Kamis, 10 Maret 2016 07:38

Lecture Series oleh Prof. Makoto Okada

Dalam rangka menindaklanjuti MoU antara Fakultas MIPA dengan Fakultas Sains Universitas Ibaraki Jepang, telah dilakukan berbagai kegiatan dan salah satu diantaranya adalah Lecture Series oleh Prof. Makoto Okada pada tanggal 4 Maret 2016. Kegiatan yang dilaksanakan di Plaza FMIPA, diikuti oleh ratusan mahasiswa FMIPA, terutama Jurusan Fisika.

Kuliah yang bertemakan Paleomagnet ini sangat menarik minat mahasiswa yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dari mahasiswa. Akibatnya, perkuliahan yang awalnya hanya diagendakan satu jam, akhirnya berlangsung dua jam.

Lecture Series, dilaksanakan diskusi antara Prof. Makoto Okada dengan Pejabat di lingkungan FMIPA Universitas Andalas. Hal yang menjadi agenda pembicaraan adalah bagaimana cara meningkatkan hubungan yang telah terjalin dengan baik ini dengan kegiatan-kegiatan yang saling menguntungkan. Selama ini, kegiatan pertukaran mahasiswa antara kedua universitas telah berjalan dengan baik. Pada kesempatan ini disepakati bahwa kedua pihak akan melakukan usaha maksimal untuk membuka Double Degree Program antara program Pascasarjana di kedua belah pihak. 

Pada tanggal 5 Maret, dengan diteman beberapa orang staf Jurusan Fisika, Prof. Makoto Okada mengunjungi Lembah Harau. Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Tempat ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Lembah yang sangat menarik ini diharapkan akan semakin mempererat hubungan antara FMIPA UNAND dengan Universitas Ibarakti, terutama dalam lingkup kegiatan penelitian di bidang ilmu-ilmu kebumian.

 

Read 404 times