Kamis, 10 Maret 2016 07:27

Exchange Student dari Universitas Ibaraki Jepang

Dua orang mahasiswa Universitas Ibaraki mengikuti program pertukaran mahasiswa (Exchange Student) di Jurusan Fisika Universitas Andalas. Kedua mahasiswa ini adalah bagian dari rombongan Universitas Ibaraki dengan total lima orang mahasiswa. Dua mahasiswa lagi ditempatkan di Jurusan Matematika dan satu orang di Jurusan Biologi.

Kegiatan ini adalah bagian MoU antara FMIPA Universitas Andalas dengan Universitas Ibaraki. Pada tahun 2015, 5 mahasiswa Fisika telah mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa di Universitas Ibaraki. Mahasiswa Ibaraki yang baru saja tiba di Jurusan Fisika dibimbing oleh Dr.techn. Marzuki dengan dibantu oleh mahasiswa Fisika yang lain. Selama berada di Fisika, mahasiswa Jepang ini mengikuti kegiatan seperti seminar mingguan, kuliah lapangan, kegiatan kemahasiswaan di HIMAFI, dan jalan-jalan ke objek wisata dan budaya yang ada di Sumatera Barat.

Pada tanggal 09 Maret 2016, kedua mahasiswa Ibaraki diajak untuk melihat pusat pengamatan Atmosfir yang ada di Kototabang. Loka pengamatan ini merupakan salah satu pusat pengamatan tercanggih di dunia yang menarik minat banyak peneliti. Selama berada di Kototabang, kedua mahasiswa ini mendapatkan penjelasan tentang prinsip-prinsip instrumen atmosfir yang ada di sana. Penjelasan diberikan oleh staf LAPAN dengan dibantu/diterjemahkan oleh tutor (mahasiswa Fisika) dan pembimbing lapangan (Dr. techn. Marzuki).

Kedua mahasiswa ini akan berada di Jurusan Fisika hingga tanggal 21 Maret 2016. Semoga selama kunjungan ini, mereka mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang bisa meningkatkan kesepahaman antara kedua negara dalam hal-hal yang bersifat kebaikan.

Read 506 times