Mailani Putri dari Kimia dengan IPK 3,81. Dari jenjang magister, Wulan Komala Sari, S.Si., dari Magister Biologi berhasil meraih IPK sempurna, 4,00.

 

Arifa Setriani, mewakili para wisudawan, menyampaikan kesan dan pesan yang mengharukan. "Saya teringat saat pertama kuliah rasanya seperti memasuki dunia baru, teringat saat awal beradaptasi dengan padatnya kuliah dan tugas yang menumpuk. Namun kita berhasil melewati titik ini dengan segala usaha dan doa. Hari ini adalah hari yang membahagiakan untuk kita semua. Semoga kita semua terus memelihara semangat dan dedikasi yang telah membawa kita sampai di sini," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, FMIPA Unand juga memberikan penghargaan kepada para Bintang Aktivis Berprestasi, di antaranya Septi Rahma Della (Matematika dan Sains Data), Sausan Maharani M.F. (Biologi), Tio Firmansyah (Biologi), Afdhal Raihan (Biologi), Fajar Irianto (Biologi), Annisa Riyanti (Biologi), Nur Azis Ariansyah (Biologi), Siti Rokhimah (Biologi), Stia Prihatiningsih (Biologi), Anisa Azzahra (Biologi), Stefanni Dwi Putri Aznika (Kimia), Mailani Putri (Kimia), dan Miftahul Putri (Fisika).

 

Mailani Putri, mewakili Bintang Aktivis Berprestasi, turut menyampaikan pesan inspiratif. "Kita tahu empat tahun lalu di masa COVID-19 adalah masa-masa sulit untuk kita semua. Kita melewati kuliah daring. Dan hari ini, kita berhasil melewati semuanya. Kutipan dari Buya Hamka: 'Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah.' Welcome to the final show, terima kasih telah menjadi bagian dari perjalanan bahagia ini."

 

Perwakilan IKA FMIPA Universitas Andalas, Ibu Sisri Handa Yani, S.Si., juga memberikan sambutan yang memotivasi. "Saya berpesan kepada wisudawan di sini, teruslah bertumbuh dan berkembang, sudahi kegalauan dan hal-hal yang tidak berguna. Tantang dunia dengan percaya diri. Masa depan di hadapan Anda. Tidak ada kata mundur dan berhenti sejenak jika ingin menjadi yang terdepan. Berpikirlah besar untuk menjadi orang yang besar. Jangan malu untuk memulai sesuatu yang lebih baik. Titik seseorang tidak pernah sama, namun kita punya titik awal dan titik akhir terbaik kita. Jadilah pribadi yang baik, yang visioner, yang tahu apa, yang tidak ikut-ikutan, jadilah yang mewarnai, bukan diwarnai."

 

Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Mai Efdi, menutup acara dengan pesan yang penuh harapan, "Selamat atas keberhasilan ini, semoga prestasi ini bisa menular di masyarakat nanti. Teruslah belajar, dengan belajar bisa menambah wawasan kita. Kami yakin para wisudawan akan menjadi bagian dari solusi di masyarakat. Saya berpesan, teruslah berkarya dan berprestasi, prestasi Anda adalah prestasi FMIPA. Jagalah nama baik almamater."

 

Wisuda FMIPA Unand kali ini juga dihadiri oleh para orang tua/wali wisudawan/ti, dosen, staf FMIPA Universitas Andalas, dan Alumni FMIPA Universitas Andalas. Dengan semangat dan harapan baru, para wisudawan FMIPA Unand siap menghadapi dunia dengan segala tantangannya, membawa nama baik almamater mereka ke berbagai penjuru negeri.