Items filtered by date: April 2020
23 April 2020 In Covid-19

(Padang-Padek) Penyebaran Covid-19 belum terhentikan dan masih menghantui negara-negara di dunia. Hampir tidak ada negara yang tidak dikenai virus ini. Berawal dengan nama pneumonia (radang paru-paru) Wuhan yang dilaporkan ke WHO pada 31/12/2019, kasus ini terus tumbuh dan membesar, hingga akhirnya pada 11 Februari 2020 resmi diberi nama Covid-19.

Penyakit ini seakan tidak terbendung dan terus menyebar dan mencapai kategori pandemi pada Rabu (11/3/2020). Alih-alih berkurang, kasus Covid-19 justru semakin melonjak di Eropa dan Amerika Serikat. Covid-19 telah menjadi sebagai salah satu wabah yang merajalela di tingkat dunia setelah virus ebola, flu babi, sindrom pernafasan akut (SARS), flu spanyol dan kolera. Hingga Sabtu (18/4) sekitar 213 negara telah mencatat penyakit ini dengan total kematian hampir 140 ribu jiwa.

 

Readmore

21 April 2020 In Covid-19

(Padang-Fisika Unand) Menyikapi kondisi terkini terkait penyebaran virus Covid-19 atau virus corona, dengan tingkat penyebaran yang makin luas dan bertambahnya korban  terutama di wilayah Padang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (Unand) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini sifatnya kompetitif bagi jurusan yang ada di lingkungan FMIPA.

Readmore

18 April 2020 In Pengumuman

 

PENGUMUMAN

Pendaftaran KKN Tematik Pencegahan Covid-19

Fakultas FMIPA Universitas Andalas Tahun 2020

 

 

Surat Wakil Rektor 1 No. B/221/UN16.WR1/PK.01/2020 menegaskan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam upaya preventif dan promotif, kegiatan laboratorium atau bentuk lainnya yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 dapat diakui sebagai KKN tematik. Oleh karena itu, dirasa perlu untuk memfasilitasi mahasiswa di lingkungan Fakultas MIPA yang akan mengajukan program KKN Tematik berkaitan dengan Pencegahan Covid-19 dengan ketentuan sebagai berikut:

 

1. Kegiatan KKN tematik diikuti oleh 15-20 orang untuk setiap 1 (satu) orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

2. Pembekalan dan komunikasi antara mahasiswa dan DPL selama Kegiatan KKN Tematik dilakukan melalui pembelajaran daring/online jika kasus Covid- 19 masih ada.

3. KKN Tematik dilaksanakan di tempat mahasiswa berdomisili dengan tetap memperhatikan standar keselamatan terhadap pencegahan penularan Covid-19.

4. Mendapatkan persetujuan dari mitra di tempat KKN Tematik (Camat/Wali Nagari/Kepala Desa/Ketua Kelompok/Instansi terkait lainnya).

5 Persyaratan bagi mahasiswa adalah:

     a. Mahasiwa Fakultas MIPA, baik dari satu jurusan atau gabungan dari beberapa jurusan.

     b. Bersedia ikut KKN tematik yang dibuktikan dengan surat pernyataan (formulir terlampir)

     c. Sudah mendaftar KKN tahun 2020 dan telah melengkapi berkas-berkas  pendaftaran ke UPT KKN.

6. Persyaratan bagi DPL adalah:

    a. Dosen FMIPA yang telah mendaftar sebagai DPL KKN tahun 2020.

    b. Bersedia menjadi DPL KKN Tematik Pencegahan Covid-19 yang dibuktikan dengan surat pernyataan (formulir terlampir)

 

Bagi mahasiswa dan dosen yang ingin mengikuti Kegiatan KKN Tematik tersebut, dapat mengirimkan TOR Rencana Kegiatan (dalam format doc) dan kelengkapan lain (dalam 1 file pdf) melalui link: https://bit.ly/kkntematikcovid19fmipa paling lambat 25 April 2020 pukul 15.00 WIB. TOR disusun oleh calon DPL bersama-sama dengan mahasiswa.

 

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

Dekan,

 

 dto

 

Prof. Dr. Safni, M.Eng

NIP.196705121990032013

16 April 2020 In Covid-19

(Padang-FMIPA UNAND) Fakultas MIPA Universitas Andalas (UNAND) tidak tinggal diam dengan kondisi mahasiswa yang sedang belajar di rumah atau kuliah online akibat pandemi Corona Covid-19. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menggalang bantuan dalam rangka meringankan beban mereka. Bantuan ini terutama diberikan kepada mahasiswa FMIPA yang tidak pulang kampung.