Items filtered by date: April 2021
26 April 2021 In Ketentuan

(Padang-FMIPA Unand) Pada hari Minggu 25 April 2021, FMIPA Universitas Andalas (Unand) menggelar webinar "MIPAshare Spesial Ramadhan" untuk seri Kimia. Acara dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Unand, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng.  Webinar MIPAshare perdana ini dimulai pukul 09.10 dan dihadiri lebih dari 100 peserta.

Setelah pemutaran video profil FMIPA Unand, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi “Proses elektrokimia untuk teknologi hijau” oleh Prof. Dr. Emriadi, salah seorang Guru Besar Kimia FMIPA Unand Bidang Kimia Fisika. Selanjutnya Dr. Zulhadjri selaku Ketua Prodi S2 Kimia FMIPA Unand memperkenalkan  Prodi S2 Kimia dan penampilan video profil Jurusan Kimia.

Acara webinar kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi “Medicinal Chemistry and Marine Biotechnology” oleh Dr. Masteria Yunovilsa Putra, alumni Kimia FMIPA Universitas Andalas yang sekarang bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonsesia (LIPI). Terakhir, sepenggal cerita perjalanan alumni S2 Kimia FMIPA Unand yang baru saja lulus S3 di Osaka University-Jepang, Rycce Silviana Pratikha, Ph.D, melengkapi seluruh rangkaian acara MIPAshare perdana tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Dekan I FMIPA Unand, Dr. Mahdhivan Syafwan, menjelaskan bahwa MIPAshare ini diangkat oleh perwakilan mahasiswa S2 FMIPA Unand dan bertujuan untuk berbagi informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang peran sains dalam kehidupan, sekaligus sebagai ajang sosialisasi dalam memperkenalkan FMIPA Unand. “Di bulan suci Ramadhan ini, MIPAshare akan diadakan empat kali masing-masing untuk Kimia, Matematika, Biologi dan Fisika, dan akan dilanjutkan rutin setelahnya”, demikian tambah beliau.

Meskipun koneksi telkom dan telkomsel tiba-tiba hilang di akhir sesi, namun kegiatan tetap berjalan hingga penutupan. Kegiatan diikuti dengan antusias oleh peserta, bahkan tercatat ada peserta dari Riau dan Maluku yang bertanya dalam sesi diskusi. Kepada peserta yang aktif berpartisipasi selama acara diberikan doorprize oleh panitia. Bagi yang ingin menyimak rekaman video acara MIPAshare kimia ini  dapat melihatnya disini [Nia]

25 April 2021 In Pengumuman

Berikut kami teruskan Surat Rektor No. B/320/UN16.R/WA.00.00/2021 tanggal 15 April 2021 perihal Pelaksanaan dan Persyaratan Wisuda II tahun 2021 (terlampir). Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu  kami sampaikan beberapa hal berikut :

 

  1. Pendaftaran wisuda secara online tingkat FMIPA dilakukan melalui aplikasi myFMIPA (https://fmipa.unand.ac.id/myfmipa/). Informasi prosedur dan persyaratan pendaftaran wisuda melalui aplikasi ini dapat dilihat disini
  2. Agar jurusan dan fakultas mempunyai waktu yang cukup di jam kerja untuk memverifikasi berkas dan mahasiswa juga mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan perbaikan (jika ada), maka pendaftaran wisuda secara online di tingkat FMIPA diterima paling lambat tanggal 21 Mei 2021 pukul 08.00 WIB.
  3. Data lulusan S1 terbaik Jurusan pada Wisuda II tahun 2021 dikirim ke fakultas paling lambat 22 Mei 2021.

 

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

 

Dekan,

 

 

Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng

NIP. 196609181991031005

22 April 2021 In Ketentuan

(Padang-FMIPA UNAND). Hari Bumi secara umum setiap tanggal 22 April diperingati sebagai hari aksi untuk mengubah perilaku manusia dan menciptakan perubahan kebijakan global, nasional, dan lokal. Hari bumi memberikan dampak perubahan terhadap kelestarian lingkungan. Sebetulnya masalah menjaga bumi sudah tegas dinyatakan dalam beberapa surat dalam Alquran, sebagai contoh Surat Ar-Rum (30): 41-42 yang artinya: “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (QS. Ar Rum 41-42).

Ayat tersebut dengan jelas menyatakan bahwa segala kerusakan di muka bumi ini adalah akibat ulah manusia yang akibatnya akan kembali kepada manusia itu sendiri. Berkait dengan hal tersebut, FMIPA UNAND bekerjasama dengan KCA Rafflesia melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan dan menjaga bumi melalui acara menanam pohon langka & identitas Sumatra Barat, yaitu pohon andalas (Morus macroura var. macroura) yang juga nama institusi Universitas Andalas. acara dibuka oleh Dekan (Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng) yang dihadiri oleh peneliti pohon andalas yakni Prof. Dr. Syamsuardi, M.ScProf. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MSDr. Tesri Maideliza, M.Si, M.Sc, dan Pengurus KCA Rafflesia dan UKMF di Fakultas MIPA. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan jiwa/spirit mencintai bumi semakin meningkat. Dengan menanam pohon tersebut sekaligus mengingatkan kita tentang untuk melestarikan biodiverstas khas,  pohon andalas yang  menjadi rekognisi Nama Universitas Andalas [Anes Piliang].

 

 

16 April 2021 In Pengumuman

Yth. Bapak/Ibu Dosen

di lingkungan Fakultas MIPA

Universitas Andalas

Padang

 

Bersama ini kami kirimkan daftar nama peneliti dan pengabdi yang dinyatakan didanai pada tahun 2021 (terlampir) berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan fakultas, serta hasil penilaian dari Tim  Reviewer yang direkomendasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNAND.

 

Penandatanganan surat kontrak penelitian dan pengabdian kepada masyarakat akan diinformasikan lebih lanjut. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

 

Padang, 16 April 2021

Dekan,

 

 

Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng

NIP. 196609181991031005

Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar