Items filtered by date: Januari 2021
25 Januari 2021 In Ketentuan

(Padang-FMIPA UNAND) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah ajang kompetisi ilmiah bergengsi yang diselenggarahkan oleh Direktorat Pembelajaran Kemahasiswaan, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan RI. Dalam rangka membekali mahasiswa menjelang musim kompetisi nasional tahunan ini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNAND menggelar agenda ekskulsif bertajuk “WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA TAHUN 2021” pada hari Sabtu, 23 Januari 2021 secara daring. Dalam acara ini, dihadirkan tiga narasumber utama yang merupakan reviewer PKM berkaliber dan juri tingkat nasional yaitu Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi, S.T., M.T., Prof. Dr. Syukri Arief, M. Eng., dan Prof. Dr. Dahelmi, MS. Selain itu, juga diundang Thiwi Briliana Khairani sebagai perwakilan tim mahasiswa peraih juara favorit Pekan Ilmiah Nasionasl (PIMNAS) tahun 2020. Workshop melalui media ZOOM dan kanal Youtube FMIPA ini diikuti oleh hampir 500 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen di lingkungan FMIPA UNAND.

20 Januari 2021 In Pengumuman

Berikut kami lampirkan Daftar Nama - Nama penerima Beasiswa Lembaga Amil Zakat (LAZ) UNAND DISINI

19 Januari 2021 In Pengumuman

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap proses pendaftaran wisuda secara online selama tahun 2020 dan mengacu pada Peraturan Rektor Unand No. 28 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, maka dilakukan beberapa perubahan ketentuan terhadap data dan dokumen yang wajib dilengkapi dalam proses pendaftaran wisuda di tingkat fakultas. Prosedur pendaftaran wisuda tetap dilakukan secara online melalui aplikasi myFMIPA (https://fmipa.unand.ac.id/myfmipa/) dengan berpedoman pada SOP No.1.1.1.030. Berikut langkah-langkah dan penjelasan proses pendaftaran wisuda secara online melalui aplikasi myFMIPA:

 

  1. Mahasiswa meminta user dan password myFMIPA ke admin SIA masing-masing jurusan.
  2. Setelah login, mahasiswa wajib mengisi/melengkapi formulir biodata.
  3. Fileyang diunduh maksimal 500 kb dengan format pdf.
  4. Dokumen/formulir yang diisi/diunduh
  • Blanko Alumni diisi secara onlinedan diverifikasi oleh Ketua Jurusan atau pimpinan lain yang ditunjuk.
  • Unduh Ijazah terakhir (SMA/S1/S2).
  • Unduh Surat Keterangan Bebas UKT dari Bagian Keuangan Rektorat (dapat dilewatkan dan proses kliring akan dilakukan oleh admin fakultas jika semua syarat lengkap).
  • Unduh Bukti Pemeriksaan Turnitin dari Tugas Akhir.
  • Unduh KK/KTP/AKTE. Gabung ketiga dokumen jadi satu file pdf.
  • Unduh Surat Keterangan Bebas Pustaka UNAND (dapat dilewatkan dan menjadi syarat pengambilan ijazah).
  • Unduh dokumen SAPS yang sudah diverifikasi oleh pimpinan jurusan (khusus bagi S1)
  • Unduh Sertifikat TOEFL (dapat dilewatkan dan menjadi syarat pengambilan ijazah).
  • Unduh Surat Pernyataan Isian Data Ijazah Wisudawan. Dokumen ini cukup ditandatangani oleh mahasiswa (bermaterai) dan tanda tangan ketua jurusan dibiarkan saja kosong.
  • Unduh Publikasi (khusus bagi S2/S3). Isi dan lengkapi detail publikasi melaluilink form Google yang tertera di sana, kemudian klik kotak di samping tulisan “Saya Telah Mengisi Detail Publikasi pada Link Form Google”. Selanjutnya unduh halaman pertama publikasi dimana terdapat susunan tim penulis dan abstrak. Jika belum terbit maka unduh bukti accepted.
  • Unduh Surat Keterangan Bebas Jurusan
  • Unduh Transkrip Akademik. Transkrip akademik dapat diminta ke Admin SIA masing-masing jurusan (bukan yang dari portal akademik) dan telah diperiksa oleh Ketua Jurusan/Kaprodi.
  1. Proses verifikasi akan dilakukan dua tahap, yaitu Ketua Jurusan atau pimpinan lain yang ditunjuk, dan oleh Admin Fakultas.
  2. Setelah disetujui oleh Admin Fakultas mahasiswa dapat membayar biaya pendaftaran wisuda dan mendaftar wisuda ke sistem/aplikasi wisuda universitas (http://wisuda.unand.ac.id/).
  3. Setelah mendaftar di universitas, mahasiswa mengunduh dua dokumen ke myFMIPA yaitu:
  • Unduh Draf Ijazah (dari sitem wisuda universitas)
  • Unduh Surat Pernyataan (dari sistem wisuda universitas)
  1. Setelah dokumen pada poin 7 (tujuh) diverifikasi admin fakultas, proses selesai dan mahasiswa telah terdaftar sebagai peserta wisuda Fakultas MIPA.
  2. Video panduan pendaftaran wisuda secara online dapat dilihat di youtube pada tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=Rl_T5a70V1g&t=5s dengan memperhatikan ketentuan terbaru yang dijelaskan pada poin 4 (empat).

 

Persyaratan, ketentuan, kuota dan jadwal pendaftaran wisuda di tingkat universitas dapat dilihat di http://wisuda.unand.ac.id/.

 

Demikianlah disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

 

 

Padang, 18 Januari 2021

 

Dekan,

 

 

 

 

 

Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng

NIP. 196609181991031005

18 Januari 2021 In Pengumuman

Kami beritahukan beberapa hal berikut terkait update info KRS Semester Genap 2020-2021:
 
1. Setiap mahasiswa wajib melakukan konsultasi KRS dengan dosen PA dan mengisi berita acara konsultasi di menu “Bimbingan PA” di https://fmipa.unand.ac.id/myfmipa 

2. Pengambilan MKWU (B.Indonesia, Agama, Pancasila, dan Kewarganegaraan) dan MKWI (Kewirausahaan dan KKN) dilakukan melalui http://layanan.akademik.unand.ac.id 

3. MKWU dan MKWI yang diambil harus tetap dimasukkan dalam KRS di http://portal.unand.ac.id/ karena di akhir semester nilainya akan diinputkan oleh admin fakultas

4. Pengambilan matakuliah cross-enrollment mengikuti panduan berikut

5. Matakuliah cross-enrollmentdapat diambil jika memenuhi jatah maksimum sks dan mendapat persetujuan dosen PA dengan mengisi form berikut

6. Kaprodi S1 memverifikasi melalui http://layanan.akademik.unand.ac.id matakuliah MKWU, MKWI dan cross-enrollment yang diambil oleh mahasiswa dengan memperhatikan jatah maksimum sks dan kesesuaian capaian pembelajaran mata kuliah (khusus cross-enrollment)

7. Pendaftaran MBKM dilakukan melalui http://merdeka.akademik.unand.ac.id/ dengan memperhatikan syarat, ketentuan dan prosedur yang tersedia dalam web tersebut

8. Berdasarkan Surat Rektor, pembayaran UKT dan pengisian KRS oleh mahasiswa diperpanjang sampai 21 Januari 2021, dan persetujuan dosen PA diperpanjang sampai 21 Januari 2021. Kuliah tetap dimulai tanggal 18 Januari 2021.

Jika ada perubahan jadwal dan ketentuan lebih lanjut akan diinfokan kemudian

Demikian kami sampaikan agar dapat menjadi perhatian kita semua.
 
Padang, 15 Januari 2021
 
Wakil Dekan I,
 
 
Dr. Mahdhivan Syafwan
NIP. 198208032006041001

Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar