""
Rabu, 27 Maret 2024 14:09

Dua Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Andalas Lolos IISMA 2024

Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) telah memberikan pengumuman akhirnya pada tanggal (20/03/2024) lalu. Sekitar 15.211 mahasiswa akan diterbangkan ke berbagai penjuru dunia untuk merasakan pengalaman studi di luar negeri sebagai bentuk implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek. FMIPA Universitas Andalas sendiri membawa dua mahasiswanya lolos. Diantaranya yakni Halwanisa Syazwina dari Kimia’21 di Vytautas Magnus University, Lithuania dan Muhammad Aidil Azlan dari Fisika’21 di National Sun Yat-Sen University, Taiwan.

Kabar tersebut pun mendapatkan sambutan hangat dari Dr. Mahdhivan Syafwan selaku Dekan FMIPA Universitas Andalas. Menurutnya, kabar tersebut akan membawa energi positif kepada mahasiswa FMIPA lainnya agar mereka dapat meningkatkan kepercayaan dirinya bersaing dalam program-program beasiswa.

“Lolosnya dua mahasiswa kita untuk menjalani kegiatan international exchange ini akan semakin mendorong lulusan FMIPA nantinya itu untuk mampu berkompetisi secara global, karena tujuan dari FMIPA Universitas Andalas mencetak lulusan yang dia itu mampu bersaing di dunia kerja, tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga di tingkat internasional,” ungkap beliau.

Menurut beliau, FMIPA sangat berharap dengan adanya program IISMA ini, mahasiswa memiliki kesempatan yang luas untuk berinteraksi dengan masyarakat internasional, belajar banyak hal yang berkaitan dengan multiculturalism, menguatkan soft skill dan kompetensi, serta membangun jaringan yang berkelanjutan dengan berbagai pihak sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal.

“Selamat dan sukses atas capaian para awardee IISMA, jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan melanjutkan networking yang berkelanjutan. Diharapkan hubungan-hubungan yang terjalin selama mengikuti program IISMA bisa membawa kebermanfaatan yang lebih luas lagi dan juga teman-teman bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah didapatkan dan juga menjaga nama baik almamater serta menjaga nama baik Indonesia yang kita banggakan” tutup beliau. [Prili]

Read 490 times