Items filtered by date: Mei 2021
28 Mei 2021 In Ketentuan

(Padang-FMIPA UNAND) Fakultas MIPA Universitas Andalas kali ini mendapat kunjungan dari rombongan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional II Sumatera Barat pada hari Jumat, 28 Mei 2021. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) terkait Kesepakatan Kerjasama tentang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta bidang pengembangan sumber daya manusia pada kedua pihak.

Penandatanganan MoA ini berlangsung di ruang sidang lantai 2 Dekanat Fakultas MIPA Universitas Andalas. Dalam penandatanganan MoA kali ini , hadir langsung serta memberi sambutan, Prof. Dr. Syukri Arief selaku Dekan Fakultas MIPA Unand.

Prof. Syukri menyampaikan bahwa melalui pertemuan ini, serta penandatanganan MoA diharapkan menjadi langkah awal kerjasama yang baik antara kedua institusi. “ Dengan kerjasama ini akan membuka peluang bagi mahasiswa kita untuk belajar di PT KAI, dan dari sisi penelitian kita bisa timbal balik, mungkin saja permasalahan yang ada pada PT KAI bisa kita bantu menyelesaikannya, “ jelas Dekan Fakultas MIPA Unand tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa dengan kerjasama ini akan lebih mendekatkan pihak Kampus dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Pernyataan ini diamini oleh Bapak Miming Kuncoro, Kepala PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat. “Kami mewakili DUDI percaya bahwa keberadaan kami sekarang dan sampai seterusnya adalah karena dukungan dari lembaga pendidikan dan penelitian, selain tentunya dukungan dari produsen dalam negri,” tambah beliau.

Dalam penandatanganan MoA ini, dari Fakultas MIPA Unand ditandatangani oleh Prof. Dr. Syukri Arief, sedangkan dari pihak PT KAI ditandatangani oleh Bapak Miming Kuncoro. Hadir juga dalam acara ini Wakil Dekan I - Dr. Mahdhivan Syafwan dan Wakil Dekan II - Prof. Dr. Syamsuardi, pimpinan Jurusan se-lingkungan Fakultas MIPA, beberapa staf tendik Fakultas MIPA, dan rombongan dari pihak PT KAI.

Setelah penandatanganan MoA, acara dilanjutkan dengan sharing session yang membahas peluang-peluang kolaborasi yang dapat ditindaklanjuti antara Fakultas MIPA Unand dengan PT KAI secara umum dan Divisi Regional II Sumatera Barat secara khusus, termasuk memfasilitasi program-program MBKM. Sebelumnya, tim riset dari Jurusan Kimia FMIPA Unand telah memulai kolaborasi penelitian dengan PT KAI tentang penyebab coating pada gerbong kereta api, yang kemudian menginisiasi lahirnya MoA ini sehingga terbuka kesempatan kerjasama oleh seluruh jurusan di Fakultas MIPA Unand. [Alid]

21 Mei 2021 In Ketentuan

(Padang-FMIPA UNAND) Keluarga besar FMIPA Unand menggelar kegiatan Halal bi Halal Idul Fitri 1442 H pada hari Jumat 21 Mei 2021. Acara ini diadakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan dihadiri oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa FMIPA Unand.

Bertindak sebagai pembawa acara adalah Gustri Eva Riza S. Kom, salah seorang tenaga kependidikan FMIPA Unand. Acara  dibuka  dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Abrar Abit Mahendra, salah seorang mahasiswa FMIPA Unand. Selanjutnya penyampaian kata sambutan oleh Dekan, Prof. Dr. Syukri Arief. “Bulan Ramadhan ini seperti suatu pelatihan bagi kita kaum muslimin, yang tiap tahun rutin kita ikuti, tentunya kita berharap dengan pelatihan ini dapat meningkatkan prilaku dan amalan kita ke arah yang lebih baik,” ujar beliau saat membuka acara Halal bi Halal.

Halal bi Halal dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah yang bertema “Bagaimana kita setelah Ramadhan” oleh Ust. Zulfi Akmal, Lc, MA. Beliau menyampaikan bahwa Allah swt telah menjanjikan keridhoan-Nya serta akan memasukkan ke dalam surga buat hamba-hamba-Nya yang istiqomah menjalankan ibadah. Dengan keistiqomahan dalam beribadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan, diharapkan kita akan mencapai derajat taqwa, yakni taat menjalankan perintah Allah swt sesuai kemampuan dan menghentikan segala hal yang dilarang.

Ust. Zulfi mengingatkan agar kita tetap melaksanakan segala amal ibadah yang kita kerjakan pada bulan Ramadhan kemaren pada bulan-bulan di luar bulan Ramadhan. “Jadilah kalian sebagai hamba-hamba Tuhan, bukan hamba bulan Ramadhan, yang taat dan tunduknya hanya pada bulan Ramdhan saja. Bagi hamba yang imannya betul-betul kokoh kepada Allah swt, dia taat pada bulan Ramadhan dan juga taat di luar bulan Ramadhan,” demikian penjelasan dari Ust. Zulfi.

Ust. Zulfi juga menyampaikan cara agar ketaqwaan dan keistiqomahan kita tetap terjaga. Pertama, selalu memelihara niat kita bahwa segala yang kita kerjakan semata-mata hanya karena Allah swt. Kedua, selalu menjauhkan diri dari makanan yang haram. Hal ini juga termasuk menjaga profesi pekerjaan kita dari hal-hal yang haram tanpa kita sadari, spt tidak disiplin, bermain-main di waktu kerja, tidak profesional dalam mengajar, dan lain-lain. Ketiga, selalu manjauhi perbuatan maksiat sejauh-jauhnya, baik maksiat secara indrawi maupun maksiat yang ada di dalam hati. Dengan menjaga ketiga hal tersebut di atas diharapkan kita akan tetap bisa melaksanakan ibadah secara istiqomah, sehingga kita akan tetap dapat melaksanakan ibadah-ibadah yang biasa kita lakukan di bulan Ramadhan pada bulan-bulan di luar bulan Ramadhan, meskipun jumlahnya tak sebanyak pada bulan Ramadhan.

Di bagian akhir tausiyahnya, Ust. Zulfi juga mengingatkan agar kita peduli dengan kondisi umat Islam di dunia, terutama saudara-saudara kita di Palestina yang masih terjajah dan hidup dalam kesengsaraan. Acara halal bi halal kemudian ditutup dengan doa yang langsung dipimpin oleh Ust. Zulfi. Rekaman acara halal bi halal dan tausiyah dari Ust. Zulfi Akmal, Lc MA dapat disimak kembali melalui link berikut ini. [Alid]

19 Mei 2021 In Pengumuman

Sehubungan dengan pelaksanaan wisuda II Tahun 2021 Fakultas MIPA Universitas Andalas pada tanggal 29 Mei 2021, maka Fakultas MIPA menyampaikan biaya untuk kelengkapan wisuda dengan rincian 2 alternatif sebagai berikut:

Alternatif 1

No.

Kegiatan

Jasa

Ket.

1.

Pembelian Toga Wisuda

Rp.    100.000,-

 

2.

Pencucian/Loundry dan perawatan Jubah Wisuda

Rp.      50.000,-

Oleh Fakultas

3.

Jaminan Jubah Wisuda

(Uang dikembalikan kepada wisudawan bila jubah dikembalikan seperti kondisi diterima)

Rp.    200.000,-

 

 

T o t a l

Rp.   350.000,-

 

Alternatif 2      

No.

Kegiatan

Jasa

Ket.

1.

Pembelian Toga Wisuda

Rp.   100.000,-

 

2.

Pencucian/Loundry Jubah Wisuda*)

Rp.              --

Diserahkan ke wisudawan/ti

3.

Jaminan Jubah Wisuda

(Uang dikembalikan kepada wisudawan bila jubah dikembalikan seperti kondisi diterima)

Rp.   200.000,-

 

 

T o t a l

Rp.   300.000,-

 

 

Pembayaran kelengkapan tersebut diatas dibayarkan/disetor ke rekening Bank Nagari dengan No. Rek. 2102.0210.36741-3 atas nama Riki Basra.(Bendahara/BPP FMIPA), setelah ditransfer  bukti kwitans pembayaran dari bank tersebut di kirim ke HP/WA Bpk. Riki Basra No. 082170411638 dan ke email buk yani email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Jubah wisuda merupakan aset Fakultas MIPA. Jubah tersebut hanya dipinjamkan kepada calon wisudawan/wati dan harus dikembalikan kepada ke Sub. Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas MIPA Unand paling lambat 2 (dua) minggu setelah pelaksanaan Wisuda (14 Juni 2021). Bagi calon wisudawan/wati yang tidak mengembalikan jubah dalam rentang waktu tersebut di atas, uang jaminan jubah tersebut tidak dapat dikembalikan lagi, karena akan dimanfaatkan untuk pembuatan jubah wisuda baru.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Ibu Yani melalui HP/WA 085263831299 (pada jam kerja).

Demikianlah diberitahukan untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan, terima kasih.

 

Catatan:

*) Untuk Jubah  yang  sudah diloundry oleh wisudawan/ti  bukti/kwitansi  asli  harus diserahkan  sewaktu pengembalian jubah tersebut.

                                                                                                              Padang, 10 Mei 2021

                                                                                                             Sub.Koordinator Bidang

                                                                                                             Akademik & Kemahasiswaan,

                                                                                                                        ttd

                                                                                                            Sosmiadi, S.Kom, M.Kom

 

*Blangko Peminjaman Toga Wisuda 2 disini

Hadiri MIPA net School Event Klik Link
Toggle Bar